The Royal Tailor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Royal Tailor
The Tailors Character Poster
Poster promosi untuk The Royal Tailor
Nama lain
Hangul상의원
Alih Aksara yang DisempurnakanSanguiwon
SutradaraLee Won-suk
ProduserKim Su-jin
Yun In-beom
Ditulis olehLee Byoung-hak
PemeranHan Suk-kyu
Go Soo
Park Shin-hye
Yoo Yeon-seok
Penata musikMowg
SinematograferKim Ji-yong
PenyuntingNam Na-yeong
Perusahaan
produksi
Bidangil Pictures
Waw Pictures[1]
DistributorShowbox (Korea Selatan)
Finecut (seluruh dunia)
Tanggal rilis
  • 24 Desember 2014 (2014-12-24)
Durasi127 menit
NegaraKorea Selatan
BahasaKorea
AnggaranUS$10 juta[2]
Pendapatan
kotor
US$5,406,469[3]

The Royal Tailor (Hangul상의원; RRSanguiwon) adalah film sejarah Korea Selatan tahun 2014 yang disutradarai oleh Lee Won-suk, dan dibintangi oleh Han Suk-kyu, Go Soo, Park Shin-hye dan Yoo Yeon-seok.[4][5][6] Persaingan antara dua penjahit di Sanguiwon, di mana pakaian yang dikenakan oleh anggota keluarga kerajaan yang dibuat selama era Joseon, menjerumuskan ke skandal dan tragedi di istana.[7][8][9]

Alur[sunting | sunting sumber]

Film ini dimulai dengan konferensi pers pada era modern, di mana Jo Dol-seok diperkenalkan sebagai satu-satunya penjahit kerajaan, yang seorang diri merevolusi busana dinasti Joseon Korea. Sebelum salah satu karyanya ditampilkan, adegan berubah menjadi era kerajaan Joseon, dimana cerita lainnya: Jo Dol-seok telah menjahit pakaian untuk raja dari tiga generasi sebelum akhirnya menjadi kepala Sanguiwon, departemen yang bertanggung jawab untuk pakaian keluarga kerajaan. Jo lahir sebagai rakyat biasa, dan berharap untuk meningkatkan status sosialnya setelah melayani keluarga kerajaan selama tiga puluh tahun. Secara hati-hati menggunakan aturan dan pola tradisional, Dol-seok menolak permintaan Ratu ketika dia meminta dia untuk menggantikan jubah raja yang tidak sengaja dibakar oleh Gungnyeo (petugas perempuan). Dia menegaskan bahwa untuk melakukannya akan melawan kebiasaan istana, tetapi juga tidak mungkin dalam waktu singkat sebelum jubah diperlukan. Cemas untuk menutupi kesalahannya, ratu mencari desainer di tempat lain. Dia diperkenalkan ke Lee Gong-jin, seorang desainer muda yang terlihat baik dan keahlian dalam membuat hanbok yang tidak konvensional telah mempesona banyak perempuan di ibukota; ia digambarkan di film sebagai menciptakan desain berbentuk hanbok berbentuk lonceng dan memperkenalkan warna baru. Gong-jin jatuh cinta dengan ratu pada pandangan pertama dan menggunakan karunia yang luar biasa sebagai penjahit untuk menyelamatkan gaun itu. Dia kemudian menjadi seorang penjahit di Sanguiwon dan memulai karier makmur. Dia berulang kali menggunakan keahliannya untuk mendukung ratu, yang berisiko diturunkan dan diganti karena dia dan raja - yang tidak pernah mengunjunginya - tidak memiliki anak.

Segera Dol-seok menjadi cemburu akan bakat desainer muda tersebut, dimana kemampuannya dalam mendesain sesuatu yang baru dia tidak bisa saingi dengan dia yang menggunakan bentuk tradisional; dia takut posisinya sendiri sebagai penjahit terbaik digerogoti. Dia membiarkan raja menggunakan dia untuk menjebak Gong-jin karena berusaha membunuh raja. raja kemudian mencoba untuk meletakkan kesalahan pada ratu untuk menghasut penjahit muda, tetapi Gong-jin menyelamatkan ratu dengan mengklaim ia bertindak atas motifnya sendiri. Bahkan ketika desainer muda menunggu eksekusi, penjahit kepala bersumpah agar namanya dihapus dari sejarah. Hanya ketika Gong-jin sudah mati, tidak hanya ratu, tetapi akhirnya juga Dol-seok diam-diam meratapi kematiannya.

