The Guardian Project (perangkat lunak)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


The Guardian Project
MotoPeople, Apps and Code You Can Trust[1]
Komersial?No
Jenis proyekPenelitian dan Pengembangan, Perangkat Lunak Sumber Terbuka, Perangkat Lunak Enkripsi, Keamanan Seluler, Privasi Internet
PendiriNathan Freitas
Dimulai2009 (2009)
Situs webguardianproject.info

Proyek Guardian adalah proyek kolektif skala global bagi pengembang perangkat lunak, desainer, advokat, aktivis dan pelatih yang mengembangkan perangkat lunak sumber terbuka pada keamanan mobile dan sistem operasi tambahan.[2] Mereka juga menciptakan perangkat mobile yang disesuaikan untuk membantu individu berkomunikasi lebih bebas dan melindungi diri dari gangguan dan pemantauan. Upaya yang secara khusus berfokus pada pengguna yang tinggal atau bekerja dalam situasi berisiko tinggi dan sering menghadapi pengawasan konstan dalam upaya penyusupan ke perangkat mobile mereka serta aliran komunikasi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pendiri Nathan Freitas pernah menjadi pembicara di Konferensi Unlike Us pada 2013[3]

Proyek Guardian didirikan oleh Nathan Freitas pada tahun 2009 di Brooklyn, NY.[4][5][6] Sejak didirikan, Proyek Guardian ini telah dikembangkan lebih dari selusin aplikasi mobile untuk Android dan iOS dengan lebih dari dua juta unduhan dan ratusan ribu pengguna aktif. Proyek ini juga telah bermitra dengan proyek perangkat lunak sumber terbuka, aktivis kelompok, LSM, mitra komersial dan organisasi berita untuk mendukung kemampuan perangkat lunak keamanan perangkat seluler.

Pada November 2014, "ChatSecure + Orbot" mendapat skor tinggi pada Electronic Frontier Foundation's secure messaging scorecard, bersama dengan Cryptocat, TextSecure, "Signal / RedPhone", Silent Phone, dan Silent Text.[7] "Jitsi + Ostel" mencetak 6 dari 7 poin pada Electronic Frontier Foundation's secure messaging scorecard. Mereka kehilangan poin karena belum ada audit kode independen.

Pada Maret 2016, Freitas mengumumkan kemitraan dengan F-Droid dan CopperheadOS dengan tujuan menciptakan "sebuah solusi yang dapat dipercaya dari sistem operasi, melalui jaringan dan layanan jaringan, sampai ke toko aplikasi dan aplikasi itu sendiri".[8][9][10]

Pendanaan[sunting | sunting sumber]

Proyek Guardian telah menerima pendanaan dari Google, UC Berkeley dengan MacArthur Foundation, Avaaz, Internews, Open Technology Fund, WITNESS, The Knight Foundation, Benetech, dan Free Press Unlimited.[11]

Melalui kerja sama proyek-proyek seperti Proyek Tor, Commotion mesh dan StoryMaker, Proyek ini telah menerima dana investasi langsung dari Departemen luar Negeri AS (melalui[Bureau of Democracy, Human Rights, and Labor Biro Demokrasi, Hak asasi Manusia dan Ketenagakerjaan]) dan dari Kementerian Luar Negeri Belanda (melalui HIVOS).

Proyek aktif[sunting | sunting sumber]

