Yamato (anime)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
宇宙戦艦ヤマト
(Uchū Senkan Yamato)
Space Battleship Yamato
Format Anime
Pembuat Leiji Matsumoto
Pengisi suara Goro Naya
Kei Tomiyama
Shusei Nakamura
Yoko Asagami
Takeshi Aono
Ichiro Nagai
Ken'ichi Ogata
Akira Kamiya
Taichiro Hirokawa
Shinji Nomura
Yoshito Yasuhara
Kazuyuki Sogabe
Kazuo Hayashi
Masato Ibu
Michiko Hirai
Narator Akira Kimura
Komposer lagu tema Hiroshi Miyakawa
Lagu pembuka Uchuu Senkan Yamato oleh Isao Sasaki
Lagu penutup Makka na Scarf oleh Isao Sasaki
Negara Bendera Jepang Jepang
Bahasa Jepang
Jumlah episode 26
Produksi
Produser Yoshinobu Nishizaki
Durasi 30 menit per episode
Rumah produksi Academy Productions
Siaran
Saluran asli Yomiuri TV
Periode siaran 6 Oktober 197430 Maret 1975
Kronologi
Dilanjutkan oleh Space Battleship Yamato II

Space Battleship Yamato (宇宙戦艦ヤマト Uchū Senkan Yamato?) adalah serial drama animasi Jepang yang diproduksi oleh Leiji Matsumoto dan pertama ditayangkan mulai tanggal 6 Oktober 1974 sampai dengan tanggal 30 Maret 1975 dan berjumlah 26 episode. Serial sekuel di anime berjudul Yamato II ditayangkan pada tahun 1978, dan Yamato III ditayangkan pada tahun 1980. Pada versi Amerika Serikat, serial ini kemudian di sulih suara ke dalam bahasa Inggris sebagai Star Blazers mulai tahun 1979 sampai tahun 1984.

Serial anime ini sempat beredar di Indonesia dalam format home video VHS dan Betamax dengan judul Yamato.

Meski demikian, Yamato tak hanya sekadar serial televisi, melainkan telah menjadi fenomena multimedia internasional dengan berbagai produk, seperti: film, permainan video, pertunjukan aksi hidup di atas panggung, dan iklan.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Yamato bukan film fiksi ilmiah dan fantasi karena sebagian besar diangkat dari cerita fiksi. Tema cerita melibatkan tokoh-tokoh ilmuwan yang memang benar-benar pernah ada, tapi dengan tambahan tokoh-tokoh fiktif sebagai pelengkap cerita.

Resensi cerita[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2199, sekelompok alien dari planet "Gamilas" menyerang bumi dengan senjata radioaktif. Serangan tersebut menyebabkan permukaan planet bumi menjadi berbahaya bagi makhluk hidup sehingga manusia berusaha menyelamatkan diri dari radiasi dengan membangun kota-kota di dalam tanah.

Untuk melawan Gamilas, manusia membentuk Earth Defence Force (EDF), tetapi karena keterbatasan teknologi, EDF tetap tidak bisa mengalahkan Gamilas dan umat manusia hanya bisa pasrah menunggu kehancuran.

Tetapi, di tengah-tengah keputus-asaan tersebut, tiba-tiba datang sebuah pesan dari luar angkasa yang memberi harapan baru. Pesan tersebut berisi rancangan untuk membuat sebuah pesawat ruang angkasa yang memiliki mesin yang bisa terbang melebihi kecepatan cahaya. Pesan tersebut juga menyebutkan bahwa di Planet Iscandar ada sebuah alat bernama Cosmo-Cleaner yang bisa menghilangkan semua radiasi dan memulihkan kondisi planet Bumi seperti sedia kala.

EDF akhirnya berusaha membangun pesawat ruang angkasa berdasarkan rancang bangun tersebut. Pembangunan dilakukan di bawah puing-puing Kapal Perang Yamato supaya tidak bisa dideteksi oleh pasukan patroli Gamilas.

Setelah pesawat ruang angkasa tersebut selesai dibangun, EDF segera menjalankan misi ruang angkasa menuju Planet Iscandar di awan Magellan untuk mengambil alat Cosmo-Cleaner tersebut.

