xvYCC

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

xvYCC atau Extended-gamut YCC adalah sebuah ruang warna yang dipakai pada elektronika video set televisi panel rata, untuk mendukung 1.8 kali jumlah warna yang dipakai pada ruang warna sRGB.[1] xvYCC ditetapkan oleh IEC Oktober 2005 serta dipublikasikan pada Januari 2006 sebagai IEC 61966-2-4. Spektrum yang lebih lebar dari backlighting LED menggantikan katode dingin menyebabkan dimungkinkannya menambah penampil color gamut LCD.

xvYCC menggunakan jangkauan nilai yang lengkap (1 hingga 254 pada sebuah ruang 8-bit) untuk menampilkan warna. Pada BT.601 dan BT.709, warna RGB ditampilkan hanya oleh nilai 8-bit dari 16 hingga 235. Jangkauan yang terbatas ini dibuat untuk memberi keleluasaan bagi undershoot dan overshoot, yang merupakan sifat sinyal TV analog. Pada sinyal TV digital, undershoot dan overshoot tidak ada, oleh sebab itu nilai 1-15 serta 235-254 bisa dipakai untuk menampilkan warna sejati. Untuk menjaga kecocokan ke belakang dengan standard terdahulu, warna standard merah (red (R)), hijau (green (G)), biru (blue (B)) dan putih (white) dihitung menggunakan susunan yang sama pada ruang warna. Range nilai digital yang lebih lebar dapat memberi keleluasaan untuk menampilkan warna hijau tua (deeper green), merah tua (deeper red), serta biru tua (deeper blue) - serta sudah barang tentu warna-warna tengah yang sebelumnya ada di luar batasan pada ruang warna CCIR 601.

Ruang warna televisi definisi tinggi yang didefinisikan oleh BT.709 meliputi hanya 45 persen dari nilai yang dapat dipakai jika menggunakan indeks RGB dari 1 hingga 254, sebab susunan tersebut terbatas hanya dari 16 hingga 234 oleh spesifikasi BT. Standard xvYCC menggunakan standard 1 hingga 254, serta dapat menyandikan (encode) lebih dari dua kali lipat jumlah nilai warna. (Sistem sRGB berada di antara BT.709 dan sistem xvYCC, yang memberi keleluasaan bagi semua kombinasi nilai R, G dan B dari 16 hingga 235 - lebih banyak kombinasinya, tetapi tidak sebanyak xvYCC.)

Pada suatu paper yang diterbitkan oleh Society for Information Display tahun 2006, pengarangnya memetakan 769 warna pada Munsell Color Cascade ke ruang BT.709 dan ruang xvYCC. 55% dari warna Munsell dapat dipetakan pada gamut sRGB, tetapi 100% warna tersebut dapat dipetakan pada gamut xvYCC.[2] Warna yang lebih tua dapat dibuat - contohnya merah tua dapat dibuat dengan cara memberi koefisien negatif pada warna yang berlawanan.

Mekanisme untuk membawa definisi sekeliling gamut untuk xvYCC sudah didefinisikan pada Spesifikasi HDMI 1.3. Walaupun fitur warna baru lainnya pada HDMI 1.3, Warna Tua (Deep Color), tidak diperlukan unuk membawa informasi warna xvYCC, Deep Color sdah umum dikaitkan dengan xvYCC sebab fitur-fitur ini dipaki bersama-sama pada sistem CE high-end untuk meningkatkan kualits gambar yang dilihat. Di atas 480p dan 576p, sistem Deep Color harus menggunakan kabel HDMI Kategori 2 (ditunjukkan dengan sebuah logo), yang cocok untuk link clock rate di atas 75MHz.[3]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "HDMI 1.3 Update". HDMI Licensing. 2006. Diakses 2006-08-30. 
  2. ^ Matsumoto et al, 19.2: xvYCC: A New Standard for Video Systems using Extended-Gamut YCC Color Space, SID '06 Digest, pp. 1130-1133. Available from http://www.sid.org.
  3. ^ Untuk mode EDTV (480p dan 576p), data Deep Color 12-bit dapat juga diangkut sepanjang hubungan dengan menggunakan clock well di bawah batas lebar pita pada kabel Kategori 1.

Tempo oge[sunting | sunting sumber]

Tumbu luar[sunting | sunting sumber]