VfB Stuttgart

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
VfB Stuttgart
Vfb Stuttgart.png
Nama lengkap Verein für Bewegungsspiele Stuttgart 1893 e.V.
Julukan Die Roten
Die Schwaben
Die jungen Wilden
Didirikan 1893
Stadion Mercedes-Benz Arena,
Stuttgart
(Kapasitas: 60.441)
Presiden Bernd Wahler
Direktur olahraga Fredi Bobic
Jochen Schneider
Pelatih Thomas Schneider
Liga Bundesliga
Posisi 2011–12 ke-6, Bundesliga
Situs web Situs web resmi klub
Kostum kandang
Kostum tandang
Kostum 3rd
Soccerball current event.svg Musim ini

VfB Stuttgart merupakan sebuah klub sepak bola Jerman yang bermarkas di Stuttgart dengan 31.082 penggemar (14 Desember 2006), VfB merupakan klub sepak bola terbesar ketujuh di Jerman dan merupakan klub terbesar di Baden-Württemberg.

Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Gottlieb-Daimler-Stadion yang berkapasitas 55.900 kursi. Seragam mereka berwarna putih.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pendirian[sunting | sunting sumber]

Verein für Stuttgart Bewegungsspiele dibentuk 2 April 1912 melalui penggabungan dari sisi pendahulunya Stuttgarter FV dan Kronen-Club Cannstatt setelah pertemuan di hotel Concordia di Cannstatt. Masing-masing klub-klub ini terdiri dari murid sekolah dengan akar kelas menengah yang baru belajar olahraga seperti rugby union dan sepak bola dari bahasa Inggris pionir.

FV Stuttgart[sunting | sunting sumber]

Fußballverein Stuttgarter didirikan di hotel Becher Zum di Cannstatt pada tanggal 9 September 1893. FV pada awalnya sebuah klub rugby, bermain pertandingan di Stockach-Eisbahn sebelum pindah ke Cannstatter Wasen pada tahun 1894. Klub rugby mendirikan bagian sepak bola pada tahun 1908. Tim pemain menarik terutama dari sekolah-sekolah setempat, di bawah arahan guru Carl Kaufmann, dan dengan cepat mencapai keberhasilan pertama; pada 1909 mereka runner-up untuk FSV 1897 Hannover dalam rugby nasional terakhir, kalah 6-3. Rugby segera digantikan oleh klub sepak bola di dalam, sebagai penonton menemukan permainan terlalu rumit untuk diikuti.

Pada tahun 1909 bergabung dengan Süddeutschen FV Fußballverband (Asosiasi Sepak Bola Jerman Selatan), bermain di lapis kedua B-Klasse. Dalam musim kedua FV memenangkan final melawan pasangan merger masa depan Kronen-Klub Cannstatt sebelum dikalahkan oleh FV Zuffenhausen di county kejuaraan yang akan melihat sisi dipromosikan. Mereka akhirnya maju ke senior Südkreis-Liga pada tahun 1912.

Kronen-Klub Cannstatt[sunting | sunting sumber]

Cannstatter Fußballklub dibentuk sebagai klub rugby pada tahun 1890 dan juga dengan cepat membentuk tim sepak bola. Klub ini dibubarkan setelah beberapa tahun hanya bermain dan mantan anggota mengorganisasi diri kembali sebagai FC Cannstatt Krone pada tahun 1897 untuk bersaing sebagai bola-hanya sisi. Tim baru bergabung dengan Süddeutschen Fußballverband (SFV) sebagai kedua dan memenangkan klub divisi promosi pada tahun 1904. Cannstatt memiliki kandang mereka sendiri, yang masih ada hingga sekarang sebagai rumah TSV Münster.

Setelah 1912 penggabungan kedua klub, sisi gabungan bermain di Kreisliga pertama di Württemberg dan kemudian di Baden-Württemberg Bezirksliga, mengklaim gelar di sana pada tahun 1927. Klub juga membuat beberapa penampilan di putaran final dari SFV pada akhir 20-an dan awal 30-an.

1933-1945[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1933 sepak bola Jerman mengorganisasi ulang di bawah enam belas Reich Ketiga ke divisi terkemuka disebut Gauligen. Stuttgart bermain di Gauliga Württemberg dan menikmati keberhasilan yang ada, memenangkan gelar divisi pada tahun 1935, 1937, 1938, 1940, dan 1943 sebelum sistem Gauliga berakhirpada tahun1944-45. Klub memiliki persaingan kuat dengan Stuttgarter Kickers sepanjang periode ini.

