Wikipedia:Artikel Pilihan/18 2014

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hidayat Nur Wahid

Hidayat Nur Wahid adalah seorang politisi, dosen, dan legislator Indonesia. Ia merupakan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat yang ke-11, menjabat dari Oktober 2004 hingga Oktober 2009, dan duduk di Dewan Perwakilan Rakyat dari tahun 2004 hingga kini. Ia juga merupakan salah satu deklarator dan presiden kedua Partai Keadilan Sejahtera.

Lahir dari lingkungan keluarga Muslim taat di Jawa Tengah, ia kuliah di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebelum menempuh studi magister dan doktor di Universitas Islam Madinah. Karier politiknya dimulai setelah ikut mendeklarasikan berdirinya Partai Keadilan (PK) pada tanggal 20 Juli 1998. Kemudian, ia menjadi ketua partai tersebut sejak bulan Mei 2000, dan ikut berperan dalam mentransformasikan PK menjadi PKS pada bulan Juli 2003. Mengundurkan diri dari jabatan presiden pada Oktober 2004 setelah terpilih menjadi wakil rakyat di DPR pada pemilihan umum 2004, ia kemudian terpilih pula menjadi Ketua MPR untuk periode 2004-2009.

Pada tahun 2012, ia turut serta dalam pemilihan umum Gubernur DKI Jakarta sebagai calon gubernur dengan menggandeng Didik J. Rachbini dari Partai Amanat Nasional; namun pada putaran pertama, ia hanya menempati peringkat ketiga di bawah Joko Widodo dan Fauzi Bowo, sehingga gagal lolos ke putaran kedua. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Aburizal BakriePrabowo SubiantoJoko Widodo