Wikipedia:Kliping/Kliping Frankfurter Rundschau (8 Agustus 2005)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Halaman ini merupakan sebuah terjemahan artikel koran dalam bahasa Jerman

Tukang masak yang banyak tidak merusak adonan

Di Frankfurt am Main untuk pertama kalinya para penulis ensiklopedia internet; Wikipedia berjumpa secara nyata
Bekerja dan bersantai: Para Wikipediwan selalu bisa mengatasi keadaan, jika seorang pemakalah mendapatkan masalah dengan presentatie Power-Pointnya. Tetapi mereka juga bersenang-senang pada pesta mereka di Losmen Pemuda di Frankfurt.
Oleh Cristoph Albrecht-Heider

Di kafetaria gedung konferensi para delegasi dari seluruh dunia tidak menarik perhatian. Padahal di sini ada sebuah publik internasional. Tempat konferensi adalah sebuah losmen pemuda di Frankfurt am Main. Namun setelah diperhatikan lebih lanjut, beberapa tamu ternyata menarik perhatian: Siapa adalah seorang lelaki dan di bawah 40 tahun, dan mungkin memakai kaos dengan teks "I love to share" atau "Take back the internet" dan duduk di depan sebuah laptop yang terbuka, kemungkinan besar merupakan bagian dari komunitas Wikipedia yang relatif kecil namun mencakup seluruh dunia yang dalam waktu empat tahun … dan untuk pertama kalinya dalam sejarahnya yang muda berkumpul secara nyata.

Kenetralan menurut konsensus[sunting sumber]

Yayasan Wikimedia, yang merupakan induk beberapa proyek Wiki, di mana Wikipedia ensiklopedia yang merupakan yang terpenting di antaranya, adalah sebuah gerakan akar rumput di dunia elektronik yang telah berpadu dengan internet. Dominansi lelaki pada konferensi di Frankfurt ini sungguh jelas. Wikipedia terutama, hal ini juga diakui oleh Jimmy Wales pendirinya, menarik mereka yang memiliki bakat tekhnis. Sebuah efek samping spesialisasi ini yang menguntungkan pada kongres empat hari ini dengan kurang lebih 60 pemakalahnya: Jika ada seorang pemakalah yang menjumpai masalah tekhnis dengan presentasi Power-Pointnya, maka di publik pasti ada seseorang yang bisa mengatasi masalah ini.

Wikipedia dalam waktu singkat bisa membuat nama, sementara beberapa ribu sukarelawan secara teratur pada malam hari duduk di depan komputer dan menulis artikel, sementara mereka adalah orang-orang seperti Martin Zeise. Ia berusia 46 tahun, pekerjaannya adalah ketua proyek pada sebuah pembangkit tenaga listrik, tinggal di Berlin dan menggeluti perkembangan Wikipedia edisi Jerman. Edisi ini dalam waktu singkat telah berkembang menjadi yang terpenting di dunia setelah edisi Inggris.

Thüringen, pembangkit listrik, mantan Yugoslavia, sedikit musik Rock, Ekuador: pada topik ini Zeise menggunakan waktu sepuluh sampai duabelas jam per minggu. Ia berasal dari Thüringen, berada di Ekuador pada masa liburan terakhirnya, dan seringkali berhubungan dengan pekerjaan di Yugoslavia dan negara-negara penerusnya. Beginilah alasan keterkaitan Wikipedianya. Zeise tidak hanya menulis dan mengkoreksi kontribusi, ia juga memoderator diskusi di internet. Para wikipediwan mewajibkan diri untuk menuruti kenetralan sesuai konsensus. Zeise juga harus berpegang teguh padanya jika pandangan Serbia dan Kroasia bertentangan pada topik-"nya". Namun justru pada kasus ini Zeise bersuka cita, dan jika oleh semuanya rumusan yang bertentangan disimpan, "ini merupakan pengalaman sebuah keberhasilan". Seperti Zeise, Revo Arka Soekatno dari Jakarta juga telah mendengar tentang Wikipedia dua tahun sebelumnya. Ia mencari informasi dengan tekun di internet mengenai kaum Guanches, penghuni purba kepulauan Canary dan lalu menemukan sebuah entri – pada saat itu tidak bisa digunakan – di Wikipedia edisi Inggris. Semenjak akhir 2003 ada sebuah versi Indonesia dari ensiklopedi ini, tidak lama sebelum Soekatno mulai menulis. Soekatno adalah 30 tahun, dan sudah tinggal separuh hidunya di Belanda dan sekarang meneliti Sastra Jawa Kuna.

