1. FC Saarbrücken

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
1. FC Saarbrücken
logo
Nama lengkap 1.Fußball-Club Saarbrücken e.V.
Julukan De FC, die Molschder
Didirikan 1903
Stadion Ludwigsparkstadion
(Kapasitas: 35.303 [1])
Ketua Paul Borgard
Manajer Jürgen Luginger
Liga 3. Liga
Posisi 2012-13 ke-11
Kostum kandang
Kostum tandang
Soccerball current event.svg Musim ini

1. FC Saarbrücken adalah tim sepak bola profesional asal Jerman yang berbasis di Saarbrücken, Bendera Saar (protektorat) Saarland. Tim didirikan sebagai bagian dari departemen sepak bola dari Turnverein Malstatt yang juga terbentuk pada 1903. Departemen ini memisahkan diri pada 1907 untuk membentuk tim sendiri yang bernama 'FV Malstatt-Burbach dan pada 1 April 1909, tim berganti nama menjadi FV Saarbrücken.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Klub bermain di Kreisliga Saar pada tahun 1919, dan berhasil meraih kesuksesan yang lumayan, menjadi runner-up. Periode 1922-1923 menjadi periode sukses selanjutnya untuk Saarbrücken, pada tahun 1923, mereka bermain di Bezirksliga Rhein-Saar - divisi Saar dan menjuarai kejuaraan di situ pada musim 1927-1928. Tetapi gagal di kualifikasi Gauliga di 1933.

Berkompetisi dibawah liga yang dikelola Reich Ketiga[sunting | sunting sumber]

Tim bermain di Gauliga Südwest pada 1935, salah satu dari 16 divisi regional di Jerman yang dikelola oleh Reich Ketiga. Mereka diacak bersama tim lainnya dan bermain di Gauliga Südwest-Saarpfalz pada 1940 dan berhasil menjuarai liga di musim berikutnya. Di musim 1943, mereka kembali memenangkan liga dan maju ke play-off nasional, namun mereka dikalahkan Dresdner SC dengan skor 0-3. Tahun berikutnya, mereka hanya mampu maju hingga perempat-final play-off nasional dan dikalahkan di babak yang sama oleh 1. FC Nuremberg. Selama masa Perang Dunia II pada 1943-1945, tim sudah memainkan rivalitas dengan (Kriegsspielgemeinschaft Saarbrücken) denganSC Altenkessel.

Sesudah Perang Dunia dan pembentukan Bendera Saar (protektorat) Republik Saarland[sunting | sunting sumber]

Setelah Perang Dunia II, semua organisasi di Jerman dibubarkan, termasuk federasi Sepak bola dan Klub Olahraga. Tim diizinkan untuk berdiri kembali di akhir 1945, tetapi dengan syarat mengubah nama mereka. Klub akhirnya mengubah nama mereka menjadi 1. FC Saarbrücken. Tim memainkan kompetisi pertama mereka setelah Perang Dunia II di Oberliga Südwest-Nord, dan menjuarai kompetisi yang sama pada musim 1946.

Wilayah Jerman, Bendera Saar (protektorat) Saarland, dimana kota Saarbrücken terletak, diduduki oleh Perancis setelah Perang. Mereka melihat dan memilih kemungkinan, bergabung dengan Perancis atau Jerman. Dari segi timnas, mereka dinyatakan sebagai negara sendiri dan dapat ikut serta sebagai Bendera Saar (protektorat) Republik Saar di Olimpiade Musim Panas 1952 dan Kualifikasi Piala Dunia FIFA 1954 - UEFA sebagai Timnas Saar dan berhak membuat liga sendiri dan khusus untuk tim dari wilayah Saarland yang disebut Ehrenliga. Pada 1948, 1. FC Saarbrücken menjadi salah satu tim yang dipaksa keluar dari kompetisi sepak bola Jerman, namun tidak seperti tim lainnya, mereka tidak bermain di liga Boneka. Mereka akhirnya pindah ke sepak bola Perancis dengan berkompetisi di Ligue 2 dengan nama FC Sarrebruck dan di musim 1949, mereka berhasil menjadi juara Ligue 2 berselisih 6 poin dengan runner-up Girondins de Bordeaux, tetapi mereka ditolak promosi ke Ligue 1 karena khawatir tim-tim dari Jerman lainnya akan ikut berkompetisi di kompetisi Perancis dan terjadi kejar mengejar antar tim Jerman di kompetisi Perancis[butuh rujukan].

