Touhou Project

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Touhou Project
Genre Permainan video tembak-menembak, Pertarungan
Pengembang Team Shanghai Alice (sebelumnya ZUN Soft)
Penerbit Team Shanghai Alice (sebelumnya Amusement Makers)
Penulis ZUN
Platform NEC PC-9801, Windows
Platform asal NEC PC-9801
Rilis pertama Highly Responsive to Prayers
1996
Rilis terbaru Impossible Spell Card
May 11, 2014
Situs resmi Website pengembang

Touhou Project (東方Project Tōhō Purojekuto?), atau yang juga dikenal dengan nama Toho Project atau Project Shrine Maiden, adalah permainan tembak menembak berbasis 2D berlatar belakang 3D. Touhou Project dibuat oleh Team Shanghai Alice yang hanya beranggotakan satu orang saja, yaitu ZUN, yang mengerjakan seluruh proyek sebagian besar dari grafik, musik, dan program.[1] Pada Oktober 2010 Guinness World Records memilih seri game Touhou sebagai "game yang memiliki seri paling banyak dibuat oleh penggemar".[2][3] Touhou Project pertama kali dibuat pada tahun 1996 dengan judul, Highly Responsive to Prayers, oleh grup Amusement Makers untuk komputer Jepang seri NEC PC-9801. Empat permainan video Touhou berikutnya dirilis antara Agustus 1997 dan Desember 1998, dan juga untuk NEC PC-9801. Touhou Project sempat tidak aktif selama tiga setengah tahun sampai game Touhou pertama untuk Microsoft Windows, The Embodiment of Scarlet Devil, dirilis pada Agustus 2002 oleh ZUN seorang diri setelah keluar dari grup Amusement Makers, dan memulai Team Shanghai Alice. Touhou Project kemudian mendapat sambutan publik yang sangat besar dan mulai bertambahnya game official, serta sebagai tambahan novel, manga, dan musik.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Game pendahulu di PC-98[sunting | sunting sumber]

Seri game Touhou dimulai di seri komputer Jepang PC-9801 dan ada lima entri permainan dengan platform yang sama; PC standar (windows) hanya dapat memainkannya dengan menggunakan emulator. Tidak hanya itu peredaran PC-9801 sudah berkurang dan tidak populer disaat seri permainan Touhou keluar. Dikarenakan hal ini lima permainan ini tidak begitu dikenal dikalangan pemain, kelompok yang membuat seri permainan ini adalah Amusement Makers.

Highly Responsive to Prayers (東方靈異伝 Tōhō Reiiden?, lit. "Wondrous Eastern Legend")
Permainan pertama dari seri permainan Touhou, dilepaskan pada tahun 1996. Bukanlah game tembak menembak vertikal atas-bawah seperti kebanyakan game di seri Touhou.
Story of Eastern Wonderland (東方封魔録 Tōhō Fūmaroku?, lit. "Recorded Sealing of an Oriental Demon")
Permainan kedua dari seri permainan Touhou, dilepaskan pada Agustus 1997. Di festival Comiket ke 52.[4] adalah seri danmaku pertama yang yang muncul pada seri ini.
Phantasmagoria of Dim. Dream (東方夢時空 Tōhō Yumejikū?, lit. "Oriental Dream Dimensions")
Adalah permainan satu versus satu, permainan ini dilabeli sebagai permainan Touhou ketiga, dilepaskan pada Desember 1997 di festival Comiket ke 53.[4]
Lotus Land Story (東方幻想郷 Tōhō Gensōkyō?, lit. "Fantastic Home Village of the East")
Permainan keempat dari seri permainan Touhou, dilepaskan pada Agustus 1998 di festival Comiket ke 54.[4] Permainan ini mengenalkan mode fokus, yang akhirnya akan diterapkan berkelanjutan pada seri Touhou berikutnya.
Mystic Square (東方怪綺談 Tōhō Kaikidan?, lit. "Fantastic Eastern Tales of Romance")
Permainan kelima dan final dari seri permainan Touhou untuk PC-98, dilepaskan pada Desember 1998 di festival Comiket ke 55.[4]

Permainan di Windows[sunting | sunting sumber]

Setelah Mistic Square, Touhou Project menjadi non-aktif selama empat tahun disaat pembuatnya ZUN sedang membuat score musik untuk permainan seihou. Dia lalu meninggalkan grup tersebut dan membuat permain Touhou untuk Windows di bawah naungan grup dia sendiri yang bernama Team Shanghai Alice. Kemampuan Touhou untuk dimainkan meningkat secara substansial dibandingkan dengan PC-98. semua pekerjaan dōjin dia berpusat di sekitar permainan di Windows.

