Wikipedia:Kebijakan Penanggulangan Bencana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kebijakan Penanggulangan Bencana adalah kebijakan (yang dianggap) resmi (oleh sebagian orang yang sok penting) di Wikipedia tentang prosedur pengamanan isi ensiklopedia apabila terjadi peristiwa di luar kekuasaan Wikimedia Foundation (force majeure) yang tidak memungkinkan Wikipedia beroperasi seperti sediakala.

Kebijakan ini dirancang untuk membantu pengarsipan ensiklopedia menggunakan media non-elektronik secara teratur dan berkala. Apabila kondisi tidak memungkinkan, ensiklopedia dapat diarsipkan dengan cara lain. Para penyunting diminta untuk membiasakan diri dengan prosedur ini dan melakukan latihan rutin. Saat prosedur ini dirasa benar-benar perlu dilakukan, bertindaklah sebisa mungkin sesuai panduan resmi.

Sejarah dan cakupan[sunting sumber]

Kebijakan Penanggulangan Bencana diusulkan pada April 2016 setelah Satgas Perlindungan Data Wikipedia merilis penilaian risiko eksternal - risiko yang tidak ada di dalam tubuh Wikipedia (dan proyek-proyek terkait) - yang membahayakan integritas dan kelangsungan isi Wikipedia dalam jangka panjang.

Diagram yang menggambarkan sistem server Wikimedia

Karena terdapat isu teknis yang kompleks, prosedur dan panduan berikut disetujui setelah berkonsultasi dengan subkomite pengembang teknis Wikimedia perihal penyesuaian infrastruktur yang diperlukan. Ekstensi perangkat lunak yang dibutuhkan untuk melaksanakan prosedur ini sudah tersedia sejak MediaWiki versi 1.28 dirilis bulan November 2016. Ekstensi ini tersedia di seluruh proyek Wikimedia menggunakan perangkat lunak MediaWiki dan digunakan oleh kurang lebih 292 versi Wikipedia.

Kebijakan ini tidak mencakup gangguan sementara akibat, misalnya, bencana alam dalam lingkup kecil, konflik regional atau domestik, atau peristiwa serupa yang dapat diselesaikan dalam kurun beberapa minggu atau bulan. Risiko-risiko seperti ini (diyakini sangat mungkin terjadi) sudah ditangani oleh kebijakan dan panduan yang sudah ada. Selain itu, kebijakan ini tidak mencakup potensi risiko jangka pendek terhadap sebuah artikel atau halaman lain. Kebijakan ini perlu dipandang sebagai bagian dari strategi penanggulangan bencana jangka panjang dan baru dilaksanakan apabila terjadi bencana besar di tingkat global.

Pelaksanaan kebijakan[sunting sumber]

Garis waktu peristiwa kepunahan massal selama 500 juta tahun terakhir

Protokol KPB baru dilaksanakan saat terjadi peristiwa yang tergolong dalam dua kategori berikut:

  1. Potensi kekacauan masyarakat yang disebabkan oleh bencana alam atau bencana buatan manusia seperti perang nuklir, wabah, badai raksasa, letusan gunung api super, perubahan iklim atau bencana lingkungan global yang terjadi lebih awal, wabah zombi global, atau peristiwa lain yang berakibat hilangnya kondisi masyarakat dan teknologi yang diperlukan untuk kelanjutan operasi Internet atau hilangnya kondisi yang diperlukan oleh masyarakat umum untuk mengakses Wikipedia.
  2. Potensi peristiwa kepunahan yang dimulai oleh perang termonuklir global berskala besar, tabrakan asteroid, semburan sinar gamma, meningkatnya atau menurunnya energi Matahari, perpindahan poros rotasi Bumi yang cepat, atau peristiwa lain yang menyebabkan hilangnya aktivitas biologis manusia.

Sesuai tidaknya sebuah peristiwa dengan kriteria di atas merupakan keputusan Wikimedia Foundation. Segala keputusan untuk melaksanakan kebijakan ini berada di tangan Foundation. Walaupun sebagian besar kebijakan ini berkaitan dengan prosedur menghadapi bencana dalam skenario pertama, rencana untuk skenario kedua turut dijabarkan.

Pemberitahuan dan prosedur[sunting sumber]

Ketika protokol KPB dilaksanakan, sistem pemberitahuan melalui templat akan dijalankan di Wikipedia dan proyek-proyek Wikimedia lain untuk memberitahu penyunting perihal peristiwa yang sedang terjadi dan tindakan yang harus diambil. Setiap peringatan diberi nomor sesuai tingkat keparahan; semakin kecil nomornya, semakin parah situasinya. Templat diberi warna tertentu sesuai tingkat keparahan. Ingat bahwa karena bencana semacam ini tidak dapat diprediksi, durasinya tidak bisa dipastikan dan templat peringatan berfungsi sebagai panduan saja.

