Eleanor Rigby

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"Eleanor Rigby"
Singel oleh The Beatles
dari album Revolver
Sisi-A "Yellow Submarine"
Dirilis 5 August 1966
Format 7"
Direkam 28–29 April and 6 June 1966,
EMI Studios, London
Genre Baroque pop,[1] rock[2]
Panjang 2:06
Label Parlophone
Pencipta Lennon–McCartney
Produser George Martin
Kronologi singel The Beatles
"Paperback Writer"
(1966)
"Eleanor Rigby" / "Yellow Submarine"
(1966)
"Strawberry Fields Forever" / "Penny Lane"
(1967)
Daftar lagu Revolver

Eleanor Rigby adalah sebuah lagu Beatles dalam album Revolver, yang dinyanyikan oleh Paul McCartney pada tahun 1966 . Lagu ini diciptakan nyaris keseluruhannya oleh McCartney dan kredit diberikan kepada Lennon–McCartney. Lirik lagu ini bercerita mengenai kesepian yang mendalam.

Lagu ini tidak diisi oleh instrumen pemain Beatles lain, melainkan dengan iringan double string quartet, yang diatur oleh George Martin, sehingga merupakan musik eksperimental yang berbeda dengan lagu-lagu band rock lainnya pada masa itu. Meskipun demikian, John Lennon dan George Harrison tetap berkontribusi melalui suara harmonisasi mereka.

Asal mula penamaan Eleanor Rigby[sunting | sunting sumber]

Nisan dari seseorang yang bernama persis sama, Eleanor Rigby

Menurut McCartney, nama Eleanor berasal dari nama aktris yang bernama Eleanor Bron dan rigby berasal dari nama toko Rigby and Even's Wine Ltd and Spirit Shippers. Dia menyukai nama Eleanor Rigby karena terdengar alami.

Awalnya lagu ini berjudul Miss Daisy Hawkins, dengan lirik yang sama sekali berbeda. Father McKenzie awalanya adalah Father McCartney namun berubah setelah ia membolak-balik buku telepon untuk mencari nama yang terdengar lebih tepat.

Hanya saja, belakangan ditemukan sebuah kuburan di pemakaman di St Peter's Curch, Liverpool dengan nama Eleanor Rigby, yang anehnya juga hidup sebatang kara seperti isi lagu tersebut. Eleanor Rigby lahir pada tahun 1895 dan hidup di Liverpool dan menikahi seorang pria bernama Thomas Woods. Beberapa meter di sekitarnya, ditemukan pula nisan seseorang dengan nama belakang McKenzie. Pemakaman ini adalah tempat pertama kali John Lennon dan McCartney bertemu pada 6 Juli 1957. McCartney menganggap ini sebagai sebuah pengaruh alam bawah sadarnya, ketimbang menganggapnya sebagai kebetulan.

Pada tahun 1990, McCartney menyumbangkan sebuah dokumen kepada Sunbeams Music Trust, dengan tanggal tertera 1911, ditandatangani oleh Eleanor Rigby yang waktu itu berumur 16 tahun. Dokumen ini segera menarik perhatian kolektor dan akhirnya terjual 115,000 Poundsterling, atau sekitar 250,000 Dollar Amerika. The Daily Telegraph melaporkan bahwa dokumen tersebut adalah daftar gaji dari Rumah Sakit Kota Liverpool. Nama "E. Rigby" tertulis di daftar tersebut, dengan pekerjaan pembantu rendahan.

Cover Version[sunting | sunting sumber]

Grup rock Indonesia, God Bless, membawakan ulang lagu ini dalam album perdananya, God Bless (1975), yang diaransemen ulang dengan sangat baik dan menjadi satu komposisi yang berciri rock progresif, dengan banyak perubahan tempo dan melodi sepanjang lagu.

referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Stanley, Bob (20 September 2007). "Pop: Baroque and a soft place". The Guardian (London). Film & music section, p. 8. Diakses 4 February 2013. 
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Campbell