Jeogori

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jeogori

Jeogori adalah jenis pakaian tradisional Korea (Hanbok).[1] Jeogori merupakan baju atas yang dikenakan oleh pria atau wanita.[1] Jeogori pria dan wanita sama namun jeogori pria lebih besar dan panjang sampai menutupi bagian tubuh atas ke pinggang.[1] Sementara jeogori wanita batasnya hanya sampai di bawah dada. Bentuk ini tercipta semakin pendek sejak zaman Dinasti Joseon dan diwariskan sampai sekarang.

Garis kerah jeogori membentuk V yang dinamakan dongjeong dan diikatkan dengan pita pengikat yang dinamakan goreum.[2] Pita pengikat memiliki dua ujung yang salah satunya lebih panjang. Lengan baju jeogori dibuat bergaris lurus di atas dan melengkung di lengan baju agar leluasa dikenakan. Warna jeogori umumnya seragam, tetapi pita pengikat, ujung lengan baju atau lengan baju bisa berwarna lain. Pada laki-laki, bila hendak keluar rumah, mereka mengenakan jubah yang dinamakan durumagi.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d (Inggris)Korea Information - Traditional Clothing Diarsipkan 2014-04-06 di Wayback Machine., asia-planet. Diakses pada 26 Mei 2010.
  2. ^ (Inggris)Jeogori in Detail Diarsipkan 2010-05-07 di Wayback Machine., medieval-baltic. Diakses pada 26 Mei 2010.