Peringatan Tingkat 3[sunting sumber]

Peringatan Tingkat 3 berarti Wikimedia Foundation menyimpulkan bahwa sebuah peristiwa global yang tidak memungkinkan Wikipedia beroperasi seperti sediakala akan terjadi dalam kurun 2 jam. Templat Tingkat 3 berwarna oranye. Apabila peringatan Tingkat 3 diaktifkan, penyunting diminta untuk:

  • menyelesaikan suntingan mereka sesegera mungkin
  • baca dan ingat kebijakan Wikipedia mengenai kesopanan dan perang suntingan. Meski kami dapat memahami para penyunting yang mengambil keputusan terburu-buru dalam tekanan, mereka diminta untuk menghormati satu sama lain. Penyunting yang melihat aktivitas suntingan tidak netral diminta untuk menghubungi pengurus.
  • apabila waktu dan kondisi memungkinkan, mulai prosedur pengarsipan sesuai yang dijelaskan di bawah
  • periksa kesalahan penulisan dan kekeliruan fakta di artikel-artikel yang sudah terbit
  • ketahui informasi terkini dengan mendengar radio, menonton televisi, atau membaca sumber berita lain

Peringatan Tingkat 2[sunting sumber]

Peringatan Tingkat 2 berarti Wikimedia Foundation menyimpulkan bahwa sebuah peristiwa global yang tidak memungkinkan Wikipedia beroperasi seperti sediakala akan terjadi dalam kurun 45 menit. Templat Tingkat 3 berwarna merah. Apabila peringatan Tingkat 2 diaktifkan, penyunting diminta untuk:

  • utamakan pemeriksaan kesalahan penulisan dan perbaikan vandalisme
  • segera mulai proses pengarsipan
  • simpan singgahan halaman di peramban web masing-masing supaya pengarsipan dapat dilakukan pada zaman pasca-Wikipedia

Peringatan Tingkat 1[sunting sumber]

Peringatan Tingkat 1 berarti Wikimedia Foundation menyimpulkan bahwa sebuah peristiwa global yang tidak memungkinkan Wikipedia beroperasi seperti sediakala akan terjadi dalam kurun 10 menit. Templat Tingkat 1 berwarna hitam. Apabila peringatan Tingkat 1 diaktifkan, Wikipedia hanya bisa dibaca saja dan penyunting diminta untuk:

  • melanjutkan proses pengarsipan sampai:
    • Wikipedia tidak aktif lagi,
    • akses Internet atau listrik terputus, atau
    • ada peristiwa lain yang memaksa proses pengarsipan terhenti. Bila memungkinkan, penyunting dapat membuat arsip dari versi singgahan halaman yang disimpan di komputer masing-masing.

Templat[sunting sumber]

Contoh templat

Templat peringatan tingkat 3[sunting sumber]

Templat peringatan tingkat 2[sunting sumber]

Templat peringatan tingkat 1[sunting sumber]

Teknik dan prosedur perlindungan data[sunting sumber]

Rencana perlindungan data menggunakan dua pendekatan: transkripsi data terpusat terhadap seluruh konten dan transkripsi tersebar oleh penyunting Wikipedia. Diharapkan dua pendekatan ini dilaksanakan bersama-sama sebagai tindakan pencegahan dalam masa-masa sulit.

Metode dan teknik penyimpanan data tersebar[sunting sumber]

Kotak plastik bersegel yang disimpan di ruang berudara tetap akan menjaga kualitas kertas selama beberapa tahun

Pemindahan artikel ke media non-elektronik[sunting sumber]

Usai pelaksanaan peringatan tingkat 2, penyunting diharapkan langsung memulai transfer ensiklopedia ke media lain. Sebagai tanggap cepat, penyunting disarankan untuk mencetak artikel sebanyak mungkin, tentunya dengan mempertimbangkan keselamatan pribadi pada masa-masa sulit ini. Agar proses pengumpulan lancar, penyunting disarankan untuk memakai ukuran kertas yang lazim di daerahnya masing-masing – Letter di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko, atau A4 di negara-negara lain.

Pendekatan ini memang melelahkan. Ketahui bahwa metode transfer ke media elektronik seperti CD, DVD, atau kandar kilas (flashdisk) justru berlawanan dengan tujuan kebijakan ini. Setelah bencana besar yang memaksa protokol ini diaktifkan, suplai listrik sangat mungkin tidak ada lagi dalam jangka panjang dan butuh waktu puluhan tahun untuk membangkitkan listrik seperti semula. Selain itu, apabila kadar kecanggihan teknologi menurun drastis, masyarakat tidak mampu membaca format digital saat ini. Penyunting diminta unuk mempertimbangkan teknik penyimpanan data jangka panjang.

Halaman Book of Kells, ditulis di kertas kulit, bertahan lebih dari 1.200 tahun

Para penyunting perlu memperhatikan cara penyimpanan artikel setelah dicetak. Dalam jangka menengah, salinan artikel dapat disimpan di kotak kedap udara di ruangan berudara tetap. Akan tetapi, dalam jangka panjang, material yang disimpan dengan cara seperti itu akan pudar atau rusak. Penyunting perlu mempertimbangkan transkripsi artikel ke medium lain seperti kertas kulit. Bila disiapkan dengan baik, kertas kulit dapat bertahan selama beberapa abad.

