Tombal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tombal
Panel bergambar Pierre Tombal di Stasiun Metro Janson, Belgia
Informasi publikasi
PenerbitBelgia Dupuis (Majalah Spirou) (1983)
Indonesia Aya Media (1990)
GenreKomik
Tanggal penerbitan1983
No. terbitan32+1 album
Tim kreatif
Ditulis olehRaoul Cauvin
ArtisMarc Hardy

Tombal (Judul Asli: Pierre Tombal) adalah komik setrip lelucon asal Belgia dalam Bahasa Perancis, digambar oleh Marc Hardy dan ditulis oleh Raoul Cauvin, tentang seorang penggali kubur dan orang-orang mati di pemakamannya. Serial ini telah disindikasikan sejak 1983 dan diterbitkan di majalah Belgia Spirou oleh Dupuis.[1] Komik ini diterjemahkan dan diterbitkan oleh Aya Media dalam Bahasa Indonesia tahun 1990.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Tombal berkisah tentang seorang pengurus makam, Pierre Tombal (plesetan dari pierre tombale, batu nisan dalam bahasa Prancis), yang memiliki sebuah kompleks pemakaman. Dia mampu berbicara dengan orang mati di pemakaman miliknya, yang sering membuat takut pengunjung, terutama ketika mayat berbicara atau bereaksi kembali. Pierre berfungsi sebagai juru bicara, pelayan, penolong dan penjaga yang dapat dipercaya untuk kepentingan orang-orang yang dimakamkan di sana. Banyak lelucon komedi hitam tentang berbagai cara penghuninya meninggal atau bagaimana mereka menghabiskan kehidupan sehari-hari mereka di dalam kubur. Tema lelucon utama adalah persaingan Pierre dengan pemilik krematorium dan kapten yang menyukai penguburan di laut. Grim Reaper juga merupakan karakter yang berulang.[1]

Bahasa lain[sunting | sunting sumber]

Dalam bahasa Belanda serial ini diterbitkan dengan nama G. Raf Zerk. Dalam bahasa Spanyol sebagai Pedro Tumbas. Dalam bahasa Inggris sebagai Pierre Tombal. Dalam bahasa Yunani sebagai Πιέρ το Κοράκι.

Daftar Album[sunting | sunting sumber]

H.S. Best Of, Tome 1, 2003 (ISBN 978-2-8001-3203-7).

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]