Éclair (perusahaan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Eclair
IndustriRumah produksi film
Didirikan1907
Kantor
pusat
Paris-Vanves, Prancis
Cabang
London, UK
Vanves, Prancis
Berlin, Jerman
New York City, Amerika Serikat
Karlsruhe, Jerman
Madrid, Spanyol
Barcelona, Spanyol
Liège, Belgia
Rabat, Maroko
Tokoh
kunci
Charles Jourjon
Situs webeclair.digital Sunting ini di Wikidata

Eclair, yang sebelumnya bernama Laboratoires Eclair, adalah perusahaan produksi film, laboratorium film, dan kamera film yang didirikan di Épinay-sur-Seine, Prancis oleh Charles Jourjon pada 1907. Bisnis yang tersisa adalah unit Ymagis Group yang menawarkan layanan kreatif dan distribusi untuk industri film di seluruh Eropa dan Amerika Utara seperti penyuntingan, penilaian warna, restorasi, penyampaian digital dan teatrikal, serta pembuatan versi.

Perusahaan ini memproduksi banyak silent shorts di Prancis mulai tahun 1908, dan segera setelahnya di Amerika. Divisi Amerika memproduksi film dari tahun 1911-1914 seperti Robin Hood, salah satu versi film pertama dari cerita klasik pada tahun 1912.

Deutsche Eclair, yang sekarang bernama Decla Film, didirikan sebagai cabang studionya di Jerman. Pada tahun 1909, Eclair ikut serta dalam the Paris Film Congress, yang merupakan sebuah upaya para produser besar Eropa untuk membentuk kartel serupa dengan the Motion Picture Patents Company di Amerika.

Awalnya merupakan perusahaan produksi, Eclair mulai membuat kamera pada tahun 1912. Perusahaan ini terdiri dari dua entitas: Eclair Cinema dan Eclair Media.

Studio di Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Sebuah studio Eclair, Eclair Moving Picture Company, didirikan di Fort Lee, New Jersey. Kota ini mengalami kebakaran dahsyat pada tahun 1914 yang menyebabkan banyak cetakan film awal hilang.[1] Satu set studio barat juga didirikan di Tucson, Arizona.[2] Jules Brulatour terlibat dengan perusahaan dan Dorothy Gibson salah satu bintangnya.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "FILM FACTORY BURNS WITH $800,000 LOSS; Many Valuable Reels Destroyed in Eclair Company's Fort Lee Plant". The New York Times (Special to The New York Times). 20 March 1914. Diakses tanggal 2 August 2019. 
  2. ^ The New Historical Dictionary of the American Film Industry. Routledge. Feb 25, 2014. ISBN 9781135925543 – via Google Books.