Wikipedia:Kliping

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Berikut ini adalah kliping artikel-artikel tentang Wikipedia, terutama Wikipedia Indonesia dari media cetak dan elektronik:

2004[sunting | sunting sumber]

  1. 24 Juni 2004 -- (job), Kupas Situs: "Pesaing Perpustakaan Alexandria", Sinar Harapan.
    • Kutipan: "Lain halnya dengan situs www.Wikipedia.org yang menyediakan banyak data yang bisa digali dalam bahasa Jawa, Sunda, dan tentu Indonesia."
  2. 2 September 2004 -- Wicaksono Hidayat (wsh), "Wikipedia Hadir Dalam Bahasa Jawa", Detik i-Net.
    • Kutipan: "Hebatnya, Wikipedia juga menyediakan fasilitas membuat ensiklopedia dalam bahasa yang beragam. Selain Bahasa Inggris, yang paling besar dan populer, Wikipedia juga tersedia dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa dan Bahasa Sunda."
    • Kutipan: "Dengan 2765 artikel dalam Bahasa Indonesia, Wikipedia ini bisa dimanfaatkan sebagai sumber informasi alternatif di internet. Apalagi, menambahkan informasi pada Wikipedia ini relatif mudah. Siapapun pengguna internet dapat melakukannya."
  3. 10 Oktober 2004 -- Burhan Sholihin, Teknologi Informasi: "Ensiklopedia dari kamar kos", Tempo.
    • Kutipan: "Ensiklopedia gratis yang lebih lengkap dari Britannica. Ada versi Indonesia, Jawa, juga Sunda."

2005[sunting | sunting sumber]

  1. 25 Juni 2005 -- (kom), "Museum KA Ambarawa, dari Soekarno hingga Hedjaz Railway", KOMPAS.
  2. 28 Juni 2005 -- Wicaksono Hidayat (wsh), "Salah Mengeja Kata, Ditilang Polisi EYD", Detik i-Net.
    • Kutipan: ""Menurut Wikipedia, Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) adalah ejaan Bahasa Indonesia yang berlaku sejak tahun 1972. Ejaan ini menggantikan ejaan sebelumnya, Ejaan Republik.."
  3. 13 Juli 2005 -- (has), "Chikungunya Serang Tangerang", KOMPAS.
    • Kutipan: "Menurut situs wikipedia indonesia, wabah chikungunya pertama kali dilaporkan..."
  4. 8 Agustus 2005 -- Christoph Albert-Heider, Viele Köche verderben den Brei nicht ("Banyaknya koki tidak merusak adonan."), Frankfurter Rundschau (Frankfurt, Jerman).
    • Kutipan: "11 000 Artikel zählt die Ausgabe aus Bahasa Indonesia ..."
  5. 17 Agustus 2005 -- Josephus Primus, Metropolitan: "Selamat Tinggal Istana Merdeka!", KOMPAS.
  6. 26 September 2005 -- Kidam Nugraha, Interview: "Kami Berusaha Menyajikan Informasi Yang Berbobot", SDA Asia (Online).
    • Kutipan: "Diam-diam telah hadir Wikipedia Indonesia. Walaupun bisa dikatakan proyek yang bertujuan untuk menyusun sebuah ensiklopedi bebas dalam bahasa Indonesia ini telah hadir sejak tahun 2003 lalu, dengungnya masih belum jelas terdengar."
  7. 8 November 2005 -- (Wah), "Wikipedia Akan Naik Cetak", KOMPAS.
    • Kutipan: "Artikel-artikel dalam Wikipedia, situs ensiklopedia online yang bebas diakses, ditulis, dan diedit oleh setiap pengguna internet mungkin segera tersedia dalam versi cetak..."
  8. 14 Desember 2005 -- (nks), "Informasi Palsu di Wikipedia Ternyata Cuma Iseng", Detik i-Net.
    • Kutipan: "Seigenthaler, akibat ulah Chase, sampai membuat ulasan di USA Today menyoal reliabilitas Wikipedia. Tulisannya sampai mengundang debat tentang standar yang diterapkan Wikipedia dan berbagai referensi lainnya di internet."
  9. 16 Desember 2005 -- (Wah), "Wikipedia Seakurat Ensiklopedia Britannica", KOMPAS.
    • Kutipan: "Menurut hasil penelitian terbaru, situs ensiklopedia online yang bebas disunting oleh siapa saja itu seakurat Ensiklopedia Britannica. Itulah hasil penelitian yang dilakukan oleh jurnal Nature."
  10. 17 Desember 2005 -- Jansen H Sinamo, "Merambah Jalan Baru Menuju Keunggulan", KOMPAS.
    • Kutipan: "Menurut Wikipedia, cuma ada tiga buku sejenis yang mengungguli keduanya:..."

