Édouard Séguin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Edouard Seguin merupakan seorang dokter di bawah asuhan Jean Marc Gaspard Itard di Paris.Edouard Seguin mengatakan bahwa individu yang lemah ingatan dapat dididik, sehingga ia mendirikan sekolah bagi anak-anak lemah ingatan di Perancis pada tahun 1837.

Pada tahun 1848 Edouard Seguin menjadi direktur Sekolah Latihan Pennsylvania di Amerika Serikat. Selain sebagai direktur ia juga sebagai penasihat bagi banyak lembaga negara. Edouard Seguin merupakan pendiri dan presiden pertama dari Asosiasi Pejabat Medis Lembaga-lembaga Amerika untuk orang orang yang idiot dan lemah ingatan, yang sekarang dikenal dengan sebutan Asosiasi Keterbelakangan Mental.

Asas metode Seguin bagi gerakan pendidikan anak-anak yang lemah ingatan di Amerika Serikat adalah sebagai berikut : Pertama : observasi anak merupakan dasar pendidikan anak, Kedua : pendidikan berhubungan dengan anak itu seutuhnya, ketiga: si anak belajar paling baik dari hal hal yang nyata, keempat :latihan perseptual harus mendahului latihan perkwmbangan konsep, dan kelima: anak yang paling cacat pun masih memiliki kemampuan untuk belajar. Selain itu, Seni, musik, dan olah raga dimasukkan dalam program pendidikan dan ditekankan pemakaian bahan-bahan konkret di dalam ruang kelas.

Samuel Gridley Howe penanggung jawab pembentukan sekolah negeri pertama untuk anak-anak lemah ingatandi Amerika, mendapatkan metodologi pelayanan pendidikan khusus ini langsung dari Seguin. Seguin telah dipercaya oleh Maria Montessori atas azas azas dasar pendidikannya.[1] Sekarang ini metode Seguin diterapkan bagi anak-anak yang mengalami kesulitan belajar sekarang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BAIHAQI, MIF (2014). Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Luar Biasa. Bandung: Nansa Cendekia. hlm. 356-357. ISBN 9786028395755.