Walcheren

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Walcheren
Bekas pulau
Menara Campveer di Veere, dibangun tahun 1500
Menara Campveer di Veere, dibangun tahun 1500
Location of Walcheren
NegaraBelanda
ProvinsiZeeland
KotamadyaMiddelburg
Veere
Vlissingen
Luas
 • Total215,72 km2 (8,329 sq mi)
Populasi
 (2003)
113,546
 • Kepadatan526/km2 (1,360/sq mi)
Kode pos
4330-4399
COROP
Walcheren
Kode area telepon0118
Jalan-jalan utamaA58, N57, Zeeuwse lijn

Walcheren adalah sebuah kawasan yang terletak di muara Sungai Scheldt di provinsi Zeeland, Belanda. Awalnya Walcheren merupakan sebuah pulau, tetapi pembangunan polder dan bendungan di Oosterschelde telah menghubungkan pulau ini dengan Zuid-Beveland yang sebelumnya juga merupakan sebuah pulau. Zuid-Beveland sendiri terhubung dengan daratan Brabant Utara.

Kawasan ini terletak di antara Oosterschelde di utara dan Westerschelde di selatan. Middelburg terletak di tengahnya dan merupakan ibu kota Provinsi Zeeland. Kota Vlissingen terletak di pesisir selatan Walcheren dan merupakan pelabuhan utama di Zeeland. Kota ketiga di kawasan ini adalah Veere.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada masa Romawi, pulau ini berfungsi sebagai tempat keberangkatan kapal yang menuju ke Britania. Di tempat ini terdapat kuil untuk dewi Nehalennia yang dipuja oleh mereka yang berani mengarungi perairan Laut Utara. Bangsa Romawi menjuluki pulau ini "Wallacra".

Pulau ini juga dikenal sebagai tempat pendaratan 39.000 pasukan Britania Raya selama kampanye militer Walcheren. Mereka mendarat pada tanggal 30 Juli 1809 dengan tujuan untuk membantu Austria melawan Napoleon. Mereka hendak menyerang armada Prancis di Flushing (Vlissingen). Ekspedisi ini gagal total karena bangsa Austria sudah mengalami kekalahan besar dalam Pertempuran Wagram pada awal Juli dan meminta berdamai. Sementara itu, armada Prancis sudah dipindah ke Antwerpen, dan 4.000 pasukan Britania gugur akibat penyakit yang dijuluki "Demam Walcheren". Pasukan Britania pun mundur pada bulan Desember.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]