Visakhi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Visakhi atau Vaisakhi (Punjabi: ਵਿਸਾਖੀ) visākhī), juga dikenal sebagai Baisakhi, Vaishakhi, atau Vasakhi adalah festival yang dirayakan di seluruh benua India utara, terutama di wilayah Punjab oleh komunitas Sikh. Baru-baru ini, festival ini juga dirayakan di seluruh dunia dimana ada perayaan kaum Sikh. Bagi masyarakat Sikh, festival ini memperingati pembentukan Khalsa. Hal ini juga dirayakan oleh umat Hindu dan Buddha untuk alasan yang berbeda, termasuk saat awal tahun baru.

Pentingnya untuk Sikh[sunting | sunting sumber]

Festival ini dikenakan penting bagi kalangan Sikh karena pada Hari Vaisakhi yaitu pada tahun 1699, Guru Sikh ke-10, Guru Gobind Singh meletakkan dasar dari [[khalsa | Panth Khalsa] ], yaitu Orde Pure Ones. Hari ini juga disamakan sebagai hari syukuran oleh petani, dimana petani membayar upeti, berterima kasih pada Tuhan untuk panen yang melimpah dan berdoa untuk kemakmuran masa depan. Vaisakhi adalah salah satu festival penting yang dirayakan dengan menyenangkan dan semangat oleh orang-orang dari agama lain juga.

Vaisakhi dalam agama Hindu dan agama lainnya[sunting | sunting sumber]

Untuk umat Hindu, Vaisakhi dirayakan pada awal Tahun Baru, dan dirayakan dengan ketentuan mandi, berpesta, dan beribadah. [1]. Diyakini bahwa ribuan tahun yang lalu, Dewi Gangga turun ke bumi. Dan sebagai tanda hormat kepadanya, banyak orang Hindu berkumpul di sepanjang tempat keramat yaitu Sungai Gangga untuk mandi ritual. Festival ini berpusat di kota-kota suci sepanjang Sungai Gangga di India utara, atau di Srinagar Mughal Gardens, Jammu yang Nagbani Temples-, atau di mana saja di Tamil Nadu. Tanaman tiang Hindu (dibungkus dalam bendera sutra bersulam emas) di depan rumah mereka, dan menggantung pot kuningan, tembaga atau perak di atas.

Dalam Kerala, festival ini disebut 'Vishu'. Mereka melakukan penyalaan kembang api, belanja baju baru yang menarik yang disebut 'Vishu Kani'. Dan juga menyusunan bunga, biji-bijian, buah-buahan, kain, emas, dan uang dipandang pagi, untuk memastikan satu tahun kemakmuran.

Dalam Assam, festival ini disebut Bohag Bihu, dan masyarakat menyelenggarakan pesta besar, musik, dan menari.

Swami Dayanand Saraswati mendirikan Arya Samaj pada Vaisakhi, pada tahun 1875.

Terlepas dari Sikh dan Hindu, Vaisakhi adalah hari penting bagi Buddha juga. Nama ini Vesakha, Vaisakha, Waisak atau Waisak. Ini memperingati Kelahiran, Kebangkitan dan Passing Tercerahkan Jauh dari Buddha Gautama yang lahir sebagai pangeran Siddharta.

Perayaan[sunting | sunting sumber]

Vaisakhi biasanya dirayakan pada tanggal 13 April, dan kadang-kadang pada 14 April, di daerah yang berbeda yaitu di seluruh dunia yang sebagai orang Sikh telah bermigrasi ke luar negeri.

Di Punjab Timur[sunting | sunting sumber]

Perayaan utama berlangsung di Talwandi Sabo (di mana Guru Gobind Singh tinggal selama sembilan bulan dan menyelesaikan kompilasi ulang dari Guru Granth Sahib), dan di Gurudwara di Anandpur Sahib (lihat gambar di atas), tempat kelahiran Khalsa dan pada Golden Temple di Amritsar

Di Punjab Barat[sunting | sunting sumber]

Vaisakhi secara luas dirayakan oleh Sikh dalam Punjab Barat (Pakistan) juga, dengan perayaan berpusat pada Panja Sahib kompleks Hasan Abdal, banyak Gurudwara dalam Nankana Sahib, dan di berbagai situs sejarah di Lahore. Hal ini secara kultural dan tradisional dianggap sebagai sebuah festival Punjabi penting dan signifikan, lanjut dicontohkan oleh ribuan peziarah Sikh dari seluruh dunia tiba setiap tahun untuk memperingati hari di situs Sikh suci Nankana Sahib dan Hasan Abdal. Selanjutnya, daerah Pakistan menawarkan keinginan baik mereka dan menyambut para peziarah yang masuk. Pada bulan April 2009, Pakistan Sikh Gurdwara Komite Prabandhak mengumumkan rencana untuk secara resmi mengorganisir acara pada skala yang lebih besar di dalam negeri serta mengungkapkan niat untuk pengaturan elegan. Pada tahun 2010, lebih dari 20.000 jamaah diperkirakan tiba di Pakistan untuk perayaan, peningkatan yang signifikan selama tahun-tahun sebelumnya.

