10 Questions for the Dalai Lama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
10 Questions for the Dalai Lama
10qsftdl.jpg
SutradaraRick Ray
DistributorMonterey Media
Tanggal rilis
1 Mei 2006
Durasi
85 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris

10 Questions for the Dalai Lama adalah film dokumenter tahun 2006 di mana Rick Ray bertemu dengan Tenzin Gyatso, Dalai Lama ke-14 di biaranya di Dharamsala, India. Ray menanyai Dalai Lama sepuluh pertanyaan dalam sebuah wawancara yang juga disispi dengan biografi Tenzin Gyatso, sejarah Tibet modern dan cerita perjalanan Ray dalam usahanya menemui Dalai Lama.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Film ini dimulai dengan perjalanan Rick Ray ke India untuk mewawancarai Tenzin Gyatso. Dalam film ini juga ditampilkan riwayat hidup Tenzin Gyatso, tata cara dalam pemilihan Dalai Lama, konflik antara Tibet dan Tiongkok, dan perjalanan Gyatso menuju pengasingan. Wawancara dengan Tenzin Gyatso dimulai pada pertengahan film. Film ini juga menampilkan kehidupan sehari-hari Tenzin Gyatso bersama para pengungsi Tibet lainnya.

Film ini juga menayangkan sebuah wawancara dengan seorang biksu yang melarikan diri dari Tibet dan wawancara dengan Tethong Tenzin, yang telah bertugas di Pemerintahan Tibet selama 20 tahun.

Menjelang akhir, film ini menyentuh isu-isu kontroversial seperti sensor internet di Tiongkok, pengaruh konflik Tibet dan Tiongkok, dan menghilangnya Gedhun Choekyi Nyima, Panchen Lama ke-11.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]