Çandarlı Halil Pasha yang Muda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Çandarlı Halil
Pasha
Wazir Agung Kesultanan Utsmaniyah ke-11
Masa jabatan
1439 – 1 Juni 1453
Penguasa monarkiMurad II
Mehmed II
PendahuluKoca Mehmed Nizamüddin Pasha
PenggantiZaganos Pasha
Informasi pribadi
Meninggal dunia10 Juli 1453
Konstantinopel, Kesultanan Utsmaniyah
KebangsaanFlag of the Ottoman Empire (1844–1922).svg Turki
Dihukum mati Mehmed II

Çandarlı Halil Pasha (meninggal 10 Juli 1453), yang dikenal dengan julukan Yang Muda, adalah Wazir Agung Kesultanan Utsmaniyah yang sangat berpengaruh pada masa Sultan Murad II dan pada masa awal kekuasaan Sultan Mehmed II (tepatnya dari 1439 hingga 1 Juni 1453).[1] Ia adalah anggota dari keluarga Çandarlı, yang merupakan keluarga yang sangat berpengaruh di Kesultanan Utsmaniyah. Kakeknya yang juga memiliki nama yang sama dengannya, Çandarlı Kara Halil Hayreddin Pasha (Çandarlı Halil Pasha yang Tua), sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Wazir Agung pada masa Murad I.

Akhir hayat[sunting | sunting sumber]

Sultan Murad II pernah dua kali pensiun karena ia lebih tertarik dengan seni dan agama daripada dunia politik. Ia pensiun ke kota Manisa. Pada masa pensiun ini, Halil Pasha memegang kendali atas Utsmaniyah di ibu kotanya di Edirne, sementara Mehmed II, yang saat itu masih kecil, memegang jabatan sultan secara resmi. Murad II dua kali mengambil kembali takhta atas permintaan dari Çandarlı akibat serangan dari negara-negara Eropa pada saat itu. Akibatnya, Mehmed II yang masih rejama digulingkan dua kali, dan hal ini membuatnya membenci Çandarlı.

Pada tahun 1453, setelah berhasil menaklukkan Konstantinopel, salah satu tindakan pertama yang diambil oleh Sultan Mehmed II adalah menjebloskan Çandarlı Halil Pasha ke penjara. Konstantinopel direbut pada tanggal 29 Mei 1453 dan Halil Pasha dipenjara pada tanggal 1 Juni 1453. Ia kemudian dihukum mati pada 10 Juli 1453. Dengan demikian, Mehmed II mengakhiri era Çandarlı di Kesultanan Utsmaniyah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ İsmail Hâmi Danişmend, Osmanlı Devlet Erkânı, Türkiye Yayınevi, İstanbul, 1971, hlm. 10.