Wappin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Wappin
Versi pertama2018
Sunting di Wikidata Sunting di Wikidata • Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini


Wappin adalah salah satu produk SPE Solution (PT Solusi Pembayaran Elektronik) dan merupakan WhatsApp Business Solution Provider (BSP). Wappin menyediakan solusi komunikasi digital bagi perusahaan berbagai skala dalam bentuk WhatsApp Business Platform. Layanan Wappin dapat digunakan perusahaan untuk berbagai kegiatan pemasaran, penjualan, otomasi alur bisnis, dan pusat pelayanan pelanggan (customer service).

PT Solusi Pembayaran Elektronik
SPE Solution
IndustriTeknologi Keuangan
Didirikan2016
Kantor
pusat
Tangerang
,
Indonesia
Karyawan
150 - 300
Situs webspesolution.com

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Wappin dikembangan pada tahun 2018 setelah PT Solusi Pembayaran Elektronik resmi menjadi Business Solution Provider dari WhatsApp, yang merupakan anak perusahaan dari Facebook (sekarang Meta). Layanan yang dipasarkan oleh Wappin pada saat itu merupakan WhatsApp API.

Wappin pada awalnya dihadirkan PT Solusi Pembayaran Elektronik sebagai layanan tambahan bagi berbagai klien serta mitra bisnis yang umumnya merupakan perusahaan perbankan dan keuangan. Wappin mulanya berperan aktif dalam digitalisasi finansial perbankan, seperti membantu pengiriman informasi pembayaran dan laporan transaksi keuangan, pengiriman kode OTP, dan berbagai informasi keuangan lainnya melalui WhatsApp.

Pada tahun 2019, Wappin melakukan ekspansi ke perusahaan-perusahaan besar di berbagai industri dengan menghadirkan layanan WhatsApp Business API. Ekspansi ini diinisiasi setelah digelarnya Wappin Talks, kegiatan wicara dan webinar Wappin, yang pertama di SCBD, Jakarta Selatan, Indonesia.

Pada tahun 2020, Wappin mulai mengembangkan layanan tambahan berupa chat panel sebagai platform Customer Relationship Management (CRM) sederhana yang mampu mengoptimasi kinerja tim customer service bisnis.[1] Aplikasi chat panel yang dikembangkan Wappin merupakan aplikasi web dan mendukung fitur chatbot. Dengan hadirnya layanan chat panel, Wappin pada tahun tersebut secara umum menyediakan dua layanan WhatsApp bagi bisnis, yakni layanan broadcast dan layanan customer service.[2]

Di tahun yang sama, Wappin juga menjalin kerjasama bisnis dengan berbagai perusahaan pengembang kecerdasan buatan. Di antaranya, Wappin bekerja sama dengan Botika dan Lenna guna menghadirkan layanan WhatsApp Business Platform yang dilengkapi dengan fitur chatbot berbasis kecerdasan buatan dan layanan omnichannel.

Pada tahun 2021 hingga 2022, Wappin memperluas pasar yang dituju dengan mulai menghadirkan solusi WhatsApp Business Platform bagi perusahaan dengan skala yang lebih kecil, seperti CV atau UMKM.[3] Upaya Wappin untuk membantu akselerasi digitalisasi UMKM di Indonesia ini telah diliput oleh berbagai media nasional, seperti Detik, SWA, dan JPNN.

Produk dan Layanan[sunting | sunting sumber]

Wappin menyediakan berbagai layanan komunikasi bagi bisnis melalui WhatsApp dalam bentuk WhatsApp Business Platform.[4] Layanan utama WhatsApp Business Platform Wappin merupakan layanan WhatsApp API, WhatsApp Broadcast, dan WhatsApp Customer Service. Di samping layanan dalam bentuk produk digital berbasis komputasi awan dan API, Wappin juga menyediakan layanan customer support dengan nama Help Desk yang aktif selama 24/7.

Layanan Wappin support mencakup berbagai bantuan teknis seperti integrasi API dan bantuan non teknis seperti bantuan verifikasi untuk mendapatkan centang hijau (green tick) pada WhatsApp. Selain itu, Wappin support juga menyediakan bantuan verifikasi templat pengiriman pesan yang dibuat bisnis dan harus lulus proses pratinjau WhatsApp sebelum bisa digunakan. Layanan bantuan yang diberikan Wappin bersifat freemium bagi seluruh klien atau pengguna.

Selain berbagai layanan utama tersebut, Wappin juga menghadirkan layanan tambahan yakni WhatsApp Business Platform versi on-premise, OTP Generator dan WhatsApp Chatbot yang bisa dibuat tanpa coding. Dari hasil kerjasama bisnis dengan perusahaan lain, Wappin juga menghadirkan layanan chatbot berbasis kecerdasan buatan pada WhatsApp dan layanan omnichannel yang terintegrasi dengan WhatsApp.[5]

Seluruh layanan Wappin dikelola oleh PT Solusi Pembayaran Elektronik dan dapat dipastikan dari segi keamanan dan kerahasiaan data dan informasi. Hal ini karena PT Solusi Pembayaran Elektronik telah memperoleh sertifikasi ISO 27001.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Intip Kemudahan Layanan WA Business API Wappin Untuk CS Bisnis". SWA. Diakses tanggal 21 Mei 2022. 
  2. ^ Febrinastri, Fabiola. "Layanan WhatsApp Business API Wappin Bantu Customer Service Jadi Lebih Efektif dan Efisien". Suara.com. Diakses tanggal 21 Mei 2022. 
  3. ^ "Ini Dia Cara Urus WhatsApp Business Buat UMKM". detikcom. Diakses tanggal 21 Mei 2022. 
  4. ^ Sutriyanto, Eko. Aji, Wahyu, ed. "Menaikkan Omset Penjualan Menggunakan WhatsApp Business Platform". Tribunnews.com. Diakses tanggal 21 Mei 2022. 
  5. ^ "Tak Hanya WhatsApp Business Platform, Wappin Juga Sediakan Layanan Omnichannel". Harian Pijar. Diakses tanggal 21 Mei 2022. 
  6. ^ "SPE Solution Raih Sertifikasi Keamanan Data". Tempo.co. Diakses tanggal 21 Mei 2022.