Produksi anime[sunting | sunting sumber]

Serial animasi Yamato pertama yang lebih dikenal sekarang sebagai Space Battleship Yamato pertama ditayangkan di Jepang pada tahun 1974. Menceritakan tentang petualangan pesawat ruang angkasa Yamato dengan awak kapten Juzo Okita (Kapten Avatar), Pemimpin tertinggi Heikuro Todo (Charles Singleton) yang berasal dari planet Iscandar, doktor Sakezo Sado (Doktor Sane) dan lain-lain. Serial ini pada saat pertama disiarkan kurang terkenal dan setelah 6 bulan akhirnya dibatalkan.

Anehnya, justru setelah dibatalkan ketenaran serial ini melambung. Karena biaya produksi yang mahal, studio televisi Yomiuri TV kemudian menjual hak siar kepada stasiun-stasiun lokal. Di sinilah Yamato mengalami kebangkitan kembali dan banyak orang menjadi penggemar setia.

Pada tahun 1977, film animasi pertama di Yamato berjudul Space Battleship Yamato yang pertama diterbitkan oleh studio Toei Animation.

Tokoh / Karakter[sunting | sunting sumber]

Pasukan Pembela Bumi (EDF)[sunting | sunting sumber]

Catatan: Banyak nama karakter di anime Yamato yang diambil dari nama Samurai dan tokoh-tokoh dalam sejarah Jepang.

