Viva Home

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Viva Home adalah pusat perbelanjaan yang terletak di sepanjang Jalan Loke Yew di kota Kuala Lumpur, Malaysia.[1][2] Pertama kali dibuka pada tahun 1996 sebagai Plaza UE3, mengalami periode penurunan dan kemudian direnovasi sebagai Viva Home.

Sebagai Plaza UE3[sunting | sunting sumber]

Plaza UE3 atau Plaza Uncang Emas dibangun pada tahun 1995 dan dibuka sekitar bulan Januari 1996. Ia memiliki Xtra Supercenter sebagai penyewa utamanya. Plaza UE3 menampilkan poros elevator yang di atasnya terdapat menara jam. Xtra Supercenter tiba-tiba ditutup pada awal tahun 2000 dan menandai dimulainya periode penurunan kompleks tersebut. Banyak toko tutup. Hanya sedikit yang berhasil bertahan.

Pada akhir 2003, kompleks tersebut diakuisisi oleh Danaharta dan Hai-O Group. Kompleks ini diperbaharui sebagai MCC City (Perdagangan Malaysia-Tiongkok). Masuknya toko-toko yang menjual barang-barang Tiongkok seperti barang antik, buku, alat tulis, perabotan, dan obat-obatan tradisional Tiongkok menghidupkan kembali kompleks tersebut, tetapi tidak lama. Supermarket yang dikenal sebagai D-Choice Supermarket dibuka di bekas lokasi Xtra Supercenter. Supermarket tutup pada awal 2007. Toko-toko yang menjual barang-barang Tiongkok juga mulai tutup satu per satu. Pada 2009, kompleks tersebut pada dasarnya dianggap 'mati'.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "A first of its kind". The Star. 5 December 2009. Diakses tanggal 15 June 2011. [pranala nonaktif permanen]
  2. ^ "Wholesale fashion city up soon". New Straits Times. 31 January 2011. Diakses tanggal 15 June 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]