Tim nasional sepak bola San Marino

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
San Marino
Lambang asosiasi
Julukan La Serenissima, The Big Club
Asosiasi Federasi Sepak Bola San Marino
Konfederasi UEFA (Eropa)
Pelatih Bendera San Marino Giampaolo Mazza
Kapten Andy Selva
Penampilan terbanyak Mirco Gennari, Federico Gasperoni (48)
Pencetak gol terbanyak Andy Selva (7)
Stadion kandang Stadion Olimpiade
Kode FIFA SMR
Peringkat FIFA 200
Peringkat FIFA tertinggi 118 (September 1993)
Peringkat FIFA terendah 200 (Mei, Agustus 2008)
Peringkat Elo 194
Kostum kandang
Kostum tandang
Pertandingan internasional pertama
San Marino Bendera San Marino 0 – 4 Bendera Swiss Swiss
(Serravalle, San Marino; 14 November 1990)
Kemenangan terbesar
San Marino Bendera San Marino 1 – 0 Bendera Liechtenstein Liechtenstein
(Serravalle, San Marino; 28 April 2004)
Kekalahan terbesar
San Marino Bendera San Marino 0 – 13 Bendera Jerman Jerman
(Serravalle, San Marino; 6 September, 2006)
Piala Dunia
Penampilan - (pertama kali pada _)
Piala Eropa
Penampilan - (pertama kali pada _)

Tim nasional sepak bola San Marino merupakan tim nasional sepak bola San Marino yang dikendalikan Federasi Sepak Bola San Marino. Tim ini telah menikmati kesuksesan mereka yang sangat kecil, karena populasi negara yang sangat kecil, terkecil di antara negara UEFA lainnya.

Pertandingan resmi pertama yang dijalani San Marino merupakan kekalahan 0–4 defeat pada Kualifikasi Piala Eropa 1992 melawan Swiss pada tahun 1990. Sebelumnya, sebuah tim San Marino telah mengalami kekalahan tipis 0 – 1 melawan tim nasional olimpiade Kanada pada tahun 1986, namun pertandingan tersebut bukan pertandingan resmi. Sejak membuat haluan kompetitif, San Marino telah berkompetisi di setiap Piala Eropa dan Piala Dunia FIFA, namun belum penah menang dalam suatu pertandingan dalam salah satu turnamen. Mereka hanya pernah memenangkan satu pertandingan, mengalahkan Liechtenstein dengan skor 1–0 pada sebuah pertandingan persahabatan pada 28 April 2004.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Meskipun Federasi Sepak Bola San Marino dibentuk pada 1931, Federasi ini tidak membentuk sebuah tim nasional hingga 1986, ketika sebuah tim mewakili Federasi, bermain melawan tim nasional Olimpiade Kanada pada sebuah pertandingan tak resmi. San Marino membentuk pertalian dengan badan pengurus FIFA dan UEFA pada 1988,[1] allowing the team to participate in major championships. Prior to this, Sammarinese players had been considered Italian in international football contexts.[2]

Pertandingan pertama San Marino di bawah pengaturan FIFA adalah saat melawan Swiss pada Kualifikasi Piala Eropa 1992 pada 14 November 1990. Pada pertandingan itu, San Marino kalah 4 – 0 dan kemudian kalah pada seluruh pertandingan selanjutnya pada kualifikasi tersebut. San Marino terutama sekali berjuang di pertandingan tandang. Mereka kalah di setiap pertandingan tandang mereka dengan setidaknya 4 gol bersarang di gawang mereka. San Marino hanya mencetak 1 gol, sebuah tendangan penalti pada kekalahan 1 – 3 di kandang terhadap Rumania [3] dan mengakui 33 tol pada totalnya.

Untuk kualifikasi Piala Dunia FIFA pertama mereka, San Marino diundi satu grup dengan Inggris, Belanda, Norwegia, Polandia, dan Turki. Pertandingan pembuka menghasilkan kekalahan 10 – 0 dari Norwegia. Pertandingan tandang telah kekurangan satu sisi, dan berakhir dengan skor 2–0 untuk kemenangan Norwegia. Sebuah kekalahan 4 – 1 dari Turki membuat San Marino mencetak gol pertamanya, dan hasil imbang 0 – 0 melawan Turki pada 10 Maret 1993 memberi mereka poin pertama mereka pada 10 Maret 1993. Pada kualifikasi final, melawan Inggris, Davide Gualtieri mencetak gol tercepat di sejarah kualifikasi Piala Dunia, setelah 8,3 detik, meski demikian, lalu mereka menelan kekalahan 7 – 1. [4] San Marino menyelesaikan kualifikasi tersebut dengan satu poin dan kemasukan 44 gol.

