Volvo YCC

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Volvo YCC.

Volvo YCC (singkatan dari "Your Concept Car") adalah mobil konsep karya produsen mobil Volvo yang dipresentasikan pada tahun 2004, dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan para pengemudi wanita. Untuk hal ini, pada musim semi tahun 2001, Volvo membentuk tim perancang yang seluruhnya wanita. Perancangan mobil ini adalah suatu bentuk penelitian besar-besaran terhadap masalah ergonomik yang difokuskan untuk wanita. Orang-orang yang terlibat dalam berbagai tahapan perancangannya adalah: Maria Widell Christiansen, Eva-Lisa Andersson, Elna Holmberg, Maria Uggla, Camilla Palmertz, Cynthia Charwick, Anna Rosén, Lena Ekelund, dan Tatiana Butovitsch Temm.

Dari luar, mobil ini tampak seperti mobil coupe empat penumpang yang agak futuristik, tetapi jika dilihat lebih teliti, akan tampak bahwa mobil ini tak memiliki tutup mesin, artinya, mesin mobil tak bisa dibuka. Untuk pemeliharaan mesin, seluruh penutup bagian depan mobil harus dibuka, seharusnya di tempat yang memiliki peralatan untuk itu. Tetapi, hal ini tak perlu sering dilakukan: mesinnya hanya butuh penggantian oli setelah 50.000 kilometer dan mobil ini secara otomatis akan menghubungi bengkel beberapa waktu sebelum butuh diservis. Lubang untuk mengisi air wiper terletak tepat di sebelah lubang pengisian bahan bakar gas. Kedua lubang pengisian ini berbentuk ball valve yang tak ada tutupnya. Salah satu hasil survey yang dilakukan Volvo mengatakan bahwa para pengemudi wanita tak menyukai adanya tutup mesin.

Mobil ini bisa tetap jalan walaupun dengan ban kempes karena rodanya dirancang seperti roda kendaraan lapis baja. Hal ini untuk menghindari penggantian ban di tepi jalan dan penggantian ban dapat dilakukan di bengkel.

Volvo YCC dengan pintu sayap burung camar.

Pintu mobilnya berbentuk sayap burung camar yang dibuka ke atas, sebagaimana pintu bagasi hatchback-nya yang juga dibuka ke atas. Ketiga pintu ini menggunakan sistem "tanpa kunci". Jika tombol yang ada pada gantungan kunci ditekan, pintu terdekat akan terbuka. Hal ini memudahkan jika Anda sedang membawa tas atau barang-barang belanjaan tanpa perlu meletakkannya terlebih dahulu di tanah.

Bagian dalam mobil ini dimaksimalkan untuk tempat barang serta keindahan. Seluruh penutup bagian dalamnya bisa dilepas dengan mudah untuk mengganti-ganti pilihan warna maupun bahan. Pada bagian kepala senderan kursinya terdapat belahan bagi para wanita yang rambutnya diikat ke belakang. Tongkat penggantian gigi serta rem tangan ditiadakan, dan diganti dengan tombol-tombol pada kemudi, untuk memudahkan orang yang duduk di kursi depan membuka kompartemen penyimpanan barang yang luas di dashboard. Kursi belakangnya bisa dilipat agar barang-barang yang cukup besar dapat diletakkan di sana tanpa perlu diletakkan di bagasi.

Yang terakhir, mesin mobil ini beremisi rendah, serta merupakan campuran antara mesin berbahan bakar gas dan mesin bertenaga listrik, yang menghasilkan tenaga besar namun ramah lingkungan.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Kesembilan wanita di balik Volvo YCC (dari kiri ke kanan): Maria Widell Christiansen, Eva-Lisa Andersson, Elna Holmberg, Maria Uggla, Camilla Palmertz, Cynthia Charwick, Anna Rosén, Lena Ekelund, dan Tatiana Butovitsch Temm.

Pada 3 November 2005, tim perancang Volvo YCC memperoleh penghargaan Torsten och Wanja Söderbergs Pris, salah satu penghargaan dalam bidang rancang-bangun paling bergengsi di dunia. Kesembilan wanita ini memperoleh hadiah uang sebesar 65.000 USD[1].

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Volvo Cars

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

(Inggris) Concept Lab Volvo (CLV)

Referensi[sunting | sunting sumber]