Vijay Mallya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Vijay Mallya
Lahir 18 Desember 1955 (umur 59)
Bendera India New Delhi, India
Pekerjaan Pengusaha
Tahun aktif 2006-...
Tempat kerja Force India

Vijay Mallya (lahir 18 Desember 1955; umur 59 tahun) adalah seorang pengusaha asal India. Ia saat ini menjabat sebagai CEO tim Force India Formula 1. Selain itu ia juga memiliki beberapa usaha lain seperti minuman bir Kingfisher dan perusahaan penerbangan Kingfisher Airlines.

Profil[sunting | sunting sumber]

Pengusaha[sunting | sunting sumber]

Mallya, yang lahir di New Delhi merupakan chairman dari United Breweries Holdings Limited, yang merupakan pemegang hak nama Kingfisher (bir dan penerbangan). Selain di kedua bidang tadi, United Breweries juga memiliki usaha di bidang kesehatan, pupuk, engineering, dan masih banyak lagi.

Selain sukses sebagai pengusaha, Mallya juga merupakan seorang anggota parlemen. Ia telah menjadi anggota parlemen sejak tahun 2002. Ia merupakan anggota parlemen dari kawasan pemilihan Karnataka. Ia maju sebagai calon independent, dan mengalahkan saingannya dari partai penguasa.

Mallya juga sukses mengakusisi beberapa perusahaan lain di India seperti Wyhte & Mackay, Tata, Corus, dan Mahindra. Ia melihat bahwa India punya prospek untuk bisa bersaing di kancah perekonomian internasional suatu saat nanti.

Formula 1[sunting | sunting sumber]

Awal 2007 Mallya sebenarnya sudah masuk ke F1 saat menjadi sponsor tim Toyota melalui brand Kingfisher Airlines. Namun ia ingin lebih dari itu. Ia ingin agar India mempunyai tim balap sendiri.

Keinginan Mallya terwujud saat ia membeli tim Spyker dari Michiel Mol pada September 2007. Dan pada Desember 2007, nama tim resmi berubah menjadi Force India. Sayangnya ia sampai saat ini masih enggan untuk memakai pembalap asli India. Namun ia tidak menutup kemungkinan di beberapa tahun mendatang, Force India setidaknya akan memakai satu pembalap asli India.

Mallya berkeinginan agar F1 bisa jadi tayangan TV favorit di India, sebab selama ini penayangan F1 hanya ada di TV berbayar. Ia ingin di 2009 nanti F1 bisa ada di TV gratis.

Kriket[sunting | sunting sumber]

Selain F1, Mallya juga terjun di kriket yang notabene merupakan olahraga favorit di India. Saat ini ia menjadi ketua komisi kriket India. Ia juga mendanai tim kriket New Delhi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]