Trout

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Trout Pelangi

Trout adalah nama untuk sejumlah jenis ikan air tawar genus Oncorhynchus, Salmo dan Salvelinus, semua Salmoninae subfamili dari keluarga Salmonidae. Nama Ikan ini juga digunakan sebagai bagian dari nama beberapa ikan non-salmonid seperti Cynoscion nebulosus, seperti ikan trout berbintik-bintik.

Trout berhubungan erat dengan Salmon dan char (atau charr): spesies disebut salmon dan char terjadi pada genera yang sama seperti halnya trout (Oncorhynchus - Pacific salmon dan trout, Salmo - Atlantic salmon dan berbagai ikan, Salvelinus - char dan trout).

Kebanyakan trout seperti Trout Danau hidup di danau air tawar dan / atau sungai secara eksklusif, sementara ada ikan lain seperti Trout Pelangi yang dapat menjalani hidupnya di air tawar, atau menghabiskan dua atau tiga tahun di laut sebelum kembali ke air tawar untuk menelurkan, kebiasaan lebih tipikal salmon. Trout Pelangi yang menghabiskan waktunya di laut disebut Trout Kepala Baja (Steelhead Trout).

Trout adalah sumber makanan penting bagi manusia dan satwa liar termasuk beruang coklat, burung pemangsa seperti elang, dan hewan lainnya. Mereka diklasifikasikan sebagai ikan berminyak.[1]

Habitat[sunting | sunting sumber]

Trout biasanya ditemukan dalam kedinginan (50-60 °F atau 10-16 °C), sungai dan danau yang jelas, meskipun banyak spesies memiliki strain anadromous juga. Trout muda yang disebut sebagai troutlet, troutling atau fry. Mereka didistribusikan secara alami di seluruh Amerika Utara, Asia Utara dan Eropa. Beberapa spesies ikan diperkenalkan ke Australia dan Selandia Baru oleh penggemar memancing amatir di abad ke-19, secara efektif menggusur dan membahayakan beberapa spesies ikan asli dataran tinggi. Spesies yang diperkenalkan termasuk Trout Coklat dari Inggris dan Trout Pelangi dari California. Trout Pelangi adalah strain Steelhead, umumnya diterima berasal dari Sonoma Creek. Trout Pelangi di Selandia Baru masih menunjukkan kecenderungan Steelhead untuk berjalan sampai sungai di musim dingin untuk bertelur.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]