Ælfgar dari Mercia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Ælfgar (meninggal skt. 1060) merupakan putra Leofric, Earl Mercia, oleh ibundanya yang terkenal Godgifu (Lady Godiva).[1] Ia menggantikan gelar ayahandanya dan bertanggung jawab atas kematian yang terakhir pada tahun 1057. Dia mendapatkan gelar tambahan Earl Anglia Timur, tapi juga diasingkan untuk sementara waktu. Melalui pernikahan pertama putrinya dia akan menjadi ayah mertua raja Welsh ap Gruffydd Llywelyn; Beberapa tahun setelah kematiannya, putrinya akan menjadi janda dan menikah dengan Raja Inggris Harold.

Perang dan pengasingan[sunting | sunting sumber]

Ælfgar diuntungkan dari pengasingan Godwin, Earl Wessex dan putra-putranya pada tahun 1051. Ia diberi wilayah Earl Anglia Timur, yang merupakan milik Harold, putra Godwin. Earl Godwin dan Raja Edward didamaikan pada tahun berikutnya, jadi Harold dipulihkan ke wilayah earlnya—tapi tidak lama. Pada hari Paskah tahun 1053 Godwin meninggal, sehingga Harold menjadi Earl Wessex, dan wilayah Earl di Anglia Timur kembali ke Ælfgar.[2][3]

Ælfgar tampaknya telah belajar dari taktik Godwin yang biasa memberi tekanan pada Raja Edward. Ketika dia diasingkan pada tahun 1055, dia mengumpulkan 18 kapal di Irlandia dan kemudian beralih ke Wales, tempat Raja Gruffydd setuju untuk bergabung dengan dia melawan Raja Edward. Dua mil dari Hereford, pada tanggal 24 November, mereka bentrok dengan tentara Earl dari Herefordshire, Ralf dari Mantes. Earl dan anak buahnya akhirnya melarikan diri, Gruffydd dan Ælfgar mengejar mereka, membunuh dan melukai saat mereka pergi, dan memberlakukan pembalasan biadab di Hereford. Mereka menjarah dan membakar kota, serta membunuh banyak warganya. Raja Edward memerintahkan tentara untuk mengumpulkan dan menempatkan Earl Harold yang bertanggung jawab atas hal itu. Ini adalah oposisi yang lebih hebat, Ælfgar dan Gruffydd melarikan diri ke South Wales. Namun masalah ini diselesaikan dengan diplomasi dan Earl Ælfgar dipulihkan.[4]

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Ælfgar diketahui memiliki setidaknya empat anak. Seorang anak laki-laki, Burgheard, mendahului ayahandanya, yang akan tiba saat kembali dari Roma pada awal tahun 1060 dan dimakamkan di Reims.[5] Hal ini menyebabkan Ælfgar memberi ke tanah Biara Reims di Staffordshire dan Shropshire, yang menjadi anugerah untuk Biara Lapley. Dia meninggalkan tiga orang anak, dua orang putra, Edwin, calon Earl Mercia, dan Morcar, calon Earl Northumbria, dan seorang putri Ealdgyth, yang pertama-tama menikah dengan raja Welsh ap Gruffydd Llywelyn dan kemudian dengan Harold Godwinson, Raja Inggris.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Ælfgar diyakini telah meninggal pada tahun 1060, jauh sebelum Pertempuran Hastings. Keturunan putrinya, dari Raja Harold yang dikalahkan, diyakini berada di pengasingan.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Patrick W. Montague-Smith Letters: Godiva's family tree The Times, 25 January 1983
  2. ^ Ann Williams, ‘Ælfgar, earl of Mercia (d. 1060)’, Oxford Dictionary of National Biography, Oxford University Press, 2004 accessed 18 April 2008
  3. ^ The Anglo-Saxon Chronicle.
  4. ^ The Chronicle of John of Worcester ed. and trans. R. R. Darlington, P. McGurk and J. Bray (Clarendon Press: Oxford 1995), pp.576-79; The Anglo-Saxon Chronicle.
  5. ^ Baxter, Stephen (2008), "The death of Burgheard son of Ælfgar and its context", dalam Fouracre, Paul; Ganz, David, Frankland. The Franks and the world of the Early Middle Ages. Essays in honour of Dame Jinty Nelson, Manchester University Press, hlm. 266–284, ISBN 978-0-7190-7669-5  More than one of |ISBN= dan |isbn= specified (bantuan)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Leofric
Earl Mercia
1057–1062
Diteruskan oleh:
Edwin
Didahului oleh:
Harold Godwinson
Earl Anglia Timur
1053–1057
Diteruskan oleh:
Gyrth Godwinson