Di Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris[sunting | sunting sumber]

Di Amerika Serikat, biasanya ada parade memperingati perayaan Vaisakhi. Dalam Manhattan, New York City[2] orang keluar untuk melakukan " Seva" (pelayanan tanpa pamrih) seperti memberikan makanan gratis, dan menyelesaikan setiap pekerjaan lain yang perlu dilakukan. Dalam Los Angeles, California, masyarakat Sikh lokal yang terdiri dari lebih dari 20 Gurdwara s memegang sehari penuh Kirtan (musik spiritual) Program diikuti oleh dua mil parade di pusat kota Los Angeles dengan perkiraan 15.000 peserta. Masyarakat Sikh lokal dalam Vancouver, Abbotsford dan Surrey, British Columbia, Kanada memegang perayaan Vaisakhi tahunan di bulan April akhir pekan panjang, yang sering kali berisi Nagar Kirtan (parade) yang diperkirakan 200.000 orang hadir.

The Inggris memiliki komunitas Sikh besar yang didirikan pada tahun 1960 dengan kedatangan imigran dari sub-benua India, dan yang meningkat pada tahun 1970 dengan pengungsi dari Afrika Timur dan pada 1990-an dengan pengungsi dari Afghanistan. Konsentrasi terbesar Sikh di Inggris dapat ditemukan di Birmingham di West Midlands dan Southall di barat London. The Southall Nagar Kirtan diadakan pada hari Minggu satu atau dua minggu sebelum Vaisakhi, dan menarik antara 40.000 sampai 75.000 orang ke jalan. The Birmingham Nagar Kirtan diadakan pada akhir April dalam hubungannya dengan Birmingham City Council, http://www.birmingham.gov.uk/vaisakhi dan itu adalah acara tahunan menarik sekitar 100.000 orang yang dimulai dengan dua Kirtan nagar terpisah berangkat dari Gurdwaras di kota dan berpuncak pada Vaisakhi Mela di Handsworth Taman [3]

Malaysia[sunting | sunting sumber]

Komunitas Sikh adalah minoritas di Malaysia. Saat ini, Vaisakhi bukan hari libur umum. Namun, sejalan dengan semangat 1Malaysia, perdana menteri, Najib Razak telah mengumumkan bahwa mulai 2013, semua pegawai pemerintah dari masyarakat Sikh akan diberikan hari libur pada hari Vaisakhi.

Gaya perayaan di Punjabi[sunting | sunting sumber]

Untuk menandai perayaan, Sikh umat umumnya menghadiri Gurdwara sebelum fajar dengan bunga dan sesajen di tangan. Prosesi melalui kota-kota juga umum.

Punjabi menetapkan arti sangat berbeda dengan Vaisakhi. Di daerah pedesaan Punjab mereka merayakan dengan penuh kebahagiaan dan sukacita. Mereka bisa ditangkap performing Bhangra Tarian ini berat bercerita tentang proses pertanian, mulai dari pengolahan tanah melalui panen.. Oleh karena itu mempersiapkan orang-orang Punjab untuk kegembiraan musim panen yang dimulai pada hari berikutnya. Ini adalah hari perayaan dan kegembiraan sebelum hard, melelahkan tapi kali berbuah depan.

Di daerah lain dari India[sunting | sunting sumber]

Makna khusus yang melekat pada kesempatan menunjukkan variasi regional di luar Punjab.

Hari ini juga diamati sebagai awal Hindu surya tahun baru dirayakan oleh orang di seluruh Assam Lembah, Kerala, Odisha, Benggala Barat , Uttrakhand dan daerah lain India. Dalam Himachal Pradesh, Hindu Dewi Jwalamukhi disembah pada hari, sedangkan di Bihar, dewa Matahari Surya dihormati. Hal ini juga dirayakan dari India Nepal dan Sri Lanka.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]