The Embodiment of Scarlet Devil (東方紅魔郷 Tōhō Kōmakyō?, lit. "Eastern Lands of the Scarlet Devil")[5]
Permainan keenam dari seri permainan Touhou, bila sebelumnya menggunakan musik berbasis FM Synthesis di PC-98 permainan di Windows menggunakan Pulse-code modulation (dengan bantuan MIDI untuk latar belakang) dan menjadi permainan Touhou pertama yang berhasil menarik penggemar dari kalangan orang barat.
Perfect Cherry Blossom (東方妖々夢 Tōhō Yōyōmu?, lit. "Bewitching Eastern Dream")[5]
Permainan ketujuh dari seri permainan Touhou, tidak biasa seperti dengan seri Touhou lainnya Permainan ini menggunakan judul yang sama untuk Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang, biarpun penulisan dalam Bahasa Jepang dapat diterjemahkan secara harafiah menjadi Bewitching Dream.
Immaterial and Missing Power (東方萃夢想 Tōhō Suimusō?, lit. "Gathering Dreams in the East")[5]
Permainan ini dibuat dengan kolaborasi Twilight Frontier, dan permainan ke 7,5 dari seri permainan Touhou, dinamakan seri ke-7,5 dikarenakan baru saja melepaskan permainan Imperishable Night ke pasar, dan waktu pelepasan kedua permainan ini saling berdekatan.
Imperishable Night (東方永夜抄 Tōhō Eiyashō?, lit. "Eternal Night Vignette from the East")[5]
Permainan kedelapan dari seri permainan Touhou, dilepaskan pada konvensi Comiket ke-66 pada agustus 2004.[4]
Touhou ke-10 Mountain of Faith Marisa melawan Kanako Yasaka, bos terakhir dari stage 6.
Phantasmagoria of Flower View (東方花映塚 Tōhō Kaeizuka?, lit. "Oriental Flower Viewing Mound")[5]
Permainan kesembilan dari seri permainan Touhou, dilepaskan pada musim panas Agustus 2005 di konvensi Comiket ke-68.[4] Permainan ini menggunakan versus mode seperti pada Phantasmagoria of Dim. Dream, dan memiliki cara permainan yang sangan berbeda dengan tiga seri sebelumnya.
Shoot the Bullet (東方文花帖 Tōhō Bunkachō?, lit. "Oriental Cultural Album")[5]
Permainan ke-9,5 dari seri permainan Touhou, dilepaskan pada Desember 2005 di konvensi Comiket ke-69.[4] Permainan ini dimaksudkan sebagai fanbook resmi dari Bohemian Archive in Japanese Red.
Mountain of Faith (東方風神録 Tōhō Fūjinroku?, lit. "Eastern Wind God Chronicles")[5]
Permainan ke sepuluh dari seri permainan Touhou, diumumkan pertama kali pada awal bulan Mei 2007, versi percobaan dilepaskan pada konvensi Reitaisai ke empat pada tanggal 20 Mei 2007. Versi penuh atau akhir dari permainan ini dilepas pada hari pertama konvensi Comiket ke-72 pada 17 Agustus 2007.[4]
Reimu Hakurei melawan Utsuho Reiuzi, Bos terakhir dari stage6.
Subterranean Animism (東方地霊殿 Tōhō Chireiden?, lit. "Eastern Palace of the Earth Spirits")[5]
Permainan ke sebelas dari seri permainan Touhou, diumumkan pada tanggal 1 Mei 2008.[6] Versi demo dari permainan ini dilepaskan pada konvensi Reitaisai ke-5 bersamaan den gan versi akhir dari Scarlet Weather Rhapsody. Versi akhir dari permainan ini dilepaskan pada konvensi Comiket ke-74 pada tanggal 16 Agustus 2008.
Undefined Fantastic Object (東方星蓮船 Tōhō Seirensen?, lit. "Star-Lotus Ship of the East")[5]
Permainan ke dua belas dari seri permainan Touhou, permainan ini diumumkan pada tanggal 26 Februari 2009.[7] Demo dari permainan ini dilepas pada konvensi Reitasisai ke-6 pada 8 Maret 2009, dan versi akhir pada 15 Agustus 2009, di konvensi Comiket ke-76
Touhou Hisōtensoku (東方非想天則 〜 超弩級ギニョルの謎を追え Tōhō Hisōtensoku ~ Chōdokyū Ginyoru no Nazo wo Oe?, lit. "Lacking Perception of the Rule of Heaven in the East ~ Chase the Enigma of the Superdreadnought Guignol")
Permainan dengan mode versus ketiga dan ke 12,3 dari seri permainan touhou[8] diselesaikan oleh Team Sanghai Alice dan Twilight Frontier. Permainan ini diumumkan pada tanggal 23 July 2009, dan dilepas pada konvensi Comiket ke-76 pada tanggal 15 Agustus 2009.[9]
Double Spoiler (ダブルスポイラー 〜 東方文花帖 Daburu Supoiraa ~ Tōhō Bunkachō?, lit. "Double Spoiler ~ Oriental Cultural Album")