Penyimpanan, penggunaan, dan lisensi[sunting sumber]

Penyunting perlu memikirkan terlebih dahulu artikel yang perlu disimpan. Rata-rata penyunting tidak perlu menyimpan lebih dari sepersekian persen dari lima juta artikel yang ada di Wikipedia saat ini, kurang lebih sekian ribu artikel. Meski artikel-artikel yang sangat bermanfaat, misalnya peternakan dan kerajinan tangan, harus dimiliki oleh setiap penyunting di dalam arsipnya, mereka juga perlu mempertimbangkan artikel-artikel yang penting dari segi budaya atau bertopik spesifik. Arsip-arsip ini merupakan sumber daya utama untuk keperluan rekonstruksi ensiklopedia, jadi pilihlah dengan bijak.

Pengarsip perlu mempertimbangkan penggunaan tautan halaman acak untuk menemukan artikel yang jarang dibaca. Apabila lebih dari 30 juta penyunting Wikipedia menyimpan kurang lebih 2.000 artikel (perkiraan paling sedikit), setiap artikel Wikipedia akan diarsipkan di beberapa tempat.

Pengarsip perlu berusaha membuka akses ensiklopedia bila memungkinkan. Semua konten ensiklopedia ini berada di bawah lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa. Karena lisensi ini mengizinkan distribusi konten dalam berbagai media, baik komersial maupun non-komersial, salinan artikel boleh dijadikan alat tukar untuk memperoleh makanan dan air, tetapi "semua penulis artikel sebelumnya harus disebutkan" di salinan tersebut.

Meski kami berharap keadaan dunia dapat pulih sehingga informasi dapat ditambahkan ke arsip dan artikel dapat diperbaiki, informasi tambahan tersebut perlu ditandai sebagai informasi baru agar kelayakannya dapat ditentukan kemudian lewat kesepakatan bersama atau mekanisme penyelesaian sengketa.

Dalam jangka panjang, pengarsip diminta untuk mengumpulkan sumber daya ensiklopedia untuk kemaslahatan bersama. Kami menyarankan model kolaborasi berdasarkan Laporan Leibowitz-Canticle tahun 1960-an yang menjelaskan pengumpulan arsip di lokasi terpusat sehingga dapat dijadikan pusat rekonstruksi ensiklopedia.

Transkripsi terpusat ke media non-elektronik[sunting sumber]

Diagram yang menggambarkan prinsip penulisan laser

Selain prosedur di atas, strategi alternatif akan dilaksanakan di instalasi server Wikimedia. Ketika protokol KPB dijalankan, versi Wikipedia yang dipahat oleh laser akan dibuat di lempeng logam antikarat untuk menyimpan setiap halaman dalam ukuran kecil.

Wikipedia versi ini akan disimpan di ruang besi di daerah yang geologinya stabil. Walaupun metode ini menghalangi akses ensiklopedia secara bebas, metode ini menjamin keberadaan rekaman sejarah Wikipedia yang akurat untuk generasi masa depan, ketika umat manusia kembali menguasai teknologi yang diperlukan untuk mengakses informasi ini.

Skenario terburuk: memikirkan sesuatu yang tak terpikirkan[sunting sumber]

Gambaran data utama pesan Wikipedia

Meski sebagian besar bencana dapat dilalui umat manusia, peristiwa kepunahan juga dapat dilalui walaupun tidak mungkin. Serangkaian rencana perlu dirumuskan untuk melindungi ensiklopedia ini di lingkungan luar Bumi. Satgas Perlindungan Data Wikipedia telah bekerja sama dengan berbagai badan ilmu pengetahuan di berbagai negara untuk mengakses teleskop radio di seluruh dunia.

Wikipedia sudah membuat cadangan pangkalan data, rekaman data dari pangkalan data Wikipedia, secara rutin. Data ini dikompres/dipadatkan menggunakan metode pemadatan data Honda-Beech yang sangat efisien dengan rasio maksimal 1.000.000:1. Apabila peristiwa kepunahan diprediksi terjadi dalam waktu dekat, data ini akan dikirim dari teleskop radio di seluruh dunia ke 300 bintang terdekat dan pusat galaksi.

Arus data ini meliputi data utama yang dirancang khusus, yaitu rangkaian prinsip ilmiah sederhana dan data yang dapat dipahami oleh semua makhluk cerdas di luar Bumi, dengan acuan umum agar penerima sinyal dapat memecahkan makna pesan dan mengakses ensiklopedia ini. Pesan ini juga menyertakan video singkat oleh pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, dan foto-foto yang diperlukan untuk membuat iklan penggalangan dana.

Walaupun ini upaya terakhir untuk menyelamatkan pengetahuan umat manusia, kami berharap suatu hari di masa depan dan bertahun-tahun cahaya dari Bumi, makhluk yang kecerdasannya jauh berbeda dengan kita mampu mengamati dan memahami karya umat manusia. Seperti kata Jimmy Wales dalam pesannya untuk makhluk luar angkasa: