Yesterday (film 2019)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yesterday
SutradaraDanny Boyle
Produser
Ditulis olehRichard Curtis
Cerita
  • Jack Barth
  • Richard Curtis
Pemeran
Penata musikDaniel Pemberton
SinematograferChristopher Ross
PenyuntingJon Harris
Perusahaan
produksi
DistributorUniversal Pictures
Tanggal rilis
  • 4 Mei 2019 (2019-05-04) (Tribeca)
  • 28 Juni 2019 (2019-06-28) (Britania Raya)
Durasi116 menit
Negara
  • United Kingdom
BahasaInggris

Yesterday adalah sebuah film komedi fantasi musikal Inggris tahun 2019 yang disutradarai oleh Danny Boyle dan ditulis oleh Richard Curtis, dari sebuah cerita karya Jack Barth dan Curtis. Film tersebut dibintangi oleh Himesh Patel sebagai seorang musisi yang, setelah sebuah kecelakaan, menyadari dirinya sendiri sebagai satu-satunya orang yang mengingat The Beatles, dan menjadi dikenal karena menulis dan mementaskan lagu-lagu mereka. Lily James, Ed Sheeran, dan Kate McKinnon juga membintanginya.

Plot[sunting | sunting sumber]

Jack Malik adalah penyanyi dan penulis lagu tidak terkenal yang berasal dari Lowestoft, didukung oleh teman masa kecil sekaligus managernya, Ellie. Setelah Jack ditabrak bus selama pemadaman global, ia menemukan bahwa tidak ada orang lain di Bumi selain dirinya yang mengingat The Beatles. Jack mulai menyanyikan lagu-lagu mereka, mengklaim bahwa ia menulisnya, hingga ia akhirnya diajak untuk merekam demo dengan produser musik lokal, Gavin.

Setelah tampil di televisi lokal, Jack diundang oleh musisi pop Ed Sheeran untuk mendukung konsernya di Moskow. Ellie menolak untuk bergabung dengannya, mengatakan dia harus bekerja di pekerjaannya sehari-hari sebagai guru sekolah, Jack pun terpaksa mengajak temannya, Rocky, untuk ikut bersamanya. Setelah pertunjukan, Jack pun menanda-tangani kontrak label rekaman oleh agen Sheeran, Debra Hammer, dan melejit menjadi musisi terkenal. Di sebuah pesta di rumah Jack, Ellie mengaku bahwa dia selalu jatuh cinta padanya. Berharap untuk memicu lebih banyak kenangan lagu-lagu Beatles, Jack pergi ke Liverpool, mengunjungi tempat-tempat ikonik The Beatles seperti Strawberry Field, Penny Lane, dan makam Eleanor Rigby.

Jack pun menghabiskan malamnya mabuk dengan Ellie, dan mereka berciuman. Namun, Ellie mengatakan kepadanya bahwa ia tidak tertarik pada "one-night stand". Keesokan paginya, Jack dan Rocky mengejar Ellie ke stasiun kereta Liverpool, tetapi Ellie malah membuat Jack memilih antara Ellie atau karier Jack. Patah hati, Jack pun akhirnya pergi ke Los Angeles.

Label rekamannya bersiap untuk meluncurkan album debut Jack. Produser menolak judul yang disarankan (diambil dari beberapa nama album Beatles) dan produser menamai album Jack "One Man Only". Jack membujuk labelnya untuk meluncurkan album dengan penampilan di Gorleston, rooftop tempat The Beatles terakhir mengadakan konser live. Di belakang panggung, Jack didekati oleh dua penggemar Beatles yang mengatakan kepadanya bahwa mereka tahu bahwa Jack menjiplak lagu-lagu yang ia ciptakan; Namun, mereka ternyata malah berterima kasih padanya, karena mereka takut musik The Beatles akan hilang selamanya dilupakan semua orang. Mereka memberikan Jack alamat John Lennon, yang masih hidup sampai usia tua, dan Jack pun mengunjunginya. Jack bertanya kepada John apakah dia telah menjalani kehidupan yang sukses; John menjawab bahwa dia telah menjalani kehidupan yang bahagia, dan menyuruhnya untuk mengejar orang yang dia cintai.

Ed pun mengatur konsernya agar Jack bisa tampil di Stadion Wembley. Jack akhirnya mengaku kepada penonton bahwa dia menjiplak musik-musik The Beatles dan bahwa dia sebenarnya mencintai Ellie, dan menyuruh Rocky untuk mengunggah lagu-lagu The Beatles yang ia nyanyikan secara gratis ke internet, yang dimana ia melakukan sabotase dalam perilisan rekaman albumnya sendiri. Jack dan Ellie pun akhirnya menikah dan hidup bahagia.

Dalam adegan ending, Jack menyadari bahwa dia adalah satu-satunya orang yang mengingat Harry Potter, namun ia memilih untuk tidak menghiraukannya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]