VfB's Gauliga yang diterima tim masuk ke babak playoff nasional, dengan hasil terbaik mereka datang pada tahun 1935 ketika mereka maju ke final di mana mereka kalah 4-6 kepada juara bertahan Schalke 04. Setelah hasil tempat ketiga di tingkat nasional pada tahun 1937, Stuttgart tidak dapat berada pada penampilan berikutnya untuk maju keluar dari putaran awal.

Kejuaraan 1950-an[sunting | sunting sumber]

Setelah perang, VfB terus bermain sepak bola divisi pertama di Oberliga Süd, merebut gelar di sana pada tahun 1946, 1952, dan 1954. Tim juga membuat penampilan biasa dalam putaran kejuaraan Jerman muncul sebagai juara nasional pada tahun 1950 dan 1952, dan berakhir sebagai runner-up pada tahun 1953. Tahun 1950-an, klub juga dua kali memenangkan Piala Jerman (1954 dan 1958). Tim yang memenangkan empat gelar dalam delapan tahun ini dipimpin oleh Robert Schlienz yang telah kehilangan lengan kirinya dalam kecelakaan mobil. Tidak ada pemain dari Stuttgart yang dipilih untuk tim yang memenangkan Piala Dunia FIFA 1954.

Bundesliga 1963[sunting | sunting sumber]

Karena kompetisi internasional yang menyebabkan hasil yang mengecewakan pada tahun 1958 dan Piala Dunia 1962, DFB memperkenalkan satu liga profesional pada tahun 1963. Stuttgart bermain sangat konsisten dan baik sepanjang tahun 1950-an mereka mendapat tempat di antara enam belas klub yang akan membentuk Bundesliga. Klub, sebagai organisasi amatir dan karena pepatah kesederhanaan Swabia, ragu-ragu untuk menghabiskan uang, dan beberapa pemain terus bekerja dalam pekerjaan sehari-hari. Sepanjang pertengahan dekade ke-70an klub umumnya akan mendapatkan hasil pertengahan. Satu dari sedikit bintang waktu itu Gilbert Gress dari Strasbourg.

1972-1973 tim di kualifikasi untuk Piala UEFA untuk pertama kalinya dan maju ke semifinal turnamen tahun 1974 di mana mereka akhirnya dikalahkan oleh Feyenoord Rotterdam (1-2, 2-2). 1975-2000 era Presiden MV

VfB Stuttgart berada dalam krisis di pertengahan 1970-an, setelah ketinggalan tren baru seperti sponsor. Upaya untuk mengejar ketinggalan dengan tingkat profesionalisme baru dengan menghabiskan uang gagal. Menjelang akhir musim 1974-75, dengan tim dalam bahaya menjadi diserahkan ke Bundesliga kedua (2. Bundesliga), politikus lokal Gerhard Mayer-Vorfelder terpilih sebagai presiden baru. Namun, akhir dalam pertandingan VfB berada di peringkat 16 dan kehilangan status Bundesliga. Musim pertama di liga kedua, dianggap sebagai yang terburuk dalam sejarah, VfB berakhir dengan menjadi peringkat 11, bahkan kehilangan pertandingan kandang melawan saingan lokal SSV Reutlingen di depan penonton hanya 1.200 penonton.

Dengan pelatih baru Jürgen Sundermann dan bakat-bakat baru seperti Karlheinz Forster dan Hansi Müller, tim Ottmar Hitzfeld mencetak gol sekitar seratus dalam 1976-77 dan dengan demikian kembali ke atas penerbangan bermain setelah hanya dua musim.

Tim muda populer untuk ofensif dan bermain skor tinggi, tapi menderita dari kurangnya pengalaman. Pada akhir 1977-78, yang VfB menempati peringkat 4, tetapi kehadiran rata-rata lebih dari 53.000 mengatur catatan liga sampai tahun 1990-an. Mereka membuat lain Piala UEFA penampilan semi final pada tahun 1980 dan menyampaikan sejumlah atas empat selesai dalam perjalanan mereka menuju gelar Bundesliga pertama mereka - klub ketiga gelar nasional - pada tahun 1984, kini di bawah pelatih Helmut Benthaus.

