Willem Schermerhorn

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Willem "Wim" Schermerhorn (lahir di Akersloot, Castricum, 17 Desember 1894 – meninggal di Haarlem, 11 Maret 1977 pada umur 82 tahun) adalah surveyor, kartograf, teknisi, dan politikus Belanda.

Schermerhorn adalah Perdana Menteri Belanda antara bulan Juni 1945 sampai Juli 1946 dan membentuk kabinet pertama setelah Perang Dunia II. Antara tahun 1946-1950, ia menjabat sebagai ketua Partij van de Arbeid di parlemen.

Seusai jabatannya sebagai PM, ia menjabat sebagai ketua Komisi Umum untuk Hindia-Belanda. Schermerhorn mewakili Belanda dalam Perundingan Linggarjati. Jabatan itu dipegang sampai tahun 1947.

Pada tahun 1950-an, ia mendidirikan International Training Center untuk fotogrametri di Delft, yang segera berkembang pesat dan menjadi lembaga penelitian - di bawah pembentukan yang saling menguntungkan dengan Universitas Teknik Delft. Sebelumnya insinyur dan pimpinan kantor survey yang terampil di Rijkswaterstaat - badan pengatur bendungan di pantai-pantai Belanda – selalu kebanjiran permintaan.

Sebagai insinyur sipil yang aktif secara internasional dan fotogrameter, ia memperbaharui pencitraan untuk Papua. Ia sudah lama menjadi profesor di Universitas Teknik Delft dan pada tahun 1940 sebagai ketua International Society of Photogrammetry.

Setiap 2 tahun dilangsungkan Schermerhorn Lectures (Kuliah Schermerhorn) untuk menghormatinya, yang dihadiri oleh sejumlah ahli fotogrameter, kartografi, dan sistem informasi geografis.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Pieter Sjoerds Gerbrandy
Perdana Menteri
1945-1946
Diteruskan oleh:
Louis Joseph Maria Beel
Didahului oleh:
Pieter Sjoerds Gerbrandy
Menteri Perang
1945-1946
Diteruskan oleh:
Louis Joseph Maria Beel