Penerbangannya ke Frankfurt dibiayai, seperti juga untuk para peserta lainnya dari Dunia Ketiga oleh sebuah yayasan. Pada Kongres Wikipedia ini, Soekatno sejauh ini memainkan peran penting, jika ia bisa menceritakan tentang edisi Wikipedia dari Dunia Ketiga yang terbesar. Edisi dalam bahasa Indonesia memiliki 11.000 jumlah artikel (sebagai perbandingan: edisi Jerman mencakup 267.000).

Kelanjutannya secara relative ialah bahwa banyak penulis artikel dan kurang lebih seperempat pengguna tinggal di luar Indonesia. Soekatno yang sudah kuliah di Universitas Leiden, menulis tentang bahasa, sejarah, filsafat dan politik dan dalam penelitiannya bisa menggunakan Wikipedia edisi Inggris, Jerman, Belanda dan Prancis berkat kemampuan bahasanya. Selain itu ia juga bisa berbahasa Jawa yang dipertuturkan oleh 80 – 100 juta warga Indonesia, ia juga berkarya di Wikipedia Jawa, yang dengan 1.500 artikel masih sangat kecil seperti juga bahasa Sunda yang merupakan bahasa ibu bagi 20 juta warga Indonesia.

Tiga ensiklopedia cetak ada di Indonesia, di antaranya sebuah versi Islam dan Katolik, namun ensiklopedia mahal, "ini tidak dibaca oleh banyak orang Indonesia" tutur Soekatno, yang menurut perkiraannya kurang dari sepuluh persen warga Indonesia memiliki akses internet. Debat-debat besar mengenai topic religius belum ada di komunitas Wikipedia Indonesia, sebuah negara Muslim. 80 dari 11.000 artikel membahas tema Islam.

Pertemuan di Frankfurt ini memberikan Soekatno sebuah keuntungan lain, jika pada losmen pemuda ini ia membagi kamar dengan seorang mahasiswa Israel Tshahi Hayat asal Haifa, yang seperti Soekatno juga merupakan pemakalah pada Kongres ini. Indonesia dan Israel tidak memiliki hubungan diplomatic. Pemisahan ini telah dihapus oleh Hayat dan Soekatno dan di dalam kamar mereka "banyak berdebat soal politik." Sebuah peranti bermanfaat

Andreas Brändle, seorang warga Swiss, mengambil jalan yang sungguh berbeda menuju Wikipedia. Ia berasal dari bidang musik dan sains. Brändle menghabiskan waktu luangnya tidak di computer, namun dengan gitar basnya dan dengan kawan-kawan sejawatnya telah mengadakan konser rock di internet dengan perangkat lunak-Wiki yang gratis, sebelum ia mengenal Wikipedia. "Wiki adalah sebuah peranti yang bermanfaat", katanya, "dan Wikipedia adalah Wiki yang berfungsi paling baik".

Kualitas ensiklopedia online ini menjadi tema skripsi S1- mahasiswa ilmu komunikasi ini pada Universitas Zürich. Hal ini dibicarakan di komunitas dan lalu Brändle diundang ke Frankfurt untuk menceritakan sedikit mengenai hasil penelitiannya. "Ketertarikan bidang sains pada Wikipedia mulai berkembang secara lumayan". Kata Brändle, yang menggunakan Wikipedia secara berkala, tidak menulis apa-apa untuk ini, namun ia telah "terbiasa membetulkan artikel".

Sementara Brändle membatasi, Wikipedia bisalah "menjadi introduksi bagus pada suatu tema", sang warga Berlin, Zeise ...

Untuknya ini menjadi sejenis portal. Sang pengguna berkala Brändle dan sang anggota Wikimedia Zeise, ...

Jika Zeise ingin tahu, bagaimana sebuah artikel muncul, maka ia terjun ke kedalaman-Wiki dan melihat sejarah versi artikel serta mengamati para kontributor yang ikut menyumbang, ...

Bahwa sebuah karya gotong-royong bisa membawa hal baik, ditemukan oleh Brändle dalam penelitiannya, yang memberi judul makalahnya "Tukang masak yang banyak tidak merusak adonan".