  • Kapten Juzo Okita (沖田 十三[1] Okita Jūzō?) (Kapten Avatar): Kapten kapal Yamato, Kapten Okita adalah orang yang mendedikasikan seluruh hidupnya untuk menyelamatkan umat manusia dari kehancuran akibat serangan alien planet Gamilas. Kapten Okita menganggap Mamoru dan Susumu sebagai anak dia sendiri sejak dia kehilangan anak satu-satunya di perang melawan planet Gamilas. Pada beberapa episode Yamato, Kapten Okita digambarkan sedang sakit parah sehingga kepemimpinan Yamato untuk sementara diserahkan ke Kodai Susumu. Nama Kapten Okita diambil dari nama kapten Shinsengumi, Okita Sōji.
  • Susumu Kodai (古代 進[2] Kodai Susumu?) (Derek Wildstar): Tokoh utama dari film ini, Kodai adalah seorang anak yatim piatu yang kehilangan orang-tuanya akibat serangan alien dari planet Gamilas. Kodai akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Pasukan Pembela Bumi (EDF) untuk mengikuti jejak kakaknya serta membalas dendam kematian orang tuanya. Kodai digambarkan sebagai karakter yang keras kepala dengan emosi yang tinggi, tetapi seiring perjalanan waktu, Kodai menjadi semakin dewasa danmampu mengendalikan emosinya. Di dalam Yamato, Kodai bertugas sebagai komandan tempur Yamato sekaligus pemimpin skuadron Black Tigers. Kodai juga beberapa kali bertugas menggantikan Kapten Okita ketika Kapten Okita sakit dan tidak mampu melaksanakan tugasnya.
  • Mamoru Kodai (古代 守[3] Kodai Mamoru?) (Alex Wildstar): Mamoru adalah akak dari Kodai Susumu. Pada episode awal Yamato, Mamoru dan kapal ruang angkasanya Yukikaze mengorbankan diri untuk memberi kesempatan bagi Kapten Okita supaya bisa kembali ke Bumi. Tetapi Mamoru berhasil mendarat darurat di Titan, dan pada akhirnya menikah dengan Ratu Starsha dari Planet Iscandar.
  • Yuki Mori (森 雪[4] Mori Yuki?) (Nova Forrester): Yuki adalah satu-satunya awak perempuan di anjungan Yamato, Yuki bertugas sebagai operator radar Yamato, kalkulasi komputer untuk mencari dan menentukan planet, serta membantu menjaga moral awak kapal supaya tetap tinggi. Nama dia diambil dari nama salah satu bawahan Oda Nobunaga, Mori Ranmaru.
  • Shiro Sanada (真田志郎[6] Sanada Shirō?) (Sandor): Sanada adalah seorang ilmuwan yang direkrut untuk mengepalai divisi sains di Yamato. Sebagai seorang ilmuwan, Sanada seringkali memberikan ide-ide yang bisa menyelematkan Yamato dari berbagai masalah. Nama dia diambil dari nama daimyo Jepang, Sanada Masayuki.
  • Dr. Sakezo Sado (佐渡酒造[7] Sado Sakezō?) (Dr. Sane): Dr. Sado adalah seorang dokter hewan yang direkrut untuk memimpin divisi kesehatan Yamato dan bertanggung jawab atas kesehatan awak kapal Yamato. Dr. Sado sering digambarkan sebagai seorang pemabuk dan mempunyai selera humor yang tinggi, tetapi karakternya bisa berubah menjadi serius pada saat-saat yang dibutuhkan.
  • Analyzer (アナライザー[8] Anaraizā?) (IQ-9): Analyzer adalah sebuah robot yang pada awalnya bekerja di rumah sakit milik EDF. Analyzer bergabung dengan Yamato atas permintaan dia sendiri. Kemampuan Analyzer untuk mendeteksi berbagai macam hal sangat membantu kru Yamato untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi di luar angkasa.
  • Yoshikazu / Giichi Aihara (相原義一 Aihara Yoshikazu/Giichi?) (Homer Glitchman): Aihara adalah kepala divisi komunikasi di Yamato.
  • Yasuo Nanbu (南部康雄[10] Nanbu Yasuo?) (Dash): Salah satu kru pertahanan Yamato, Apabila Kodai sedang tidak berada di Yamato, Nanbu bertugas menggantikan Kodai mengendalikan persenjataan Yamato. Nama dia diambil dari nama perancang senjata militer kerajaan Jepang semasa Perang Dunia II, Kijiro Nanbu.
  • Saburo Kato (加藤三郎 Katō Saburō?) (Peter 'Pete' Conroy): Kato adalah pemimpin Skuadron Black Tiger (posisinya berada langsung di bawah Kodai), Kato adalah pilot berbakat dan sering kali mempertaruhkan nyawanya demi menyelamatkan rekan-rekannya. Nama dia diambil dari nama pilot Jepang semasa Perang Dunia II, Takeo Kato dan Saburo Sakai.
  • Akira Yamamoto (山本明 Yamamoto Akira?) (Jefferson Davis Hardy): Salah satu pilot pesawat tempur Black Tiger, Yamamoto hanya muncul satu kali di season 1, tetapi di season 2, dia pangkatnya dinaikkan sebagai pemimpin skuadron ke dua, sehingga peran dia juga menjadi lebih signifikan.
  • Heikuro Todo (藤堂平九郎 Tōdō Heikurō?) (Earth Commander Charles Singleton): Pemimpin tertinggi dari Pasukan Pembela Bumi (EDF). Todo adalah orang yang memimpin dan mengirim misi Yamato ke planet Iscandar. Nama karakter ini diiambil dari nama tokoh samurai Shinsengumi, Tōdō Heisuke, atau nama Admiral Heihachiro Togo.
  • Akira Nemoto (根本明 Nemoto Akira?) (Frederick Lance)
  • Kazuhiko Sugiyama (杉山和彦 Sugiyama Kazuhiko?) (Harold Kato)
  • Hayashi (?) (Merrill Ryder)

Gamilons[sunting | sunting sumber]

  • Lord Desler (デスラー[11]総統 Desurā Sōtō?) (Pemimpin Desslok)
    • Pengisi Suara Jepang: Masato Ibu
    • Pengisi Suara Amerika: Eddie Allen (musim 1 dan 2)
  • Jenderal Talan (タラン Taran?) (Jenderal Talan / Sersan Masterson)
  • Goer (ゲール Gēru?) (Volgar / Vulgar)
    • Pengisi Suara Jepang: Osamu Saka
    • Pengisi Suara Amerika: Mike Czechopoulos
  • Kapten Getto (ゲットー Gettō?)
  • Kapten Berger (バーガー Bāgā?)
  • Kapten Kreuz (クロイツ Kuroitsu?)
  • Taxx (タックス Takkusu?)

