YCbCr

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gambar warna serta unsur Y, Cb dan Cr-nya. Perlu dicatat bahwa gambar Y merupakan kopi skala abu-abu (greyscale copy) dari gambar utamanya; salju putih ditampilkan sebagai suatu nilai tengah antara Cr dan Cb; gudang coklat ditampilkan oleh Cb yang lemah dan Cr yang kuat; rumput hijau ditampilkan oleh Cb dan Cr yang sama-sama lemah; serta langit biru ditampilkan oleh Cb kuat dengan Cr lemah.

YCbCr atau Y'CbCr adalah suatu keluarga ruangan warna yang dipakai sebagai bagian dari Color image pipeline dalam sistem video dan fotografi digital. Y' merupakan komponen luma sedangkan Cb dan Cr merupakan komponen kroma perbedaan antara biru dan merah. Tanda keterangan (') pada Y dipakai untuk membedakan dengan luma dari luminansi, yang berarti intensitas cahaya dienkode secara tak linier menggunakan gamma.

Y'CbCr bukan merupakan ruangan warna absolut, merupakan suatu cara penyandian informasi RGB. Warna aktual ditampilkan berdasar pada pewarna RGB aktual yang dipakai untuk menampilkan sinyal. Oleh sebab itu suatu nilai yang ditunjukkan sebagai Y'CbCr, sebenarnya hanya akan dapat diperkirakan jika pewarna RGB standard atau profil ICC dipakai.

Nama[sunting | sunting sumber]

YCbCr kadangkala disingkat YCC. Y'CbCr sering juga disebut YPbPr jika dipakai pada video komponen analog, walaupun istilah Y'CbCr umum juga dipakai untuk keduanya, dengan atau tanpa tanda (').

Y'CbCr sering membingungkan penggunaannya dengan ruangan warna YUV, khususnya YCbCr dengan YUV yang dapat dipakai saling menggantikan, hal ini menyebabkan kebingungan; ketika merujuk pada sinyal-sinyal berbentuk video atau digital, istilah "YUV" lebih mengandung arti "Y'CbCr".

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]