Pada tahun 1986, VfB kehilangan final Piala Jerman 2-5 untuk Bayern Munich. Pada tahun 1989 Final Piala UEFA, mereka jatuh ke Napoli (1-2, 3-3) di mana Diego Maradona sedang bermain pada waktu itu.

Pada 1991-92, klub Juara keempat, di salah satu ras terdekat dalam sejarah Bundesliga, Borussia Dortmund dengan selisih gol. Internasional, mereka telah disingkirkan dari Piala UEFA (1991-92) setelah mereka kehilangan pertandingan babak kedua melawan Osasuna (2-3). Sebagai juara nasional, klub memenuhi syarat untuk bermain di Liga Champions UEFA 1992-93, tapi tersingkir di putaran pertama oleh Leeds United setelah memecahkan pertandingan ketiga di Barcelona yang diperlukan karena pelatih menggantikan Christoph Daum memiliki keempat pemain non-Jerman dalam permainan dua.

VfB tidak memenuhi syarat untuk kompetisi Eropa lagi sampai 1997, dengan cara ketiga mereka menang Piala Jerman, dengan pelatih Joachim Low. Mereka menikmati ukuran keberhasilan saat mereka kembali, maju ke Piala Eropa 1998 Winners 'Cup final di Stockholm, di mana mereka dikalahkan Chelsea dalam apa yang merupakan tahun kedua dari belakang para pesaing. Hanya satu pemain dari segitiga ajaib, kapten Krassimir Balakov, tetap setelah giovane Elber, dan Fredi Bobic kiri. Kontrak Low itu tidak diperpanjang, ia digantikan oleh Winfried Schäfer yang pada gilirannya dipecat setelah satu musim.

Namun, performa Stuttgart jatuh setelah klub ini hanya memperoleh hasil pertengahan selama dua musim meskipun pengeluaran uang di pasar transfer dan untuk veteran seperti Balakov. 2000-2007 pasca-MV-era kembali ke kesuksesan

Karena utang yang tinggi dan kurangnya hasil, Gerhard Mayer-Vorfelder akhirnya mengundurkan diri dari VfB pada tahun 2000 untuk mengambil alih di DFB, UEFA dan FIFA. Manfred Haas presiden baru harus melakukan negosiasi ulang kontrak dengan pemain mahal yang jarang muncul di lapangan tetap. Seperti pada tahun 1976, ketika MV telah mengambil alih, tim harus dibangun kembali dengan mengandalkan bakat dari tim pemuda. VfB memiliki satu dari Jerman yang paling sukses di program de: Deutsche Jugendmeisterschaft (Fußball).

Pelatih Ralf Rangnick telah memulai restrukturisasi tim yang memenangkan Piala UI, tetapi ketegangan tambahan yang dihasilkan dari partisipasi piala UEFA nyaris tidak berakhir dengan melarikan diri dari degradasi pada tahun 2001 oleh clinching 15 tempat. Rangnick digantikan oleh Felix Magath.

Dengan pemain seperti Andreas Hinkel, Kevin Kuranyi, Timo Hildebrand atau Alexander Hleb mendapatkan diri mereka julukan muda dan liar, klub dibatasi segera kembali dan selesai sebagai runner-up Bundesliga di musim 2002-03.

Liga Champions 2003-04

Dengan demikian, VfB memenuhi syarat untuk Liga Champions kedua mereka penampilan dan, mengalahkan Manchester United dan Rangers sekali dan Panathinaikos dua kali, mereka maju dari kelompok bermain untuk mengalahkan pertama putaran di mana mereka dikalahkan oleh musuh lama mereka Chelsea (0-1 dan 0 -- 0).

Mereka terus bermain sebagai salah satu tim teratas di negeri ini, mendapatkan tempat keempat dan kelima Bundesliga, dan sekali lagi ambil bagian dalam Piala UEFA, tapi tanpa sukses besar. Selain itu, pelatih Magath dan beberapa pemain berpindah ke klub yang lebih kuat: Kevin Kuranyi untuk Schalke 04, Philipp Lahm untuk Bayern Munich dan Aliaksandr Hleb untuk Arsenal.

