Triad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Triad (Mandarin: 三合会; Tradisional: 三合會; pinyin: Sānhéhuì) adalah sebuah organisasi kriminal etnis Cina yang berbasis di Hong Kong, Macau, Tiongkok Daratan, dan di negara - negara dengan populasi etnis Cina yang besar seperti Malaysia, Singapura, Taiwan, Amerika Serikat, Inggris dan Kanada.

Semula bernama Tian Di Hui (Langit, Bumi, dan Manusia). Didirikan sekitar tahun 1760-an, dengan tujuan menumbangkan kekaisaran Manchu era Dinasti Qing dan merestorasi peraturan Han di Cina. Dinasti Qing tumbang pada 1911. Komunitas yang awalnya bersifat patriotis ini kemudian berubah menjadi tak terarah yang mengakibatkan organisasi ini tidak terlibat dan tak ikut menikmati kemajuan Cina. Mereka lalu menjadi marah dan depresi, namun tak mampu mengubah jalan hidup pemberontak yang mendarah daging selama dua abad lebih. Akhirnya mereka berkembang menjadi organisasi kriminal bawah tanah. Inilah awal mulanya TRIAD yang kita kenal dewasa ini.

Sampai dengan berkuasanya Dokter Sun Yat Sen yg membentuk Reupublik Rakyat China, Triad banyak mendapat fasilitas karena menurut sumber yg bisa di percaya Dokter Sun Yat Sen sudah menjadi anggota Triad sejak beliau masih muda. Sampai dengan berkuasanya Chiang Kai-shek, Triad juga masih mendapat fasilitas.

Pada 1949, partai Komunis mengambil alih pemerintah Cina dan menerapkan pengawasan ketat. Hal ini mengakibatkan para anggota TRIAD menyingkir ke daerah Selatan, Hongkong, indonesia guna melanjutkan kegiatan. Sekitar tahun 1960 s/d 70-an tersiar kabar bahwa mereka sering bekerja sama dengan kepolisian dalam mengontrol wilayah kekuasaan mereka. Hal ini menimbulkan korupsi di tubuh kepolisian. Pada 1974, Komisi Independen Pemberantas Korupsi (ICAC) mengatasi masalah ini yang mengakibatkan Triad kehilangan rekan bisnisnya, yang mengakibatkan mereka beralih ke perdagangan bawah tanah.

Terdapat sekita 57 komunitas Triad di Hongkong. Kekuatan mereka terus meningkat, namun tetap ‘merendah’. Mereka kejam dalam polusi urusan kriminal. Pengaturan keanggotaannya sangat rumit. Kekuatan mereka lebih kuat dari yang diperkirakan. Mereka beroperasi dalam skala yang sangat kecil dan membatasi kekerasan antar anggota geng untuk menghindari sorotan publik. Tak ada figur pemimpin, namun secara umum mereka tergabung dalam beberapa kelompok independen yang sederajat, sehingga tidak dapat saling memerintah dan perbedaan level. Kekuatan sesungguhnya berada di level bawah dari hirarkinya. Biasanya seorang petarung membawahi sekitar 15 anggota aktif yang menguasai jalanan, gedung, pasar, lapangan, atau taman. Mereka juga memiliki kode numerik tersendiri untuk membedakan posisi dalam geng, seperti 426 yang berarti ‘petarung’, 489 ‘ketua’, 438 ‘deputi ketua’, 25 ‘mata-mata’ atau ‘pengkhianat’, dan lain-lain.

Untuk menjadi anggota, harus menjalankan upacara dengan mengucapkan 36 butir sumpah, 3 butir di antaranya:

  1. Setelah memasuki gerbang Hung I, saya harus memperlakukan orangtua dan kerabat dari saudara sesumpah saya sebagai keluarga saya sendiri. Jika saya melanggar saya bersedia mati disambar lima petir.
  2. Saya tidak akan berkonspirasi dengan orang lain untuk mencurangi saudara sesumpah saya dalam berjudi. Jika terjadi saya akan mati oleh pedang anggota-anggota saya sendiri.
  3. Jika saya mengetahui bahwa Pemerintah mencari saudara sesumpah saya, maka saya akan segera memberitahu saudara sesumpah saya tersebut agar ia dapat melarikan diri dengan segera. Jika melanggar saya akan mati disambar lima petir.

Aktivitas di Luar Negeri[sunting | sunting sumber]

Aktivitas Triad di luar negeri berada di kota-kota berpopulasi warga keturunan Cina yang cukup besar, seperti San Fransisco, New York, Seattle, Chicago, Sacramento, Boston, Los Angeles, Las Vegas, Auckland, New Orleans, Van Couver, Toronto, dan Sao Paulo. Dan diperkirakan London, Manchester, dan Amsterdam merupakan pusat baru aktivitas Triad. Mereka sering terlibat dalam penyelundupan imigran ilegal dari Asia Timur yang menuju Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris.

Organisasi Kriminal[sunting | sunting sumber]

Saat ini posisi Triad lebih mirip seperti organisasi bisnis. Interaksi antar kekuatan geng Triad di Cina daratan, Taiwan, Macau, dan Hongkong tidak menghindar dari perhatian pihak berwenang setempat, namun justru mendapat banyak keuntungan. Pasar terbesar saat ini berada di Cina daratan, dan mereka sangat berorientasi pada bisnis. Mereka mengejar uang dalam jumlah besar melalui jalan apapun.

Organisasi kriminal Tionghoa adalah gengster beretnis Tionghoa yang terlibat dalam kegiatan ilegal. Geng-geng yg diselidiki MID (Departemen Intel Militer) RRT dapat dikategorikan dalam dua kelompok:

  • Organisasi kriminal tradisional (contoh: Triad Wo Hop To, Triad 14K)
  • Organisasi kriminal yg non-tradisional (contoh: Geng Fuqing dan Taihuancai alias "Big Circle Boys").

Kelompok triad ini memiliki kesamaan berupa asal usul sejarah yang telah berusia ratusan tahun, struktur organisasi hirarkis yang kukuh dan upacara yang mengikat tiap-tiap anggota satu dengn yang lain. Pemimpin kelompok Triad tidak langsung mengelola kegiatan anggotanya di negara lain, tetapi pengaruh mereka meluas secara internasional disebabkan kekuatan finansial dan hubungan bisnis global serta hubungan pribadi yg mereka miliki.

Sebagian besar anggota senior dari kelompok triad yang telah berdiri lama adalah pengusaha yang kurang terlibat dalam kegiatan usaha yang sah. Banyak di antara mereka telah memperoleh paspor negara asing, termasuk para anggota keluarga mereka dan mereka telah melakukan diversifikasi dalam usaha mereka serta berinvestasi untuk keuntungan dari kegiatan kriminal yang mereka dapatkan di negara lain. Mereka melakukan kerjasama dgn anggota Triad di luar negeri dalam kejahatan internasional seperti peredaran narkoba, penyelundupan imigran ilegal, penipuan kartu kredit, pencurian peralatan komputer dan kendaraan bermotor, pembajakan hak cipta intelktual dan pencucian uang. Dengan beberapa pengecualian, struktur organisasi Triad zaman sekarang jauh lebih sederhana.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Booth, Martin. The Dragon Syndicates: The Global Phenomenon of the Triads