The Last Outpost

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Episode Star Trek: TNG
"The Last Outpost"
STLastOutpost.jpg
Episode no. 5
Kode prod. 107
Mengudara 19 Oktober 1987
Penulis Herbert Wright
Richard Krzemien
Sutradara Richard Colla
Bintang tamu Armin Shimerman,
Jake Dengel,
Tracey Walter,
Darryl Henriques,
Mike Gomez
Tahun 2363
Stardate 41386.4
Kronologi episode
Sebelumnya "Code of Honor"
Sesudahnya "Where No One Has Gone Before"


The Last Outpost adalah episode tahun pertama Star Trek: The Next Generation. Nomor urut #5, kode produksi #107, ditayangkan 19 Oktober 1987. Ditulis oleh Herbert Wright, berdasarkan cerita oleh Richard Krzemien, disutradarai Richard Colla.

Bintang tamu Armin Shimerman, Jake Dengel dan Tracey Walter.


Pada stardate 41194.6, Enterprise sedang mengejar sebuah pesawat Ferengi yang dicurigai mencuri sebuah T-9 energy converter dari sebuah stasiun Federation. Pesawat Ferengi masuk ke sistem Delphi Ardu yang belum pernah dijelajah sebelumnya dan berhenti di dekat sebuah planet. Ini adalah kali pertama pesawat Federation berdekatan dengan musuh baru mereka.

Enterprise kemudian kehilangan tenaga dan ditarik oleh suatu kekuatan untuk mengorbit planet tersebut. Mereka khawatir bahwa ini adalah senjata rahasia Ferengi. Data mengatakan bahwa spesies Ferengi adalah bangsa pedagang. Mereka memperoleh teknologi dengan cara membelinya dari spesies lain.

Troi menyarankan bahwa mereka mengalihkan perhatian pada planet di bawah mereka. Ada kemungkinan kekuatan yang menahan Enterprise bukan datang dari Ferengi, namun dari planet itu. Picard lantas menjalankan strategi untuk menyerah pada lawan karena senjata mereka terbatas. Namun pemimpin Ferengi, Dai Mon Tarr, mengira Picard memerintahkan mereka untuk menyerah. Di sini Picard menyadari bahwa pesawat Ferengi juga dalam keadaan yang sama dengan Enterprise.

Picard mengirim beberapa awak ke permukaan planet. Data mengumpulkan data mengenai sejarah planet tersebut. Dahulu kala di sini ada kerajaan yang bernama Tkon Empire. Mereka telah punah selama 600.000 tahun, korban dari ledakan supernova.

Di atas planet, mereka bertemu dengan utusan dari pesawat Ferengi yang menyerang mereka. Tiba-tiba mereka semua pingsan, baik awak Enterprise maupun spesies Ferengi. Ketika mereka sadar kembali, Geordi melihat sebentuk mahluk dengan visornya. Mahluk ini memperkenalkan diri sebagai "Sang Penjaga" yang menjaga pintu masuk ke Tkon Empire.

Sang Penjaga kemudian berdebat dengan awak Enterprise dan spesies Ferengi mengenai keberadaan mereka di planet itu. Letek, pemimpin awak Ferengi di planet itu, memiliki filosofi hidup yang berpusat pada materi, seperti lazimnya spesies Ferengi. Riker, sebaliknya, menunjukkan kebijaksanaan dalam menghadapi lawan. Hal ini membuat Sang Penjaga menjadi lebih berpihak pada Riker. Sang Penjaga menawarkan pada Riker untuk menghancurkan pesawat Ferengi, namun Riker mengatakan bila ia melakukan hal itu, maka mereka belum menyadari kesalahan mereka sendiri. Sang Penjaga setuju akan hal ini dan melepaskan mereka untuk pergi.

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Episode ini adalah kemunculan pertama spesies Ferengi. Mulanya mereka direncanakan sebagai musuh baru Federation karena spesies Klingon sekarang telah berdamai. Namun penampilan mereka yang lucu membuat penonton tertawa. Karena itu spesies lain diciptakan untuk musuh Federation, misalnya Borg, Romulan, dan Cardassian.
  • Letek dimainkan oleh Armin Shimerman, yang kemudian menjadi terkenal sebagai Quark dalam Star Trek: Deep Space Nine. Shimerman juga muncul sebagai Wedding Gift Box dalam Haven dan DaiMon Bractor dalam Peak Performance. Shimerman menjadi salah satu dari 8 aktor yang pernah muncul dalam 3 seri Star Trek: Star Trek: The Next Generation, Star Trek: Deep Space Nine, dan Star Trek: Voyager.
  • Menurut versi awal naskah, Sang Penjaga adalah gnome.