Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/Sonic Speedy untuk pengurus 1 Februari 2020/STJ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Berikut merupakan halaman sesi tanya jawab untuk calon pengurus Wikipedia bahasa Indonesia tahun 2020, Sonic Speedy (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth).

Sesi tanya jawab berlangsung mulai 15 Januari hingga 28 Januari. Proses pemilihan akan berlangsung jika calon pengurus telah memberi konfirmasi persetujuan dengan menandatangani pada bagian yang telah disediakan di halaman pemilihan.

Format

Tambahkan pertanyaan di bawah baris dengan menggunakan format berikut: #{{PP pertanyaan
|T=Pertanyaan
|J=Jawaban}}

Glorious Engine

  1. Apa solusi Anda terhadap proyek Daftar pilihan yang terbengkalai karena ditekan sepihak oleh bung Mimi ?
    Proyek DP memang terbengkalai. Banyak pula usulan yang terbengkalai. Solusi saya untuk sekarang adalah mengajak para pengguna yang aktif berkontribusi untuk membuat artikel yang kemudian dapat diusulkan menjadi DP. Untuk masalah ditekan sepihak oleh bung Mimihitam, saya kurang tahu apa yang terjadi.
  2. Apakah sistem pengusulan AP lebih baik memakai sistem voting lama atau memakai sistem review yang dicetuskan HaEr ?
    Tentu saja review, karena jika menggunakan sistem voting yang lama, kualitas AP di Wikipedia bahasa Indonesia akan menurun karena banyak pengguna yang asal "setuju" tanpa membaca artikel yang diusulkan. Mereka tidak mengecek tanda baca pada artikel, terjemahanya, dsb. Jika menggunakan sistem review, otomatis para pengguna membaca terlebih dahulu artikel yang diusulkan dan akan memberitahu kesalahan yang ada di artikel.
  3. Apa solusi Anda agar pengusulan AP dapat terus bertambah dan banyak pula yang disetujui supaya tak lagi jadi kuburan ?
    Mengajak para Wikipediawan yang aktif (seperti Mulyo777, aans03, cbcbberhadiah16, dsb.) membuat/mengembangkan artikel yang potensial jadi AP.
  4. Apa solusi Anda agar tak ada lagi insiden pencabutan RusdianaDablang dan Hanamanteo yang tersandung skandal tak lama usai diangkat jadi pengurus ?
    Mengigatkan untuk membaca peraturan, kebijakan, dan pedoman sebelum calon mencalonkan sebagai pengurus, memeriksa kontribusinya, dan juga memeriksa log pemblokiranya.
  5. Apa solusi Anda supaya tak bosan menyunting/membuat artikel di Wikipedia ? Atau mungkin dibiarkan saja bosan dan beralih ke kegiatan lain ? Sebutkan kegiatan apa itu ?
    Agar saya tidak bosan di WBI, saya menyunting/membuat artikel dengan topik yang saya sukai seperti permainan video, astronomi, dll.

--Glorious Engine (bicara) 14 Januari 2020 08.55 (UTC)[balas]

Terima kasih atas pertanyaanya bung Glorious Engine. Salam, Sonic Speedy (bicara) 15 Januari 2020 07.46 (UTC)[balas]

