Yayasan Pendidikan Islam Nurul Ichsan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


YPI Nurul Ichsan
Informasi
Didirikan1953
JenisRA, TK/TPA, MD, MI, dan MTs
StatusSwasta di bawah Kementerian Agama Indonesia
Alamat
LokasiJl. Bersih No. 7 Kelurahan Tengah, Cibinong , Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Tel./Faks.021-68571176
Koordinat6°28′37″S 106°49′23″E / 6.476983°S 106.822997°E / -6.476983; 106.822997
Situs webYayasan : nurulikhsan.sch.id, RA : ra.nurulikhsan.sch.id, MI : mi.nurulikhsan.sch.id, MTs : mts.nurulikhsan.sch.id, PSB : psb.nurulikhsan.sch.id
Moto
MotoSenyum, Salam, Sapa

Yayasan Pendidikan Islam Nurul Ichsan (Yapin) adalah lembaga pendidikan Islam yang didirikan pada tahun 1993 oleh para pemerhati pendidikan, berawal dari Madrasah Diniyah Nurul Ichsan yang didirikan pada tahun 1953. Sekolah-sekolah yang dikelola oleh YPI Nurul Ikhsan adalah:

  • Raudhatul Athfal Nurul Ikhsan
  • TK/TPA Nurul Ikhsan
  • Madrasah Diniyah Nurul Ikhsan
  • Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ikhsan
  • Madrasah Tsanawiyah Nurul Ikhsan

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Yayasan Pendidikan Islam Nurul Ichsan didirikan oleh H. Hanapi Ahmad pada hari Kamis tanggal bertepatan dengan 07 Juli 1993. Berlokasi di Jalan Bersih No. 07 Kampung Cipayung Kel.Tengah Kecamatan Cibinong, berada di tengah-tengah pusat ibu kota kabupaten.

Cikal bakalnya dimulai dari Lembaga Pendidikan Nurul Ihsan yang didirikan oleh H. Ahmad dan H. Seri pada tahun 1953, madrasah diniyah menjadi pilihan lembaga pendidikan pertama, kemudian atas dasar keinginan luhur serta tekad bulat dalam pengembangan ilmu-ilmu agama maka disepakati untuk mendirikan lembaga pendidikan yang konsisten serta lebih terarah, maka pada tahun 1974 didirikanlah Madrasah Ibtidaiyah sebagai pengganti dari Madrasah Diniyah.

Bermodal dari semangat serta tanggung jawab bersama dalam syiar Islam, bertemulah saudara seiman dan satu tujuan dalam membina pendidikan umat Islam di Indonesia, maka dengan memanfaatkan peluang yang ada dikukuhkanlah status hokum lembaga pendidikan Islam Nurul Ihsan menjadi Yayasan Pendidikan Islam Nurul Ihsan (YAPIN) dengan akta notaris: Ny. Etif Moesa Sutjipto Nomor 01 tanggal 1993.

Seiring dengan didirikannya Yayasan Pendidikan Islam Nurul Ihsan didirikanlah Madrasah Tsanawiyah Nurul Ihsan pada tanggal yang sama, dan Raudhatul Athfal (RA) Nurul Ihsan beberapa tahun kemudian. Nurul Ihsan secara harfiyah berarti cahaya kebajikan, nama ini diberikan oleh pendiri untuk menggambarkan harapannya agar madrasah yang dikelolanya dapat mencetak muslim yang senantiasa mencerminkan dan mengamalkan kebajikan dan kebaikan selama hidupnya sesuai dengan tuntunan syariat Islam. Kini Yayasan Pendidikan Islam, terletak di areal tanah seluas 4000m2, terbagi menjadi 3 lembaga, RA, MI dan MTs, merupakan lembaga pendidikan Islam yang dengan segala kelebihan dan kekurangannya selalu mengupayakan agar para siswanya mampu berakhlaqul karimah dan mendapat ilmu yang bermanfaat.