Setengah melalui jalan yang mengecewakan tahun 2005-06, Giovanni Trapattoni dipecat dan digantikan oleh Armin Veh. Pelatih baru ditetapkan sebagai stop-gap yang disebabkan karena mengundurkan diri dari Hansa Rostock pada tahun 2003 untuk fokus pada keluarganya dan tidak memiliki pekerjaan sepak bola sejak tahun 2004, kecuali pelatih tim Augsburg untuk satu musim. Didukung oleh manajer baru Horst Heldt, Veh dapat membangun dirinya sendiri dan konsep menjanjikan berfokus pada pemain murah daripada bintang-bintang mapan. Kapten tim Zvonimir Soldo pensiun, dan veteran lain meninggalkan tim yang berada diposisi kesembilan dan tidak memenuhi syarat untuk kompetisi Eropa untuk pertama kalinya dalam empat tahun.

Juara Bundesliga 2006-07

Meskipun kerugian awal musim berikutnya dan kritik di 2006-07, termasuk kerugian di 3-0 ke Nurenberg, Veh berhasil mengubah kumpulan pemain-pemain baru seperti Pável Meksiko Pardo, dan Ricardo Osorio, dan Brasil Antonio da Silva dan pemain lokal bakat, termasuk Mario Gómez, Serdar Tasci dan Sami Khedira, menjadi pesaing kuat yang memimpin liga di 12 November 2006 untuk pertama kalinya dalam dua tahun. Stuttgart didirikan sendiri di antara lima dan menyampaikan tantangan yang kuat untuk gelar Bundesliga dengan memenangkan delapan pertandingan terakhir mereka. Pada minggu kedua terakhir pada tanggal 12 Mei 2007, Stuttgart mengalahkan VfL Bochum 3-2 di laga tandang, memimpin Bundesliga dari Schalke 04 dan mengamankan tempat di UEFA Liga Champions 2007-08. Setelah mengikuti 0-1 di final dari musim pertandingan melawan Energie Cottbus, Stuttgart kembali untuk menang 2-1 dan mengklaim gelar Bundesliga pertama mereka dalam 15 tahun. Perayaan kemenangan di Stuttgart (250.000 orang) bahkan puncak orang Jerman tempat ketiga menang atas Portugal di Piala Dunia 2006.

Selain itu, VfB pertama mereka pernah punya kesempatan untuk memenangkan ganda sebagai mereka juga mencapai final Piala Jerman untuk pertama kalinya sejak kemenangan mereka di sana sepuluh tahun sebelumnya. Lawan-lawan mereka di final di Piala Berlin adalah Nurenberg, sebuah tim yang pernah mengalahkan mereka dua kali dengan 3 gol dalam musim reguler, 3-0 dan 4-1, tapi terakhir telah memenangkan piala pada tahun 1962. Dengan tingkat permainan di 1-1 di babak pertama, pencetak gol terbanyak Stuttgart Cacau diusir keluar lapangan. Nurenberg diperoleh memimpin 2-1 di awal babak kedua, tapi sepuluh orang dari VfB berhasil membalas dan menyamakan kedudukan. Di paruh kedua perpanjangan waktu, dengan kedua tim menderita kelelahan dan kondisi lembap, Nurenberg mencetak gol kemenangan.

Liga Champions 2007-08

UEFA Liga Champions 2007-08 pada 30 Agustus 2007 memasangkan juara Jerman dengan raksasa Spanyol Barcelona, juara Perancis Lyon dan Skotlandia Old Firm Rangers. Seperti di Liga Champions musim 2003-04, 2007-08 Stuttgart kampanye Eropa dimulai dengan pertandingan di Glasgow's Ibrox Park melawan Rangers. Itu berakhir dengan kekalahan 2-1. Pertandingan kedua di kandang sendiri melawan Barcelona telah kalah juga, 0-2, serta pertandingan ke-3, melawan Lyon di kandang, kalah 2-0. Lima kekalahan dan hanya satu menang (atas Rangers) berarti awal keluar di kancah Eropa. Di liga mereka berhasil menjadi miskin 6 setelah mulai. Bintang Baru Jerman Mario Gómez mencetak 19 gol.

Kualifikasi Piala UEFA memastikan pada musim panas dengan sukses di UEFA Intertoto Cup 2008.

Musim 2008-09

Musim 2008-09, seperti yang sebelum itu, datang dari awal yang buruk. Setelah Matchday 14 di bulan November, VfB hanya berada diperingkat 11. Akibatnya, Armin Veh dipecat dan digantikan oleh Markus Babbel. Setelah keluar dari Piala FA Jerman setelah kekalahan 1-5 dari FC Bayern Munich pada bulan Januari, hal-hal yang meningkat jauh dan akhirnya tim ketiga, dengan posisi kedua terjawab setelah kekalahan untuk Bayern Munich pada Matchday terakhir. Itu berarti kesempatan untuk membuat Liga Champions lagi.