Kualifikasi untuk Piala Eropa 1996 diikuti pola yang sama terhadap Kejuaraan Eropa sebelumnya : mengalami kekalahan di setiap pertandingan. Sebuah pertandingan tandang melawan Finlandia memberi San Marino gol tandang pertama mereka di Kejuaraan Eropa. Pada pertandingan itu, San Marino kalah 4 – 1.[5] Gol tunggal mereka yang lain datang saat kekalahan kandang 3 – 1 melawan tim papan bawah Kepulauan Faroe. 2 kemenangan atas San Marino merupakan satu-satunya poin yang didulang Kepulauan Faroe dan pada pertandingan di Toftir, Kepulauan Faroe, sebuah kemenangan 3 – 0 merupakan rekor kemenangan kompetitif.[6]

Berdasarkan San Marino standar, kualifikasi untuk Piala Dunia 1998 membuat hasil yang mengecewakan. Kalah pada seluruh pertandingan lewan 3 gol atau lebih. San Marino juga gagal untuk mencetak satu gol pun. Kualifikasi ini saja di mana mereka gagal untuk mencetak angka. Kualifikasi untuk Piala Eropa 2000 juga menghasilkan kekalahan pada seluruh pertandingan. Pertandingan dengan selisih gol terkecil adalah saat melawan Siprus pada 18 November 1998, di mana San Marino kalah 1 – 0.

Pada April 2001, San Marino mendulang poin tandang pertama mereka, setelah berhasil menahan imbang Latvia 1 – 1 di Riga. San Marino mengakhiri kualifikasi babak penyisihan grup Piala Dunia 2002 dengan sebuah rekor terbaik. Mereka mampu mencetak 3 gol. 1 gol tercetak saat San Marino ditekuk Belgia 10 – 1. Pada kualifikasi Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA 2004, San Marino mengalami kekalahan pada seluruh pertandingan tandang, juga gagal mencetak gol. Pertandingan yang selisih golnya paling sedikit adalah saat mereka menjamu Latvia dan kemenangan Latvia tersebut dicetak di saat – saat terakhir. [5]

Pada April 2004, San Marino mendulang kemenangan pertama sejauh itu, dengan gol tunggal menit ke-5 Andy Selva melawan Liechtenstein pada sebuah pertandingan persahabatan. Pertandingan tersebut merupakan debut Martin Andermatt sebagai pelatih Liechtenstein. [7] Hasil – hasil selama kualifikasi untuk Piala Dunia 2006 mengikuti sedikit. Hasil selama kualifikasi untuk Piala Dunia FIFA 2006 memiliki kesamaan dengan kualifikasi grup yang dahulu. Pertandingan – pertandingan secara umum merupakan kekalahn satu pihak, dengan pengecualian dari gol tungal di kandang dari Lithuania dan Belgia.

Pembukaan pertandingan San Marino pada Kualifikasi Euro 2008 menghasilkan rekor kekalahan 13–0 defeat di kandang terhadap Jerman pada 6 September 2006. Mereka hanya 2 kali mencetak gol dan kemasuka 57 gol dan kalah pada seluruh 12 pertandingan, walaupun pada pertandingan kandang melawan Republik Irlandia, Siprus, dan Wales masing – masing hanya kalah melalui gol tunggal.

Stadion[sunting | sunting sumber]

San Marino memainkan pertandingan kandangnya di Stadion Olimpiade, sebuah stadion yang dimiliki pemerintah kotamadya di Serravalle yang juga menjadi tempat penyelenggaraan pertandingan kandang San Marino Calcio. Stadion ini memiliki kapasitas 5.387 tempat duduk.[8] Kehadiran saat pertandingan kandang San Marino rendah, dan pada saat menjalani pertandingan kandang pendukung tim lawan banyak dari pada yang mendukung tim nasional San Marino. Sebagai contoh, pada pertandingan melawan Irlandia pada Februari 2007, 2.500 dari 3.294 penonton merupakan pendukung Irlandia.[9][10]

San Marino telah memainkan 2 pertandingan kandanngnya di luar negaranya. Untuk kualifikasi Piala Dunia FIFA melawan Inggris dan Belanda pada tahun 1993, Stadion Renato Dall'Ara di Bologna yang berkapasitas 38.279 tempat duduk (atau lebih besar 5 kali dibanding Stadion Olimpiade) dipakai untuk menggelar pertandingan tersebut.