Hanamanteo

  1. Terus terang saja saya kurang yakin Anda cermat dalam mengembalikan suntingan, terlebih saya dapati Anda terus melakukan pengembalian suntingan sebanyak dua kali untuk saat ini saja, misal musim kebakaran hutan Australia 2019–2020 (1 dan 2), bola voli (1 dan 2), gelombang (1 dan 2), Taufan Pawe (1 dan 2), dan Imam Mahdi (1 dan 2). Semua itu baru terjadi tahun ini, bisa saja lebih banyak lagi pada tahun yang sama atau tahun lalu.
    Saya akui bahwa saya memang kurang cermat dalam pengembalian suntingan. Hal ini juga merupakan kekurangan dari sistem rollback. Untuk kedepannya, kesalahan tersebut akan saya perbaiki.
  2. Ketika Anda melihat halaman yang belum terperiksa dan tergolong sepi dikunjungi, apakah Anda akan langsung memeriksa halaman itu atau tidak?
    Jika sebuah artikel belum diperiksa dan minim vandalisme, saya tidak akan memeriksanya terlebih dahulu karena tidak setiap halaman harus diperiksa. Hanya beberapa halaman yang sering dikunjungi dan rawan vandalisme yang harus saya periksa.
  3. Anda mengutamakan mutu atau jumlah artikel? Pertanyaan yang sama juga untuk editor dan peninjau otomatis.
    Tentu saja mutu. Jika suatu ensiklopedia memiliki 5 juta artikel, tapi memiliki kualitas buruk (seperti artikel yang pendek/hanya memiliki 2-3 kalimat, terjemahan buruk, dan tidak memiliki referensi), apakah bisa dikatakan sebuah ensiklopedia? Untung saja ada sekitar 85% artikel yang bermutu di Wikipedia bahasa Indonesia, lainnya adalah artikel yang sangat pendek, memiliki terjemahan buruk, dan tidak memiliki referensi.
  4. Ada ribuan halaman yang memliki perubahan tertunda, tetapi belum kunjung ditinjau editor. Jika seandainya sistem validasi artikel tetap dipertahankan, bagaimana cara Anda mengurai permasalahan ini yang belum terpecahkan selama bertahun-tahun?
    Jika sistem validasi artikel dipertahankan, saya akan memeriksanya dan mengingatkan para editor untuk sering-sering cek halaman Istimewa:Halaman yang belum ditinjau, Istimewa:Halaman tertinjau usang, dan juga patroli lewat Istimewa:Perubahan terbaru.
  5. Ada ribuan berkas tak terpakai yang terkatung-katung hingga kini, ratusan pengalihan rusak dan kategori tak terpakai yang tidak jelas nasibnya. Terdapat juga banyak pengusulan penghapusan yang belum kunjung ditutup selama berbulan-bulan. Sistem patroli artikel baru juga masih menemui kendala manakala banyak artikel tak layak yang bisa lolos selama berbulan-bulan. Apa yang Anda lakukan seandainya Anda terpilih menjadi pengurus?
    Jika seandainya saya adalah seorang pengurus, tentu saja akan memperbaikinya dan menghapus halaman-halaman yang layak untuk dihapus.

Terima kasih atas pertanyaanya bung Hanamanteo. Salam, Sonic Speedy (bicara) 15 Januari 2020 08.45 (UTC)[balas]

Rachmat04

  1. Bidang administratif apakah yang Anda hendak tangani apabila terpilih menjadi pengurus kelak?
    Jika terpilih menjadi pengurus, saya akan melakukan yang biasa pengurus lakukan, seperti menghapus artikel yang tidak layak, melindungi sebuah halaman, mengubah keanggotaan pengguna, dll.
  2. Kontribusi manakah yang Anda anggap terbaik yang pernah Anda lakukan di sini?
    Kontribusi yang saya anggap terbaik diantaranya Kepler-9, Kepler-9d, dll.
  3. Pernahkah Anda terlibat dalam konflik dengan pengguna lain dalam hal menyunting artikel tertentu atau apakah ada pengguna lain yang membuat Anda stres? Bagaimana Anda menyikapinya dan jika terulang lagi di masa depan bagaimana Anda akan menyikapinya?
    Saya pernah terlibat konflik dengan pengguna baru yang menghapus tag KPC. Tapi hal ini saya tanggapi dengan tenang dan tetap berpedoman pada kebijakan/peraturan Wikipedia.

Terima kasih atas pertanyaanya. Sonic Speedy (bicara) 19 Januari 2020 07.41 (UTC)[balas]

HaEr48

  1. Dari semua kontribusi Bung selama ini, bagian mana yang menurut Bung paling berguna sebagai persiapan atau gambaran untuk tugas-tugas pengurus?
    Kontribusi saya untuk persiapan melaksanakan tugas pengurus diantaranya: memeriksa artikel baru dan patroli (lewat Istimewa:Perubahan terbaru), menambahkan tag pemeliharaan (seperti {{noref}}, {{kembang}}, dsb.) bagi artikel yang layak mendapatkanya, dan saya juga sering membantu pengguna baru.

Terima kasih atas pertanyaanya bung HaEr48. Salam, Sonic Speedy (bicara) 22 Januari 2020 03.29 (UTC)[balas]

Alqhaderi Aliffianiko

  1. Sebagai perwakilan dari koordinator Stasiun Kereta Api Indonesia hanya menanyakan satu saja pertanyaan, terkait dengan berkas-berkas bermasalah. Jadi, kami merencanakan penghapusan berkas-berkas bermasalah hak cipta dan berkas-berkas nonbebas yang tidak pernah dipakai, yang timbunannya ada di berkas tidak terpakai. Selain itu, terkait berkas nonbebas yang belum mempergunakan {{Non-free use rationale}} atau {{Non-free use rationale 2}}, kira-kira langkah apa yang bisa Anda ambil? Jika berkas tersebut sudah memenuhi alasan penggunaan media nonbebas, apakah Anda mau menandainya dengan image has rationale=yes? Karena masih banyak yang memerlukan peninjauan. Nuwun.
    1. Jika saya menjadi pengurus, tentu saja akan menghapus berkas yang bermasalah dengan hak ciptanya, dan saya juga menghapus berkas non-bebas yang tidak digunakan. Jika saya menemukan berkas yang layak dan berlisensi bebas tapi belum digunakan, saya akan memindahkanya ke Commons supaya dapat digunakan di seluruh proyek Wikimedia. 2. Jika ditemukan berkas yang tidak menggunakan templat {{Non-free use rationale}} atau {{Non-free use rationale 2}}, dan hanya menyertakan sumber, maka akan saya hapus (kecuali untuk berkas lama, karena pada saat itu belum ada peraturan tersebut). 3.Jika ada berkas yang memenuhi alasan penggunaan media nonbebas, tentu saja akan saya tandai dengan image has rationale=yes.

