Ulughbegsaurus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ulughbegsaurus
Rentang fosil: Turonian
Holotype specimen
Spesimen holotipe
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
(tanpa takson):
Genus:
Ulughbegsaurus

Tanaka et al., 2021
Spesies tipe
Ulughbegsaurus uzbekistanensis
Tanaka et al., 2021

Ulughbegsaurus (berarti "kadal Ulugh Beg") adalah genus dinosaurus theropoda charcharodontosauria dari Formasi Bissekty, Uzbekistan berumur dari Periode Kapur Akhir.[1] Spesies tipenya adalah Ulughbegsaurus uzbekistanensis.[2]

Penemuan dan penamaan[sunting | sunting sumber]

Ulughbegsaurus awalnya ditemukan di dalam Formasi Bissekty, Uzbekistan pada 1980-an berdasarkan holotipe UzSGM 11-01-02, yang terdiri dari sebagian maxilla kiri. Holotipe meskipun signifikan tetap akan menjadi koleksi Museum Geologi Negara Komite Negara Republik Uzbekistan untuk Geologi dan Sumber Daya Mineral, Tashkent, Uzbekistan hingga 2019 ketika ditemukan kembali. Dua spesimen rujukan tambahan telah dikaitkan ke genus termasuk CCMGE 600/12457, sebuah ramus jugal dari maxilla kiri yang sebelumnya dirujuk ke seekor dromaeosauridae Itemirus dan ZIN PH 357/16, yang merupakan ujung belakang rahang bawah hewan tersebut.

Gigi yang diisolasi dari Formasi Bissekty menunjukkan kesamaan dengan morfologi carcharodontosauria, menunjukkan bahwa mereka mungkin milik Ulughbegsaurus atau mungkin genus carcharodontosauria lain.

Genus dan spesiesnya dinamai oleh Tanaka et al., pada 2021 menghormati abad ke-15 sultan Timurid dan ilmuwan Ulugh Beg dan negara tempat penemuannya.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Panjang tubuh Ulughbegsaurus diperkirakan mencapai 75–8 meter (246–26 ft) dan beratnya lebih dari 1.000 kilogram (2.200 pon).[2]

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Tanaka et al. menjalankan dua analisis filogenetik menggunakan dua kumpulan data berbeda untuk menentukan kekerabatan Ulughbegsaurus. Analisis pertama ditempatkan dalam politomi termasuk Neovenator dan megaraptora lainnya, sedangkan analisis kedua menempatkan di politomi termasuk carcharodontosauria basal lainnya; megaraptora malah ditemukan sebagai anggota Tyrannosauroidea.

Kedua analisis ditunjukkan dibawah ini:[2]

Paleobiologi[sunting | sunting sumber]

Ulughbegsaurus hidup berdampingan di lingkungan Formasi Bissekty bersama theropoda karnivora lainnya, termasuk tyrannosauroidae bernama Timurlengia dan dromaeosauridae Itemirus. Karena ukurannya, Ulughbegsaurus kemungkinan adalah predator puncak di lingkungan tersebut; ini menunjukkan bahwa carcharodontosauridae masih theropoda karnivora yang dominan (alih-alih tyrannosauroidea) sampai Turonian, setidaknya di Asia.[2][3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rieger, Sarah (7 September 2021). "Newly discovered dinosaur predated tyrannosaurs — and at the time was a bigger apex predator". CBC News. Diakses tanggal 8 September 2021. 
  2. ^ a b c d Tanaka K, Anvarov OU, Zelenitsky DK, Ahmedshaev AS, Kobayashi Y (2021). "A new carcharodontosaurian theropod dinosaur occupies apex predator niche in the early Late Cretaceous of Uzbekistan". Royal Society Open Science. 8 (9): Article ID 210923. doi:10.1098/rsos.210923alt=Dapat diakses gratis. 
  3. ^ Black, Riley. "New, Giant Carnivorous Dinosaur Was a Terror to Smaller Tyrannosaurs". Smithsonian Magazine (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-09-08.