.info

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
.info
Diperkenalkan26 Juni 2001; 22 tahun lalu (2001-06-26)
Jenis TLDGeneric top-level domain
StatusAktif
RegistriAfilias
SponsorTidak
Pemakaian yang diinginkanSitus web informasi
Pemakaian aktualDigunakan untuk tujuan umum
PembatasanTidak
StrukturPendaftaran di tingkat kedua diizinkan
DokumenICANN registry agreement
Kebijakan sengketaUDRP
Situs webafilias.info

.info adalah domain tingkat atas generik (gTLD) di Sistem Nama Domain (DNS) di Internet. Nama ini berasal dari kata informasi, meskipun persyaratan pendaftarannya tidak menentukan tujuan tertentu.[1]

Info TLD mengikuti pengumuman ICANN yang dipublikasikan secara luas,[2] pada akhir tahun 2000, dari rilis bertahap tujuh domain tingkat atas generik baru. Acara ini merupakan penambahan gTLD besar pertama sejak Sistem Nama Domain dikembangkan pada tahun 1980an. Tujuh gTLD baru, yang dipilih dari lebih dari 180 proposal, dimaksudkan untuk menghilangkan tekanan pada domain com.[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Domain info telah dioperasikan oleh Afilias sejak pembuatannya. Pada tahun 2003, ini adalah domain gTLD pertama yang mendukung nama domain yang diinternasionalisasikan berbasis standar IETF.[4] Pada tahun 2001, CTO Afilias (Ram Mohan) menemukan[1] masalah dengan Penerimaan Universal domain karena domain tersebut merupakan tld pertama yang panjangnya lebih dari dua atau tiga karakter.

Peluncuran info melibatkan "Periode Matahari Terbit" untuk pemilik merek dagang, diikuti dengan "landrush" yang terbuka untuk semua, pertama kalinya proses seperti itu dilakukan untuk gTLD baru. Proses ini mendapat kritik karena mendahulukan merek dagang dibandingkan kata-kata umum dalam konteks lain; misalnya, perusahaan peralatan konstruksi Caterpillar dapat mendaftarkan cat.info sebelum para pecinta kucing melakukannya.

Meskipun sejumlah besar pendaftaran palsu pada awalnya dilakukan oleh pendaftar yang sebenarnya tidak memiliki merek dagang yang sah, prosedur penolakan kemudian menyingkirkan sebagian besar pendaftaran tersebut.[5]

Sebelum peluncuran, nama-nama negara dicadangkan mulai dari pendaftaran atas permintaan ICANN, hingga kekhawatiran mereka yang telah membayar biaya prapendaftaran untuk mencoba mendaftarkan nama-nama tersebut di landrush. Komite Penasihat Pemerintahan ICANN, yang terdiri dari perwakilan negara-negara dari seluruh dunia memuji langkah tersebut, yang pertama dalam bidang besar mana pun untuk melindungi kepentingan nasional negara-negara berdaulat.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Domain info merupakan yang paling sukses dari tujuh nama domain baru, dengan lebih dari 5,2 juta nama domain terdaftar pada April 2008. Setelah serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat, Otoritas Transportasi Metropolitan New York beralih ke situs web mta.info yang lebih mudah diingat untuk mengarahkan pengguna ke informasi terkini mengenai jadwal dan perubahan rute pada layanan transportasi di wilayah tersebut. ICANN dan Afilias juga telah menandatangani perjanjian agar nama negara dicadangkan oleh ICANN berdasarkan resolusi 01.92.[6]

Info adalah domain tidak dibatasi, artinya siapa pun dapat memperoleh domain tingkat kedua untuk tujuan apa pun, mirip dengan domain com, net dan org. Hal ini berbeda dengan TLD seperti edu, atau coop. Info adalah satu-satunya domain tingkat atas yang secara eksplisit dibuat dan disewa untuk penggunaan tidak terbatas, meskipun berbagai TLD lain mengakibatkan situasi ini de facto. Info adalah singkatan dari informasi dalam sekitar 37 bahasa, dan merupakan nama domain yang netral.

Afilias, operator registri untuk domain tingkat atas info dan aero, telah agresif dalam memasarkan domain tersebut, dengan insentif registrar yang signifikan dan acara penjangkauan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Mohan, Ram (Juni 2005). "Perspektif Peluncuran Domain TLD Baru". Afilias Ltd. 
  2. ^ "Top-Level Domains (gTLDs)". ICANN. Diakses tanggal 18 Desember 2014. 
  3. ^ Cohen, David (17 November 2000). "Magnificent seven?". Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 February 2012. Diakses tanggal 10 February 2012. 
  4. ^ INFO nama domain yang diinternasionalkan
  5. ^ .asp techlawjournal.com berita utama
  6. ^ FAQ-nama-negara-yang-dipesan-info: Nama negara apa yang dicadangkan di .INFO?, Afilias Limited

Prana Luar[sunting | sunting sumber]