The House of Hades

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The House of Hades
PengarangRick Riordan
Judul asliThe House of Hades
Penerjemah
NegaraAmerika Serikat
BahasaIndonesia
GenreFantasi
PenerbitMizan Media Utama
Tanggal terbit
Februari 2014
Halaman640
ISBNISBN 978-602-1606-84-1

The House of Hades merupakan novel karangan novelis Amerika Serikat, Rick Riordan yang mengusung konsep orang ketiga.[1] The House of Hades pertama kali diterbitkan pada tanggal 8 Oktober 2013 dan diterbitkan di Indonesia pada Februari 2014 yang diterbitkan oleh Mizan Media Utama. The House of Hades merupakan buku keempat dari seri The Heroes of Olympus, yang terdiri dari The Lost Hero, The Son of Neptune, The Mark of Athena, The House of Hades, dan The Blood of Olympus[2]. The House of Hades mendapatkan penghargaan buku terlaris nomor satu oleh New York Times, USA Today, Globe & Mail, dan Wall Street Journal.[1]

Sinopis[sunting | sunting sumber]

The House of Hades menceritakan tentang setengah dewa Yunani Annabeth Chase, Leo Valdez, Piper McLean, dan Percy Jackson dan setengah dewa Roma Jason Grace, Hazel Levesque, dan Frank Zhang (atau The Seven) berusaha menutup pintu ajal yang telah dikuasai dewi Gaea untuk menciptakan perang antara Perkemahan Jupiter (Camp Jupiter) dan Perkemahan Blasteran (Camp Half-blood). Gaea juga menangkap Sang Maut, sehingga para monster yang terbuyarkan menjadi abu di Tartarus dapat kembali ke Dunia. Untuk melancarkan rencana tersebut, Gaea menyuruh pasukannya untuk menghentikan perjalanan setengah dewa tersebut yang bertujuan untuk menyelamatkan Dunia[3].

Cerita The House of Hades diawali beberapa hari setelah akhir cerita Athena. Cerita The House of Hades dibagi menjadi dua. Cerita pertama terdiri dari Jason Grace, Hazel Levesque, Frank Zhang, Leo Valdez, Piper McLean, Nico di Angelo, dan Coach Hedge menaiki kapal Argonaut II dan berangkat menuju reruntuhan Kuil Hades di Yunani dari Roma, Italia setelah mereka kabur dengan selamat. Perjalanan menuju Kuil Hades dihadapi mencari jalan yang lain dikarenakan jalan di antara celah gunung dihalangi oleh dewa Roma Numinae Montanum dan dewa Yunani Ourae setelah mereka melempar batu atas suruhan Gaea[3].

Cerita kedua terdiri dari Percy Jackson dan Annabeth Chase yang terjatuh ke Tartarus dan tercebur ke sungai Cocytus. Setelah melawan sungai dan menepi ke tepi sungai dengan keadaan terluka, Annabeth dan Percy melanjutkan perjalanan untuk menemukan sungai Phlegeton guna menyembuhkan luka-luka mereka. Setelah dari sungai Phelegeton mereka melanjutkan perjalanan menuju jantung Tartarus dan melewati Sang Malam[3].

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama The Seven, antara lain[3]:

  • Annabeth Chase, sebagai anak perempuan Athena. Annabeth menemani Percy selama di Tartarus dan bertemu Titan Bob.
  • Leo Valdez, sebagai anak laki-laki Hefaistos. Leo jatuh ke Ogigia dan jatuh cinta kepada Calipso.
  • Piper McLean, sebagai anak perempuan Afrodit. Piper melawan Clytius bersama Frank dan Jason.
  • Percy Jackson, sebagai anak laki-laki Poseidon. Percy menemani Annabeth selama di Tartarus dan bertemu Titan Bob.
  • Jason Grace, sebagai anak setengah dewa Jupiter. Jason dihadang dengan dewa Kupido.
  • Hazel Levesque, sebagai anak perempuan Pluto. Hazel bertemu dengan Hecate, yang memberikan jalan ke arah TImur dan Barat, tetapi ditolak Hazel. Hecate menawarkan jalan ke arah Utara dengan syarat Hazel bisa melakukan sihir kabut dan Hazel setuju atas syaratnya.
  • Frank Zhang, sebagai anak laki-laki Mars. Frank berusaha untuk mengontrol mayat hidup sesuai keinginan Frank.


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b PearlyDewdrops (2014-03-11). "Heroes of Olympus: The House of Hades by Rick Riordan – review". The Guardian (dalam bahasa Inggris). ISSN 0261-3077. Diakses tanggal 2019-12-30. 
  2. ^ "THE HOUSE OF HADES - THE HEROES OF OLYMPUS #4 (REPUBLISH) - mizanstore". mizanstore.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-30. 
  3. ^ a b c d Riordan 2014.

Daftar Pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Riordan, Rick (2014). The House of Hades (Gerha Hades). Indonesia: Mizan Media Utama. hlm. 627. ISBN 978-602-1606-84-1.