Rekor Piala Dunia[sunting | sunting sumber]

Rekor Kejuaraan Eropa[sunting | sunting sumber]

Pemain dan Manajer[sunting | sunting sumber]

Pada Januari 2006, Asosiasi Sepak Bola San Marino menamai Massimo Bonini sebagai pemain terbaik yang pernah mereka miliki.[2] Pemain San Marino satu – satunya yang pernah bermain di final Piala Eropa, Bonini mewakili Italia pada tingkat di bawah usia 21 tahun pada awal 1980-an, dan ia bermain untuk Juventus sejak 1981 hingga 1988, tetapi telah mencegah dari memperoleh penghormatan total karena suatu Perubahan aturan.[2] Pada saat itu San Marino menjadi seorang anggota penuh UEFA, Bonini telah dalam ke-tigapuluhnya, tetapi telah memperoleh 19 penampilan antara 1990 dan 1995.

Setelah pensiun dari bermain di lapangan hijau, Bonini kemudian menjadi pelatih San Marino,[2] melanjutkan Giorgio Leoni. Dia mengisi posisi tersebut hingga 1998, ketika ia telah digantikan oleh Giampaolo Mazza. Pada tahun 2007, Mazza adalah manajer terlama dari tim nasional Eropa lainnya.[11]

Rekor penampilan untuk San Marino dipenggang oleh Mirco Gennari, yang telah memperoleh 48 penampilan antara 1992 hingga 2003.[12] Andy Selva adalah pemegang rekor untuk pencetak gol terbanyak dengan 7 gol.

Skuad Saat Ini[sunting | sunting sumber]

Seperti pada tanggal 13 Oktober 2007[13]

Penjaga Gawang
Nama Tanggal Lahir Klub
Aldo Simoncini 30 Agustus 1986 Bendera Italia San Marino Calcio
Federico Valentini 22 Januari 1982 Bendera Italia Sporting NovaValmarecchia
Pemain Bertahan
Nama Tanggal Lahir Klub
Nicola Albani 15 April 1981 Bendera Italia Saludecio Calcio
Matteo Andreini 10 Oktober 1981 Bendera San Marino SP Tre Fiori
Giacomo Benedettini 10 Oktober 1981 Bendera San Marino SP Tre Fiori
Gianluca Bollini 24 Maret 1980 Bendera Italia Sporting NovaValmarecchia
Alessandro Della Valle 8 Juni 1982 Bendera Italia Scot Due Emme
Carlo Valentini 15 Maret 1982 Bendera Italia Sporting NovaValmarecchia
Fabio Vitaoli 5 April 1984 Bendera Italia Olympia Secchiano
Pemain Tengah
Nama Tanggal Lahir Klub
Matteo Bugli 3 Oktober 1983 Bendera Italia Olympia Secchiano
Mattia Masi 4 Desember 1984 Bendera Italia U.S. Poggibonsi
Paolo Mariotti 11 Mei 1979 Bendera San Marino S.S. Pennarossa
Federico Nanni 22 September 1981 Bendera Italia Sant Ermete Calcio
Davide Vagnetti 19 Juli 1983 Bendera San Marino A.C. Juvenes/Dogana
Damiano Vannucci 30 Juli 1977 Bendera San Marino A.C. Libertas
Penyerang
Nama Tanggal Lahir Klub
Giacomo Bologna 8 Maret 1982 Bendera San Marino S.P. La Fiorita
Marco De Luigi 21 Maret 1978 Bendera Italia Santa Giustina
Manuel Marani 7 Juni 1984 Bendera Italia A.S.D. Del Conca
Andy Selva 21 Mei 1976 Bendera Italia U.S. Sassuolo Calcio

Rekor[sunting | sunting sumber]

Pencetak gol terbanyak[sunting | sunting sumber]

# Pemain Karier Gol (penampilan) Gol per pertandingan
1 Andy Selva 1994— 7 (30) 0,23

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

References[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]