2006[sunting | sunting sumber]

  1. 3 Maret 2006 -- Oktoria Yulius Darmawan, "Wikipedia Versi Inggris Capai 1 Juta Artikel", Detik i-Net.
    • Kutipan: "Menurut Wikimedia Foundation, artikel tentang jalur kereta api Jordanhill yang dibuat Meszaros Andras, berhasil menjadi artikel ke satu juta untuk Wikipedia versi artikel Inggris."
  2. 23 Maret 2006 -- Nurul Hidayati, "Banyaknya Kesurupan di Bulan Ini", Detikcom.
    • Kutipan: "Kamus Wikipedia menyebut kesurupan adalah sebuah fenomena di mana seseorang berada di luar kendali dari pikirannya sendiri."
  3. 31 Agustus 2006 -- Budi Putra, "Fast growing of Indonesian Wikipedia", CNET Asia.
    • Kutipan: "Of interesting note, Wikipedia Indonesia is more than just a translated version of Wikipedia global. "Since Indonesian contributors have enthusiastically and passionately written their own original articles, we have legions of original content in Wikipedia Indonesia,""
  4. September 2006 -- Abdar Rahman Koya, "HIZBULLAH: Menantang Zionisme", (cetakan pertama).
    • Kutipan: Mengutip intro artikel Hizbullah dan menjadikannya sebagai intro pada sampul depan bagian dalam.
  5. 22 September 2006 -- Pepih Nugraha, "Menanti Meletusnya "Revolusi Sunyi"?", KOMPAS.
    • Kutipan: "...pengguna internet cukup melakukan chatting, gabung di mailing list, menelusur ensiklopedia gratis di Wikipedia, menelisik peta gratis dari ..."
  6. 20 November 2006 -- Onno W. Purbo, Kebebasan informasi: "Membebaskan Frekuensi Internet Hasil Perjuangan", KOMPAS.
    • Kutipan: Contoh menarik dikemukakan oleh Martin Haase, Broad Member Wikimedia Deutchland. Mekanisme yang digunakan di Wikipedia sangat amatiran sehingga sulit menjamin kualitas yang baik. Bahkan, para aktivis Wikipedia sering kali akhirnya menghalangi kontributor potensial yang ahli dalam bidangnya.
    • ...Martin Haase bersama rekan-rekannya mengambil inisiatif membangun Wikipedia tandingan menggunakan mekanisme yang lebih terkontrol dengan editor dan penulis tanpa adanya penulis anonim.
  7. 26 Desember 2006 -- Amir Sodikin, "Revo, Perintis Wikipedia Indonesia", KOMPAS.
    • Kutipan: "Pada 15 Desember 2006, statistik Wikipedia bahasa Indonesia menunjukkan jumlah artikel tercatat lebih dari 46.051 dan pengguna terdaftar lebih dari 31.353 orang."
    • "Perintis Wikipedia bahasa Indonesia ternyata adalah Revo Arka Giri Soekatno, pemuda yang sejak SMP hingga S-2 tinggal di Belanda."
    • "Selanjutnya, Wikipedia berkembang pesat bahkan Wikipedia berbahasa daerah juga bermunculan, seperti Wikipedia Jawa, Sunda, Banyumas, Bugis, Melayu, dan Tetun."
    • "Saat ini proyek keroyokan Wikipedia Indonesia adalah menampilkan informasi soal Nusantara."

2007[sunting | sunting sumber]