Iscandar[sunting | sunting sumber]

Lain[sunting | sunting sumber]

  • Ratu Planet Beemera (ビーメラ星女王 Bīmera Sei Joo?)

Serial sekuel[sunting | sunting sumber]

Space Battleship Yamato II[sunting | sunting sumber]

Setelah itu pada tahun 1978 Yamato kembali dalam bentuk serial animasi sebagai sekuel. Masih dengan tokoh-tokoh yang sama dan disuarai oleh pengisi suara aslinya, serial ini dinamai Space Battleship Yamato II dan hanya bertahan selama 6 bulan.

Space Battleship Yamato III[sunting | sunting sumber]

Selain itu pada tahun 1980 juga dibuat serial Yamato ke-6 yang disuarai oleh pengisi suara yang berbeda. Space Battleship Yamato III ditayangkan tahun 1980 dan terakhir ditayangkan pada tahun 1981.

Film layar lebar[sunting | sunting sumber]

Sebelum rencana ini sempat direalisasi, George Lucas meluncurkan film Star Wars dan meledak sebagai sukses besar di seluruh dunia. Pihak produser Yamato kemudian membanting kemudi dan mengolah skenario untuk serial aminasi menjadi untuk film layar lebar yang diberi nama edisi film Space Battleship Yamato.

Film adaptasi[sunting | sunting sumber]

Film adaptasi di Space Battleship Yamato dirilis pada tahun 2010.

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Staf produksi[sunting | sunting sumber]

Lagu tema[sunting | sunting sumber]

Lagu pembuka
  • "Kapal Perang Angkasa Yamato" (宇宙戦艦ヤマト Uchū Senkan Yamato?)
    • Lirikis: Yu Aku (阿久 悠 Aku Yū?)
    • Komponis dan Aransemen: Hiroshi Miyakawa (宮川 泰 Miyakawa Hiroshi?)
    • Penyanyi: Isao Sasaki (ささき いさお Sasaki Isao?) dan Musical Academy (ミュージカル・アカデミー Myūjikaru Akademī?)
Lagu penutup
  • "Red Scarf" (真赤なスカーフ Makka na Sukāfu?)
    • Lirikis: Yu Aku
    • Komponis dan Aransemen: Hiroshi Miyakawa
    • Penyanyi: Isao Sasaki dan Musical Academy
Lagu berbahasa Inggris
  • "Space Cruiser Yamato"
    • Lirikis: Donald P. Berger
    • Komponis dan Aransemen: Hiroshi Miyakawa
    • Penyanyi: Isao Sasaki dan Musical Academy
  • "The Red Scarf"
    • Lirikis: Donald P. Berger
    • Komponis dan Aransemen: Hiroshi Miyakawa
    • Penyanyi: Isao Sasaki dan Musical Academy

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Anime -Zine". StarBlazers.com. Diakses 2009-09-03. 
  2. ^ "Anime -Zine". StarBlazers.com. Diakses 2009-09-03. 
  3. ^ "Anime -Zine". StarBlazers.com. Diakses 2009-09-03. 
  4. ^ "Anime -Zine". StarBlazers.com. Diakses 2009-09-03. 
  5. ^ "Anime -Zine". StarBlazers.com. Diakses 2009-09-03. 
  6. ^ "Anime -Zine". StarBlazers.com. Diakses 2009-09-03. 
  7. ^ "Anime -Zine". StarBlazers.com. Diakses 2009-09-03. 
  8. ^ "Anime -Zine". StarBlazers.com. Diakses 2009-09-03. 
  9. ^ "Anime -Zine". StarBlazers.com. Diakses 2009-09-03. 
  10. ^ "Anime -Zine". StarBlazers.com. Diakses 2009-09-03. 
  11. ^ "Anime -Zine". StarBlazers.com. Diakses 2009-09-03. 
  12. ^ [1]
  13. ^ "Japanimation Pages". StarBlazes.com. 2009-03-25. Diakses 2009-06-08. 
  14. ^ "New Attempt at Yamato Anime Project Announced". Anime News Network. 2008-08-01. Diakses 2008-08-31. 
  15. ^ "Brand New Day". StarBlazers.com. Diakses 2008-10-02. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]