Pada akhir film, wanita Joseon yang terlihat mengenakan berbentuk lonceng, hanbok berwarna riang Gong-jin. Pada gambar terakhir, desain Gong-jin dari pakaian upacara kerajaan Ratu ditampilkan pada konferensi pers modern, tetapi seperti yang diisyaratkan dalam adegan pertama, itu salah dikaitkan dengan Jo Dol-seok.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Han Suk-kyu sebagai Jo Dol-seok
  • Go Soo sebagai Lee Gong-jin[10]
  • Park Shin-hye sebagai Ratu[11][12]
  • Yoo Yeon-seok sebagai Raja
  • Ma Dong-seok sebagai Pan-soo
  • Shin So-yul sebagai Wol-hyang
  • Lee Yu-bi sebagai Selir Kerajaan Soui
  • Jo Dal-hwan sebagai Dae-gil
  • Bae Sung-woo sebagai Je-jo
  • Park So-dam
  • Jo Hyeon-do sebagai Dol-seok muda
  • Heo Sung-tae sebagai Petugas Jong
  • Kim Jae-hwa sebagai Ji-mil
  • Kim Seo-hyun sebagai Dae-jeon
  • Woo Do-im sebagai Hong-ok
  • Lee Do-yeon sebagai Dayang Istana Hong
  • Yang Eun-yong sebagai istri bangsawan
  • Kang Ji-won sebagai Nyonya Kim
  • Kim Hye-hwa sebagai Nyonya Lee
  • Choi Hee-jin sebagai Nyonya Park
  • Park Yeong-gyu sebagai Ssang-dung-i yangban
  • Park Gun-hyung sebagai Chwui-hyang-ru yangban
  • Park Byung-eun sebagai mendiang Raja

Produksi[sunting | sunting sumber]

Proses pengambilan gambar dimulai pada tanggal 21 Februari 2014 dan diselesaikan pada tanggal 2 Juli 2014.[13][14]

Lebih dari 1,000 hanbok tampil dalam film ini, dengan aktris Park Shin-hye menggenakan 30 buah dengan bordiran yang rumit. ₩1 miliar (US$909,000) dihabiskan hanya untuk kostum, porsi yang signifikan dari total anggaran film sebesar ₩7.2 miliar. Desainer kostum Jo Sang-gyeong mengatakan ia terinspirasi oleh pakaian pada masa pemerintahan Raja Yeongjo (1694–1776), yang menurut catatan sejarah adalah ketika jeogori pendek, jaket yang berada di atas gaun, dan rok berbentuk botol mulai menjadi sesuatu yang modis.[8]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Film ini dirilis di Korea Selatan pada tanggal 24 Desember 2014.[15][16]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kim, Soo-hyun (17 November 2014). "KIM Joo-sung, CEO of Waw Pictures: "Waw will become a friend to film productions"". Korean Cinema Today. Diakses tanggal 1 December 2014. 
  2. ^ Frater, Patrick (7 November 2014). "AFM: Finecut Sews up Royal Rights (EXCLUSIVE)". Variety. Diakses tanggal 1 December 2014. 
  3. ^ "The Royal Tailor (2014)". Box Office Mojo. Diakses tanggal 23 January 2015. 
  4. ^ Conran, Pierce (26 December 2013). "HAN Suk-kyu and KO Soo Headline New Period Film". Korean Film Biz Zone. Diakses tanggal 29 November 2014. 
  5. ^ "Park Shin Hye and Yoo Yeon Suk Set to Appear in New Historical Film". Soompi. 25 December 2013. Diakses tanggal 29 November 2014. 
  6. ^ Lee, Sun-min (23 October 2013). "Actors flock to hot movie". Korea JoongAng Daily. Diakses tanggal 1 December 2014. 
  7. ^ Baek, Byung-yeul (12 December 2014). "Han aims to relive box office success through Royal Tailor". The Korea Times. Diakses tanggal 17 January 2015. 
  8. ^ a b Jin, Eun-soo (12 December 2014). "In Tailors, hanbok takes center stage". Korea JoongAng Daily. Diakses tanggal 15 December 2014. 
  9. ^ Lee, Ji-hye (15 December 2014). "In Focus: The Royal Tailor". Korean Cinema Today. Diakses tanggal 4 January 2015. 
  10. ^ Lee, Seung-mi (19 December 2014). "Go Soo lightens up for The Tailors". Korea JoongAng Daily. Diakses tanggal 27 December 2014. 
  11. ^ Kim, Min-jin (24 December 2014). "Film director praises Park Shin-hye". K-Pop Herald. Diakses tanggal 26 December 2014. 
  12. ^ Kim, Min-jin (7 January 2015). "Park Shin-hye spreads beauty of hanbok". The Korea Herald. Diakses tanggal 23 January 2015. 
  13. ^ "Filming Ends for The Tailors Starred by Han Suk-kyu, Go Soo, Park Shin-hye and Yoo Yeon-seok". Get It K. 3 July 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-12-01. Diakses tanggal 29 November 2014. 
  14. ^ Jo, Yeon-kyung (25 November 2014). "Yoo Yeon Seok and Park Shin Hye Transform into King and Queen for Royal Tailor". enewsWorld. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal 1 December 2014. 
  15. ^ Noh, Jean (6 November 2014). "Buzz titles: Korea". Screen Daily. Diakses tanggal 1 December 2014. 
  16. ^ "Local & Hollywood fare to hit screens before year-end". The Korea Times. 25 November 2014. Diakses tanggal 29 November 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]