  1. 2 Januari 2007 -- Amir Sodikin, "Mengakhiri Tahun 2006 dengan Menjadi Seniman Jalanan...", Kompas. Dimuat pula di dalam Harian Kompas, Selasa, 2 Januari 2007, halaman 25, kolom 1.
    • Kutipan: "Grafiti, menurut definisi Wikipedia, adalah kegiatan seni rupa yang menggunakan komposisi warna, garis, bentuk dan volume untuk menuliskan kalimat tertentu di dinding. Kebiasaan melukis di dinding bermula dari manusia primitif sebagai cara mengomunikasikan perburuan. Sampai kini grafiti masih kontroversial untuk disebut seni.
    • Ada yang sekadar menuliskan nama kelompok, ada yang melukis karakter tertentu, ada pula yang berisi pesan pemberontakan terhadap kondisi kota saat ini. Anak-anak remaja ini mengklaim tak mengotori tembok, justru tujuan awal menghilangkan angker dari tembok lama yang lusuh." (kutipan ini diambil dari artikel: Grafiti)
  2. 3 Januari 2007 -- (wikipedia/mer), Revo Arka Giri Soekatno: "Agar Wikipedia berbahasa Indonesia", Sinar Harapan.
    • Kutipan: "...artikel pertama di Wikipedia Indonesia adalah soal elektron yang dibuat pengguna tak terdaftar."
  3. 11 Februari 2007 -- Kompas membuat ilustrasi dengan referensi wikipedia untuk artikel Mesin Mobil:Momok Itu Bernama Air di Harian Kompas Minggu, 11 Februari 2007 halaman 24, kolom 1. Ilustrasi ini bersumber dari gambar di wikipedia, kemungkinan Berkas:4-Stroke-Engine.gif.
    • Kutipan: " Siapa pun dapat menyunting artikel, memperbaiki dan menambahkan informasi, hanya dengan mengklik pranala sunting yang berada di atas setiap halaman."
    • "Pada 15 Desember 2006, statistik Wikipedia bahasa Indonesia menunjukkan jumlah artikel tercatat lebih dari 46.051 dan pengguna terdaftar lebih dari 31.353 orang. Wikipedia Indonesia menduduki peringkat 21 dunia dan terbesar untuk negara berkembang."
  4. 28 Februari - 13 Maret 2007 -- Erma Dwi Kusumastuti, "Perkenalkan Indonesia Lewat Wikipedia", Majalah Chic, halaman 87, 88, 89.
  5. 22 Maret 2007 -- Magdalena, "Berbagi Ilmu Lewat Wikipedia", KONTAN,
    • Kutipan: "Wikipedia Indonesia memiliki keanggotaan bertingkat, terdiri dari pengguna anonim, pengguna terdaftar, pengurus dan birokrat. Semua pengguna bisa menyumbangkan artikel, memperbaiki dan menambahkan informasi, hanya dengan mengklik pranala sunting yang berada di atas setiap halaman."
  6. 19 April 2007 -- Wah, "Artikel Pilihan Wikipedia Tersedia dalam CD", KOMPAS,
    • Kutipan: "Sekitar 2.000 artikel pilihan di Wikipedia akan dikumpulkan ke dalam CD untuk didistribusikan secara offline."
    • "Kami ingin menyediakan topik-topik utama dan tentu saja juga memilih artikel-artikel terbaik di Wikipedia," ujar Profesor Walker darn State University of New York, AS. Artikel-artikel yang dipilih akan dipastikan ditulis rapi dengan tata bahasa yang baik, bebas dari kesalahan, bias, canadalisme, dan promosi.
  7. 27 April 2007 -- Yulvianus Harjono, "Jadi Diplomat Sehari di Sidang Umum PBB", KOMPAS Muda.
    • Kutipan: ""Sempat kaget dan bingung juga lah. Mau gak mau, ya cari bahan dari internet. Untung ada Wikipedia," kata Andreas ..."
  8. 23 Juni 2007 -- Jodhi Yudono, "Betawi Punye Cerita", KOMPAS,
    • Kutipan: "Orang Betawi, seperti ditulis oleh Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia, Suku Betawi berasal dari hasil kawin-mawin antaretnis dan bangsa di masa lalu."
    • Artikel terkait: Suku Betawi
  9. 6 Agustus 2007 -- Fino Yurio Kristo, "Wikiversity, Situs Belajar Gratis Dari Wikipedia", detikInet,
    • Kutipan: "Wikiversity, sebuah proyek sekolah dunia online dari komunitas pembuat ensiklopedi gratis Wikipedia sedang dalam tahap pengembangan."
  10. 20 November 2007 -- Ria Desy Saputra, "Wikipedia Indonesia terbesar ketiga di Asia, Antara,
    • Kutipan: "Wikipedia Indonesia kini berada di peringkat 26 dari 250 Wikipedia berbahasa asing di dunia. Sedangkan di tingkat Asia kita berada di peringkat tiga, setelah Jepang dan Mandarin," ujar Ivan Lanin [...]"

2008[sunting | sunting sumber]

  1. 1 April 2008 -- Situs berita Detik.com mengutip berita dari Situs TheRegister yang berbau parodi "April Mop" mengenai mundurnya Jimmy Wales dari Wikipedia, "Mundurnya Pendiri Wikipedia", detikInet,
    • Kutipan: "Masih dalam kerangka yang sama, pendiri Wikipedia Jimmy Wales dikabarkan telah mengundurkan diri. Wales dikabarkan akan bergabung dalam persaudaraan pendeta Fransiskan."
  2. Jendela Dunia: Wikipedia via Youtube

2009[sunting | sunting sumber]

  1. 22 Februari 2009 -- Situs Kantor Berita Antara memuat berita tentang Wikipedia bahasa Indonesia yang telah mencapai artikel ke 100 ribu. "Wikipedia Bahasa Indonesia Sudah 100 Ribu Artikel", Antara.
  2. 13 Agustus 2009 -- Situs ACEHKITA memuat berita tentang lahirnya Wikipedia bahasa Aceh pada tanggal 13 Agustus 2009. Lihat: Akhirnya, Wikipedia Berbahasa Aceh Lahir.

2010[sunting | sunting sumber]

2011[sunting | sunting sumber]

2012[sunting | sunting sumber]

Tentang Wikipedia bahasa Inggris

Tentang Wikipedia bahasa Indonesia

2013[sunting | sunting sumber]

Tentang Wikipedia bahasa Inggris

Tentang Wikipedia bahasa Indonesia

Tentang Wikipedia bahasa Jawa

2014[sunting | sunting sumber]

Tentang Wikipedia bahasa Inggris

Tentang Wikipedia bahasa Indonesia

Galeri foto[sunting | sunting sumber]

Zoom gambar untuk memperjelas