Wong Kan Seng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Wong Kan Seng

Wong Kan Seng (Sederhana: 黄根成; pinyin: Huáng Gēnchéng; lahir 1946) ialah Menteri Dalam Negeri Singapura dan Wakil Perdana Menteri. Ia juga pemimpin Parlemen Singapura.

Wong dihormati atas keberhasilannya menangani wabah Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) pada 2003. Ia bertanggung jawab mengkoordinasikan usaha skala nasional antarkementerian untuk mencegah wabah itu. Tindakan drastis diambil untuk mengetahui virus, termasuk pengenalan cepat atas orang yang terinfeksi maupun yang parah, tindakan karantina, pemeriksaan kesehatan di pos pemeriksaan imigrasi, sekolah, rumah sakit, dan program pendidikan umum. Pada 31 Mei 2003, Singapura dikeluarkan dari daftar World Health Organisation mengenai negara-negara yang diserang SARS.

Wong menempuh pendidikannya di Universitas Singapore dan London Business School. Ia menjadi anggota parlemen pada 1984 untuk Daerah Pemilihan Kuo Chuan di Toa Payoh. Ia adalah salah satu anggota parlemen untuk Bishan-Toa Payoh GRC.

Wong dianggap sebagai bagian dari kepemimpinan generasi ke-3 Singapura yang termasuk Lee Hsien Loong, S. Jayakumar, Yeo Cheow Tong, Mah Bow Tan dll. Ia menjadi Menteri Pembangunan Masyarakat pada 1987 dan menjadi Menteri Dalam Negeri pada 1994. Pada 1 September 2005, Wong mengambil alih jabatan sebagai Wakil Perdana Menteri Singapura saat Tony Tan Keng Yam mengundurkan diri. Wong terus menjadi Menteri Dalam Negeri.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
?
Pimpinan Parlemen Singapura
1987
Diteruskan oleh:
-
Didahului oleh:
?
Wakil Ketua Asosiasi Rakyat
1992
Diteruskan oleh:
-
Didahului oleh:
Shanmugam Jayakumar
Menteri Dalam Negeri
1994
Diteruskan oleh:
-
Didahului oleh:
Tony Tan
Wakil Perdana Menteri Singapura
2005
Diteruskan oleh:
-
Didahului oleh:
?
Menteri Pengembangan Masyarakat
1987–1991
Diteruskan oleh:
?
Didahului oleh:
S Dhanabalan
Menteri Luar Negeri
1988–1994
Diteruskan oleh:
S. Jayakumar