Internasional, VfB menguasai tahap grup Piala UEFA 2008-09, tapi kalah dari FC Zenit Saint Petersburg di putaran 32 terakhir pada bulan Februari.

Musim 2009-10: kembali ke Liga Champions

VfB masuk tanpa Mario Gomez karena pindah, tapi Pavel Pogrebnyak datangdari FC Zenit dan Aliaksandr Hleb kembali (pinjaman dari FC Barcelona).

Di tingkat Eropa, VfB memulai musim dengan sukses besar dengan lolos ke tahap grup Liga Champions UEFA 2009-10. VfB masuk bahwa persaingan untuk ketiga kalinya dalam enam tahun (setelah tahun 2003 dan 2007) dengan mengalahkan Rumania FC Timisoara di kualifikasi UCL "babak play-off" pada 18 Agustus dan 26, 2009. VfB masuk ke dalam Grup G melawan Spanyol Sevilla, juara Skotlandia Rangers dan juara Rumania Unirea Urziceni. VfB juga melawan Rangers dalam dua mereka sebelumnya penampilanTahap Grup Liga Champions.

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Internasional:

Nasional:

Regional:

  • Oberliga Süd juara: 1946, 1952, 1954
  • Württemberg/Baden juara: 1927, 1930
  • Gauliga Württemberg juara: 1935, 1937, 1938, 1941

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Penggabungan yang dibuat VfB diselenggarakan di hotel Concordia di Bad Cannstatt, sebuah distrik kota Stuttgart.
  • VfB yang dijuluki "The Reds" untuk tim mereka warna, yang menampilkan dada merah cincin di kaus putih. Saingan lokal Stuttgarter Kickers, mengenakan biru dan putih, adalah "the Blues".
  • kiper Alexander Stolz kultus (Legendaris) telah mencapai status dengan penggemar Stuttgart dengan memainkan drum untuk rekaman resmi klub lagu kebangsaan, 'Stuttgart für immer' (Stuttgart Forever), oleh grup pop Jerman Silbermond.

Posisi Bundesliga[sunting | sunting sumber]

  • 2009/10 - Peringkat Enam
  • 2008/09 - Peringkat Tiga
  • 2007/08 - Peringkat Enam
  • 2006/07 - Peringkat Pertama(Juara Bundesliga)
  • 2005/06 - Peringkat Sembilan
  • 2004/05 - Peringkat Lima
  • 2003/04 - Peringkat Empat
  • 2002/03 - Peringkat Dua
  • 2001/02 - Peringkat Delapan
  • 2000/01 - Peringkat Lima Belas
  • 1999/00 - Peringkat Delapan
  • 1998/99 - Peringkat Sebelas
  • 1997/98 - Peringkat Empat
  • 1996/97 - Peringkat Empat
  • 1995/96 - Peringkat Sepuluh
  • 1994/95 - Peringkat Dua Belas
  • 1993/94 - Peringkat Tujuh
  • 1992/93 - Peringkat Tujuh
  • 1991/92 - Peringkat Pertama(Juara Bundesliga)
  • 1990/91 - Peringkat Enam
  • 1989/90 - Peringkat Enam
  • 1988/89 - Peringkat Lima
  • 1987/88 - Peringkat Empat
  • 1986/87 - Peringkat Dua Belas
  • 1985/86 - Peringkat Lima
  • 1984/85 - Peringkat Sepuluh
  • 1983/84 - Peringkat Pertama(Juara Bundesliga)
  • 1982/83 - Peringkat Tiga
  • 1981/82 - Peringkat Sembilan
  • 1980/81 - Peringkat Tiga
  • 1979/80 - Peringkat Tiga
  • 1978/79 - Peringkat Dua
  • 1977/78 - Peringkat Empat
  • 1976/77 - 2. Bundesliga, Peringkat Pertama(naik ke Bundesliga)
  • 1975/76 - 2. Bundesliga, Peringkat sebelas
  • 1974/75 - Peringkat Enam Belas (turun ke 2. Bundesliga)
  • 1973/74 - Peringkat Sembilan
  • 1972/73 - Peringkat Enam
  • 1971/72 - Peringkat Delapan
  • 1970/71 - Peringkat Dua Belas
  • 1969/70 - Peringkat Tujuh
  • 1968/69 - Peringkat Lima
  • 1967/68 - Peringkat Delapan
  • 1966/67 - Peringkat Dua Belas
  • 1965/66 - Peringkat Sebelas
  • 1964/65 - Peringkat Dua Belas
  • 1963/64 - Peringkat Lima