Saarbrücken akhirnya menarik diri dari kompetisi di Perancis dan mulai memainkan pertandingan persahabatan selama dua tahun ke depan. Mereka pun mengorganisir turnamen di 1949-1950 yang disebut Internationaler Saarland Pokal, (Piala Internasional Saarland) dimana mereka bermain di Saarbrücken sebanyak 15 kali melawan tim dari Austria, Chile, Denmark, Perancis, Swedia, Swiss, dan Yugoslavia. Tiga tim teratas, bermain di babak play-off di Saarbrücken, tim tuan rumah menang di final 4-0 atas Stade Rennais UC dari Perancis. Tahun berikutnya, terjadi final sesama Saarland dengan VfB Neunkirchen. Turnamen dibubarkan pada 1952 sebagai bagian kesepakatan dengan DFB.

Namun, anehnya, mereka membentuk asosiasi sepak bola sendiri yang didaftarkan ke FIFA dan timnas sepak bola mereka,Timnas Saar berhak mengikuti Kualifikasi Piala Dunia FIFA 1954 - UEFA. 1. FC Saarbrücken mengirim 10 pemain mereka ke Bendera Saar (protektorat) Timnas Saar. Mereka finis kedua di depan dari Bendera Norwegia Norwegia dan dibelakang pemenang grup Bendera Jerman Barat Jerman Barat. Saarbrücken pun ikut mewakili negaranya, Bendera Saar (protektorat) Republik Saar di Piala Champions Eropa musim 1956 dan mereka melawan perwakilan Bendera Italia Italia, AC Milan di babak pertama, mereka kalah aggregat 7–5 setelah mereka menang tandang di San Siro 3–4, dan kalah kandang di Ludwigsparkstadion 1–4.

Kembali ke sepak bola Jerman[sunting | sunting sumber]

Saarbrücken kembali berkompetisi di Oberliga Südwest pada tahun 1952 dan menang di tingkat nasional setelah mengalahkan VfB Stuttgart 1-2. Mereka terus menjadi yang terkuat, tapi setelah ini, mereka hanya dapat menjuarainya di tingkat nasional hanya di musim 1961.

Pada tahun 1963, Federasi Sepak Bola Jerman akhirnya membuat sebuah liga teratas yang kini disebut Bundesliga. 16 tim terpilih untuk bermain di Bundesliga, pemilihan dilihat dari kinerja mereka di Oberliga, Finansial, dan letak dimana tim berasal agar semua negara bagian dapat terwakili di Bundesliga. Delapan tim pilihan pertama dianggap wajar, tetapi pemilihan Saarbrücken untuk ikut berkompetisi di Bundesliga adalah yang paling kontroversial karena mereka masih kalah bersaing dengan FK Pirmasens dan Wormatia Worms. Beberapa pihak meyakini pemilihan Saarbrücken karena direksi tim dekat dengan Hermann Neuberger, seseorang yang paling berpengaruh di Sepak bola Jerman yang juga masuk dalam daftar panitia seleksi.