Permainan ke-12,5 dari seri permainan Touhou, diumumkan oleh ZUN pada 3 Maret 2010.[10] Permainan ini dilepas pada 14 Maret 2010 di konvensi Reitaisai ke-7.
Fairy Wars (妖精大戦争 〜 東方三月精 Yōsei Daisensō ~ Tōhō Sangetsusei?, lit. "Great Fairy Wars ~ Eastern Three Fairies")
Permainan ke-12,8 dari seri permainan Touhou, diumumkan oleh ZUN pada 23 Juli 2010.[11] permainan ini adalah kelanjutan dari seri manga Touhou Sangetsusei, dan dilepas di konvensi Comiket ke-78 pada 14 Agustus 2010.
Ten Desires (東方神霊廟 Tōhō Shinreibyō?, lit. "Eastern Divine Spirit Mausoleum")[5]
Permainan ke tiga belas dari seri permainan Touhou pada 28 Februari 2011.[12] Peluncuran versi demo dipotong dan ditunjukan di konvensi Reitaisai ke-8 pada 13 Maret 2011, peluncuran versi percobaan dibatalkan sementara waktu dikarenakan Gempa bumi Sendai 2011. Versi akhir dari permainan ini dilepas di konvensi Comiket ke-80 pada 13 Agustus 2011.
Hopeless Masquerade (東方心綺楼 Tōhō Shinkirou?, lit. "Eastern Tower of Heart Fabric")[5]
Permainan ke-13,5 dari seri permainan Touhou, dan permainan keempat yang menggunakan mode versus. Dibuat oleh Team Sanghai Alice bekerja sama dengan Twillight Frontier. Permainan ini diumumkan pada 5 Oktober 2012. Fitur permainan ini sangat berbeda dengan gaya 2D versi permainan sebelumnya.[13] Versi demo dilepaskan di konvensi Comiket ke-83 pada Desember 2012 dan versi akhir pada 26 Mei 2013 di konvensi Reitaisai ke-10.
Double Dealing Character (東方輝針城 Touhou Kishinjō?, lit. "Eastern Castle of Radiant Needles")[5]
Permainan ke empat belas dari seri permainan Touhou, diumumkan oleh ZUN pada 11 Mei 2013.[14] Versi perobaan dilepaskan di konvensi Reitaisai ke-10 padaw 26 Mei 2013, dan versi penuh di konvensi Comiket ke-84 pada 12 Agustus 2013.
Impossible Spell Card (弾幕アマノジャク Danmaku Amanojaku?)[5]
Permainan ke-14,3 dari seri resmi permainan Touhou, diumumkan pada 12 April 2014 dan dilepas di konvensi Reitasiai ke-11 pada 11 Mei 2014.
Urban Legend in Limbo[5]
Permainan ke-14,5 dari seri resmi permainan Touhou, diumumkan oleh ZUN di Digital Game Expo 2014 pada 16 November 2014, dan direncanakan akan dilepaskan pada tahun 2015. Artist dari permainan ini adalah Moe Harukawa, dan diumumkan oleh ZUN bersamaan dengan minigame berjudul Danmaku Amanojaku Gold Rush.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tomohiro, Katada (2008-10-03). "ニコ動、2ちゃんねるで人気の「東方Project」って何だ?)" [What is this 'Touhou Project' popular on Nicovideo and 2ch?] (dalam bahasa bahasa Jepang). R25.jp. Diakses 2009-07-10. 
  2. ^ "Most prolific fan-made shooter series". Guinness World Records. Diarsipkan dari aslinya tanggal April 24, 2013. Diakses 2011-09-24. 
  3. ^ Guinness World Records Gamer's Edition 2011. Guinness World Records Ltd. 2011. hlm. 49. ISBN 978-1-4053-6546-8. 
  4. ^ a b c d e f g h infoseek.co.jp Diakses 8 Januari 2014
  5. ^ a b c d e f g h i j k l m n 東方シリーズ (Touhou series). Diakses 8 Januari 2014
  6. ^ ZUN (2008-05-01). "Touhou Project Eleventh Bullet" (dalam bahasa Jepang). Diakses 2008-05-02. 
  7. ^ ZUN. "Touhou Project 12 Touhou Seirensen" (dalam bahasa Jepang). Diakses 2009-07-10. 
  8. ^ "Touhou Hisōtensoku official website" (dalam bahasa Jepang). Diakses 2009-07-23. 
  9. ^ "Tasogare Frontier's log" (dalam bahasa Jepang). 2009-07-23. Diakses 2009-07-23. 
  10. ^ "東方Project 第12.5弾" [Touhou Project 12.5] (dalam bahasa Jepang). ZUN. Diakses March 2, 2010. 
  11. ^ "NatsuComi Information" (dalam bahasa Jepang). ZUN. July 23, 2010. Diakses July 24, 2010. 
  12. ^ "東方Project第13弾 東方神霊廟 〜 Ten Desires." [Touhou Project 13th Game Touhou Shinreibyō ~ Ten Desires.] (dalam bahasa Jepang). ZUN. February 28, 2011. Diakses February 28, 2011. 
  13. ^ "東方心綺楼 ~ Hopeless Masquerade" (dalam bahasa Jepang). Twilight Frontier. Diakses October 5, 2012. 
  14. ^ "東方Project 第14弾の情報です" [News About the 14th Game in the Touhou Project] (dalam bahasa Jepang). ZUN. May 11, 2013. Diakses May 11, 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]