T.R.I.A.D

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari The Rock (band))
T.R.I.A.D
Nama lainThe Rock (2007-2008)
The Rock Indonesia (2008-2010)
T.R.I.A.D (2010-sekarang)
AsalJakarta, Indonesia
Genre
Tahun aktif2007–sekarang
Label
Artis terkait
Anggota
Mantan anggota
  • Wahyu Sudiro
  • Mark Williams
  • Zachary Haidee-Keene
  • Michael Bennett
  • Clancy Alexander Tucker

T.R.I.A.D (sebelumnya The Rock) adalah grup musik rock Indonesia yang merupakan proyek sampingan dari grup musik rock Dewa 19 dan berada di bawah manajemen Republik Cinta, seperti Dewi Dewi dan Andra and the BackBone. Anggota lainnya adalah mantan anggota band underground asal Australia, Fire Shark, yaitu Mark Williams, Zachary Haidee-Keene, Michael Bennett, dan Clancy Alexander Tucker. Album pertamanya adalah Master Mister Ahmad Dhani I yang dirilis pada tanggal 30 Agustus 2007.[1] Album tersebut menghasilkan hits "Munajat Cinta" dan "Kamu-Kamulah Surgaku".

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awal mula[sunting | sunting sumber]

Awal dari pembentukan The Rock yaitu ketika Ahmad Dhani sedang merekam albumnya disalah satu studio di Australia, dan bertemu dengan anggota Fire Shark.[2] Ide berkolaborasi membentuk The Rock bermula dari perbincangan antara Dhani dengan gitaris Fire Shark, Clancy Alexander Tucker.[2] Dhani maupun Fire Shark sama-sama ingin bermain di luar negeri (go international), mereka membentuk The Rock.[2] Namun, Dhani tidak meninggalkan Dewa 19 dan Fire Shark tidak bubar.[2]

Master Mister Ahmad Dhani I[sunting | sunting sumber]

Album pertama The Rock, Master Mister Ahmad Dhani I, dirilis pada tanggal 30 Agustus 2007.[1] Album ini berisikan 3 lagu baru yaitu "Munajat Cinta", "Kamu-kamulah Surgaku", dan "Aku Bukan Siapa-Siapa". Lagu lainnya merupakan aransemen ulang (remix) lagu-lagu lama ciptaan Ahmad Dhani dari Dewa 19, Ahmad Band, dan lagu yang pernah dinyanyikan oleh Ari Lasso, "Rahasia Perempuan". Sebagian dari lagu yang ada di album ini beraliran rock, tetapi ada juga aransemen ulang beraliran swing. Singel dari album ini adalah "Munajat Cinta" serta "Kamu-Kamulah Surgaku". Di antara keduanya, lagu "Munajat Cinta" menjadi hits.

Menurut Dhani, album ini masih menempatkan Dhani sebagai "pemimpin" The Rock, sementara yang lain hanya mengikuti.[1] Pun mereka belum berkolaborasi karena belum memungkinkan.[1] Fire Shark merupakan band underground yang beraliran hard core, sedangkan Dewa 19 beraliran poprock.[1] Dhani menambahkan, musik Fire Shark lebih maju dibandingkan Dewa 19, sehingga sulit bagi Dhani untuk mengikuti mereka.[1] Sementara ini, Fire Shark mengikuti genre musik Dhani dalam The Rock. Kolaborasi dalam arti membuat musik dan liriknya baru akan dibuat di album kedua The Rock.[1]

The Rock pertama kali tampil di Cafe The Rock di Kemang, Jakarta Selatan.[1] Setelah itu, The Rock mengadakan konser di 10 kota, yaitu Tasikmalaya pada tanggal 19 Agustus, Bogor (22/8), Bandung (25/8), Jakarta (26/8), Solo (29/8), Semarang (31/8), Jogjakarta (1/9), Malang (5/9), Surabaya (7/9), dan di Denpasar (8/9).[2] Konser-konser tersebut disponsori oleh Marlboro, salah satu produsen rokok.[2]

Pada tahun 2008 The Rock meluncurkan single-nya berjudul Kenyataan Dalam Dunia Fantasi yang dinyanyikan duet dengan band Koil. Single tersebut dikemas dalam album kompilasi karya artis-artis Republik Cinta Management, dengan tajuk The Best of Republik Cinta Vol. 1.

Perubahan Nama[sunting | sunting sumber]

Pada Januari 2010, grup musik dengan personel Ahmad Dhani, Ikmal, Icez, Mitha, dan Tharaz ini mengubah nama panggung mereka menjadi T.R.I.A.D dengan anggota yang sama.

Ikmal Tobing, pemain drum, mengonfirmasi hal tersebut pada media usai acara peluncuran Studio Musik 33 di Tanah Baru, Beji, Depok, Minggu, 14 Desember 2009. Menurutnya, peluncuran nama ini akan dibarengi dengan peluncuran album kedua mereka.

Menurut mantan personel Band Lemon Tea tersebut, T.R.I.A.D memerlukan pemain tambahan untuk peluncuran perdananya. Pasalnya, Mitha sedang mempunyai kesibukan di luar jadwal panggung The Rock. Saat itu Ikmal juga tengah sibuk mengurus band Portal dan sebuah band indie, serta fokus pada olahraga futsal.

Nama Baru[sunting | sunting sumber]

Ahmad Dhani mengonfirmasi pergantian nama panggung grup musik ini saat menggarap video klip lagu "Selir Hati". Sebelum pergantian, nama yang digunakan adalah "Master Mister Ahmad Dhani I". Waktu itu, dia hanya menyebutkan bahwa "TRI Ahmad Dhani" adalah judul album baru miliknya. Hingga sekarang, nama ini masih digunakan.

Dalam album baru tersebut, terdapat lagu dangdut yang berjudul "Pasrah", milik Muchsin Alatas. Meski mengaku kesulitan untuk menyanyikan lagu kebangsaan ini, Ahmad Dhani tetap berusaha memberi sentuhan dangdut dengan konsepnya sendiri.

Di album barunya itu, dia mengajak Dewi Perssik untuk bergabung dengan RCM untuk menyanyikan lagu berjudul "Selir Hati", "Sedang Mikirin Kamu", sedangkan lagu berjudul "Mama" dipersembahkan khusus untuk sang mama. Selain itu, ada juga lagu berjudul "Benar Salah Dia Idolaku" yang ditujukan untuk tokoh idolanya, yakni Bung Karno.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album Kompilasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]