Alqhaderi Aliffianiko (bicara) 23 Januari 2020 00.38 (UTC)[balas]

@Alqhaderi Aliffianiko: Terima kasih atas pertanyaanya. Sonic Speedy (bicara) 23 Januari 2020 08.30 (UTC)[balas]

Bagas Chrisara

  1. Pertanyaan saya semuanya terkait berkas.
  • Menurut Anda, apakah berkas ini sudah memenuhi alasan pengguna berkas nonbebas? Jika sudah, mohon jelaskan mengapa Anda berpikir demikian, begitu pula sebaliknya.
  • Apakah ada yang keliru pada berkas ini? Jika ada, mohon jelaskan secara singkat.
  • Undang-undang hak cipta manakah yang berlaku di proyek Wikimedia? (seluruh proyek Yayasan Wikimedia, bukan hanya Wikipedia bahasa Indonesia)
Jawaban Anda mempengaruhi pilihan saya. Apabila Anda menjawab dengan tepat, saya akan mempertimbangkan untuk mendukung pencalonan Anda. Apabila jawaban Anda kurang memuaskan, maka saya akan memilih abstain.
  1. 1. Saya menemukan beberapa masalah di berkas tersebut. Yang pertama, berkas tersebut tidak menggunakan templat {{Non-free use rationale}}. Yang kedua, berkas tersebut tidak mencantumkan alasan penggunaan wajar, sehingga belum memenuhi alasan penggunaan berkas nonbebas.
    2. Berkas tersebut adalah berkas bebas, tetapi sang penguggah malah menggunakan templat {{Non-free use rationale}}. Seharusnya menggunakan templat {{Information}}.
    3. Undang undang yang berlaku di seluruh proyek Wikimedia adalah undang-undang hak cipta Amerika Serikat.

Terima kasih atas pertanyaanya, bung Bagas Chrisara. Salam, Sonic Speedy (bicara) 24 Januari 2020 06.10 (UTC)[balas]

Veracious

Terkait dengan pertanyaan di atas, saya lihat anda mengutamakan mutu dalam memberikan status/hak "editor" ataupun "peninjau otomatis". Apa yang anda lakukan bila anda mendapati seorang editor atau peninjau yang:

  1. Membuat artikel suatu perusahaan/produk/tokoh yang tidak memenuhi kelayakan (bersifat promosi)
    Saya akan memperingatkanya terlebih dahulu dan memberitahukan tentang kelayakan artikel. Apabila pengguna tersebut ngeyel, status editor/peninjaunya akan saya cabut. Untuk artikelnya, saya akan hapus dengan alasan A7 atau memberi {{iklan}}/{{tak layak}} pada artikel.
  2. Melampirkan/memakai sumber referensi yang tidak kredibel, ataupun menggunakan blog pribadi milik si editor/peninjau.
    Saya mengembalikan suntinganya dan akan memperingatkan pengguna tersebut. Apabila pengguna tersebut mengabaikan peringatan tersebut dan terus melakukanya, maka akan saya cabut.
  3. Menerjemahkan artikel secara asal-asalan
    Tentu saja saya peringatkan terlebih dahulu. Jika tetap melakukan hal itu, maka akan saya cabut. Jika dibiarkan saja, maka artikel dengan terjemahan buruk yang ia buat akan otomatis terperiksa, sehingga mutu artikel di WBI akan menurun. Artikel dengan terjemahan buruk yang ia buat akan saya hapus saja.
  4. Menandai suntingan yang jelas-jelas vandal sebagai terperiksa
    Memberi teguran dan menolak revisi tersebut. Karena hal tersebut dapat dikategorikan sebagai vandal. Jika tidak sengaja, saya biarkan saja. Kalau diulangi terus bisa saya cabut haknya.
  5. Melakukan vanitas
    Saya akan memperingatkan pengguna tersebut dan mengembalikan/menghapus halaman yang bersifat vanitas, jika tetap melakukanya maka akan saya cabut. Tapi, kalau kejadian vanitas oleh editor/peninjau sepertinya jarang terjadi.

Terima kasih atas pertanyaanya. Sonic Speedy (bicara) 25 Januari 2020 09.53 (UTC)[balas]

Lihat pula