Rival, Pertandingan Persahabatan, Klub[sunting | sunting sumber]

Persaingan terpanjang dari VfB adalah kota persaingan dengan Stuttgarter Kickers (Die roten / Reds melawan Die Blauen / Blues). Namun, masing-masing tim pertama dari kedua klub tidak bermain satu sama lain sejak Kickers diasingkan ke 2. Bundesliga pada tahun 1992. Dengan demikian, derby ini telah semakin dalam pentingnya disusul oleh Baden-Württemberg-Derby antara VfB dan Karlsruher SC, KSC, singkatnya. Dalam derby lama ini, Badenian-Württembergian permusuhan yang dimainkan. Persaingan dengan pihak Bayern FC Bayern München (Süd-/South Derby) terutama satu sisi, sebagai fans VfB marah di Bayern untuk membeli beberapa pemain terbaik Stuttgart dan pelatih dalam beberapa tahun terakhir, seperti giovane Elber, Felix Magath dan Mario Gómez.

Sebuah kipas persahabatan telah dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir dengan Energie Cottbus, yang pergi sejauh dua kelompok penggemar merayakan VfB's jerman Championship 2007 bersama setelah Stuttgart menang atas Cottbus di Matchday terakhir.

Daerah persahabatan ada antara VfB dan Württemberg Selatan SSV Reutlingen (adik kandung VfB) dan juga dengan Ludwigsburg SpVgg Württembergers Utara.

Pada tahun 2005, sebuah perjanjian kerja sama antara VfB dan Liga Super Swiss FC St Gallen sisi ditandatangani, terutama yang berkaitan dengan sektor pemuda dari kedua klub.

Daftar pemain[sunting | sunting sumber]

Skuat utama[sunting | sunting sumber]

{{updated|1 Juli 2012}[1]

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional pemain sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat saja mempunyai lebih dari satu kewarganegaraan.

No. Pos. Nama
1 Bendera Jerman GK Sven Ulreich
2 Bendera Jepang DF Gotoku Sakai (pinjaman dari Albirex Niigata)
4 Bendera Denmark MF William Kvist
5 Bendera Jerman DF Serdar Tasci (kapten)
6 Bendera Jerman DF Georg Niedermeier
7 Bendera Austria FW Martin Harnik
8 Bendera Serbia MF Zdravko Kuzmanović
9 Bendera Bosnia dan Herzegovina FW Vedad Ibišević
10 Bendera Jerman MF Daniel Didavi
11 Bendera Perancis MF Johan Audel
13 Bendera Guinea MF Mamadou Bah
14 Bendera Meksiko DF Francisco Javier Rodríguez
15 Bendera Pantai Gading DF Arthur Boka
16 Bendera Guinea MF Ibrahima Traoré
17 Bendera Turki FW Tunay Torun
No. Pos. Nama
18 Bendera Jerman FW Cacau
19 Bendera Austria MF Kevin Stöger
20 Bendera Jerman MF Christian Gentner
21 Bendera Italia DF Cristian Molinaro
22 Bendera Jerman GK Marc Ziegler
23 Bendera Jerman DF Tim Hoogland (pinjaman dari FC Schalke 04)
24 Bendera Jerman DF Antonio Rüdiger
26 Bendera Austria MF Raphael Holzhauser
30 Bendera Hongaria MF Tamás Hajnal
31 Bendera Jepang FW Shinji Okazaki
33 Bendera Jerman GK André Weis
34 Bendera Jerman DF Patrick Bauer
36 Bendera Jerman FW Christoph Hemlein
37 Bendera Amerika Serikat FW Jerome Kiesewetter

Dipinjamkan[sunting | sunting sumber]

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional pemain sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat saja mempunyai lebih dari satu kewarganegaraan.

No. Pos. Nama
Bendera Jerman MF Alexander Riemann (ke SV Sandhausen hingga Juni 2013)
No. Pos. Nama
Bendera Jerman MF Patrick Funk (ke FC St. Pauli hingga Juni 2013)

Pemain Terkenal[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ VfB Stuttgart squad bundesliga.de, accessed: 13 February 2012

Pranala luar[sunting | sunting sumber]