Pada akhir musim Bundesliga, mereka berada di posisi terbawah dan akhirnya degradasi ke Regionalliga Südwest, dimana mereka selesai di papan atas selama tiga musim berturut-turut, namun selalu gagal promosi kembali ke Bundesliga. Mereka akhirnya mampu membuka jalan kembali ke Bundesliga setelah finis pertama di 2nd Bundesliga Süd di musim 1976. Setelah dua musim di sana, mereka degradasi kemabli ke divisi dua dan akhirnya di musim 1981, mereka harus turun ke divisi Amatir Oberliga Südwest (III). Mereka kembali bermain di Bundesliga di musim 1986 dan 1993, dan di dua musim itu pun, berakhir dengan degradasi. Sebuah krisis finansial pada tahun 1995 menyebabkan lisensi untuk berkompetisi di kompetisi profesional dan mereka didegradasi ke kompetisi Amatir Regionalliga West / Südwest (III).

Sekarang[sunting | sunting sumber]

1. FC Saarbrücken selesai di posisi ke-16 di musim 2005-06 dan degradasi ke Regionalliga Süd (III). Di musim berikutnya, mereka kembali bermain buruk dan akhirnya kembali degradasi, kali ini ke divisi empat Oberliga Südwest, dimana mereka hampir gagal promosi kembali ke Regionalliga di musim 2007-08. Namun, mereka menyelesaikan musim 2008-09 sebagai juara Oberliga Südwest dan promosi ke Regionalliga Barat. Pada bulan Mei 2010, mereka menjuarai Regionalliga Barat di musim kompetisi 2009-10 dan berhak promosi ke 3. Liga. Mereka mulai konsisten bermain di 3. Liga mulai musim 2010-11 dengan selesai di posisi keenam setelah mememangkan 9 pertandingan dan masih tetap bermain di 3. Liga di musim 2012-13.

Titel[sunting | sunting sumber]

Pelatih[sunting | sunting sumber]

[1]

Pelatih Dari Sampao
Alfred Kaminski 11 Januari 2008 31 Mei 2008
Dieter Ferner 1 Juli 2008 30 Juni 2010
Jürgen Luginger 1 Juli 2010 sekarang

Musim ke musim[sunting | sunting sumber]

[2][3]

Skuat terkini[sunting | sunting sumber]

Pada 18 Juli 2013 (2013-7-18)[4]

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional pemain sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat saja mempunyai lebih dari satu kewarganegaraan.

No. Pos. Nama
1 Bendera Jerman GK Timo Ochs
2 Bendera Jerman DF Kim Falkenberg
4 Bendera Jerman MF Kevin Maek
5 Bendera Jerman DF Pascal Pellowski
6 Bendera Jerman MF Christian Eggert
7 Bendera Jerman MF Andreas Glockner
8 Bendera Jerman MF Tim Kruse
9 Bendera Jerman FW Thomas Rathgeber
10 Bendera Jerman MF Philipp Kreuels
11 Bendera Jerman FW Markus Hayer
13 Bendera Jerman MF Raffael Korte
No. Pos. Nama
14 Bendera Jerman MF Serkan Göcer
16 Bendera Jerman MF Frederich Ehrmann
17 Bendera Jerman DF Tim Knipping
18 Bendera Jerman DF Nils Fischer
19 Bendera Jerman DF Marc Lerandy
20 Bendera Jerman GK Michael Müller
21 Bendera Luksemburg FW Maurice Deville
24 Bendera Jerman FW Jaron Schäfer
27 Bendera Jerman DF Julian Kern
33 Bendera Jerman DF Artur Schneider
36 Bendera Jerman DF Tim Stegerer
38 Bendera Jerman FW Marcel Ziemer

Daftar pemain[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 1. FC Saarbrücken .:. Trainer von A-Z (Jerman) weltfussball.de, diakses: 6 Juli 2012
  2. ^ Das deutsche Fußball-Archiv (Jerman) Historical German domestic league tables
  3. ^ Fussball.de – Ergebnisse (Jerman) Tables and results of all German football leagues
  4. ^ "1. Mannschaft". 1. FC Saarbrücken (dalam bahasa Jerman). Diakses 18 Juni 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]