Orbot
  • Orbot: Tor client untuk Android. Tor menggunakan Onion Routing untuk menyediakan akses koneksi pelayanan yang diblokir, disensor atau dimonitor, sementara juga melindungi identitas pengguna yang meminta sumber daya tersebut.[12] Orbot diinstal dengan orWall,[13] sebuah aplikasi yang menggunakan firewall dan kemudian menambahkan iptables yang diperlukan untuk pembentukan lalu lintas dalam mengizinkan lalu lintas Orbot, dan memaksa aplikasi yang dipilih untuk dialihkan ke Orbot TransPort. Selain Orbot, AFWall+, tersedia dalam repositori aplikasi F-Droid dan Google Play, adalah rekomendasi pilihan alternatif untuk merutekan ulang kembali lalu lintas keluar port lokal Tor, bahkan dengan aturan iptables,[14] dan dengan Jaringan Virtual Pribadi seperti OpenVPN. Akhirnya, NetCipher SDK adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Proyek Guardian untuk pengguna yang tertarik untuk mengaktifkan aplikasi mereka terhubung langsung dengan Orbot (dan thus dengan Orfox Tor browser).[15]
  • Orfox: Mitra mobile dari Peramban Tor. Proyek Guardian mengungumkan rilis stable alpha Orfox pada 30 Juni 2015. Orfox dibuat dari kode Fennec (Firefox untuk Android) dan repositori kode peramban Tor, dan memberikan patch keamanan lebih baik oleh tim pengembang Tor Browser. Beberapa karya pembuatan didasarkan pada proyek F-Droid [Fennec].[16] Di Orfox, proyek tersebut menghapus komponen WebRTC, koneksivitas Chromecast, izin aplikasi untuk mengakses kamera, mikrofon, kontak (buku alamat), data lokasi (GPS dan lainnya), dan NFC.[17] Orfox dibuat untuk menggantikan proyek peramban Orweb.
  • Orweb: Privasi peramban web yang ditingkatkan untuk mendukung proxy. Ketika menggunakan Orbot, Orweb melindungi dari analisis jaringan, memblokir cookies, tidak menyimpan riwayat penelusuran lokal, dan menonaktifkan Flash untuk menjaga keamanan pengguna.
  • ChatSecure: Aplikan pesan instan yang terintegrasi dengan protokal obrolan terenkripsi Off-the-Record. Secara formal disebut sebagau Gibberbot,[18] aplikasi ini tersedia di sumber terbuka aplikasi Google Talk dan dimodifikasi untuk mendukung protokol XMPP Jabber.
  • ObscuraCam: Aplikasi keamanan kamera yang dapat mengaburkan, mengenkripsi atau menghancurkan piksel yang ada didalam gambar. Proyek ini bekerjasama dengan WITNESS, organisasi advokasi video hak asasi manusia dan pelatihan.
  • Ostel: Alat yang memiliki panggilan VoIP terenkripsi end-to-end.[19] Ini adalah proyek terbuka Open Secure Telephony Network (OSTN), dengan tujuan untuk mempromosikan penggunaan protokol, standar, dan perangkat lunak bebas, untuk memberdayakan komunikasi suara aman end-to-end pada perangkat seluler, serta dengan komputer dekstop.
  • Haven – Aplikasi keamanan Android gratis dan open-source yang dirancang untuk memantau aktivitas yang terjadi pada perangkat dengan menggunakan sensor internal, dan untuk memperingkatkan pemilik perangkat dari aktivitas tersebut. Dikembangkan oleh Edward Snowden dibawah naungan Freedom of the Press Foundation.[20]

Distribusi[sunting | sunting sumber]

Proyek Guardian menyediakan unduhan aplikasi dari Google Play, Amazon Appstore, Aptoide, langsung dari situs web mereka, dan melalui F-Droid-kompatibel repositori.[21] Unduhan langsung yang ditandatangani dan dapat diverifikasi dengan pengembang utama.[22]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://guardianproject.info/
  2. ^ Thomas Lowenthal (19 April 2011). "For paranoid Androids, Guardian Project offers smartphone security". ArsTechnica.com. Diakses tanggal 15 May 2013. 
  3. ^ http://networkcultures.org/unlikeus/2013/03/25/nathan-freitas-checking-in-for-the-greater-good/
  4. ^ Nathan Freitas Tweet di Twitter
  5. ^ Nathan Freitas (20 March 2009). "Nathan Freitas on Guardian". YouTube.com. Diakses tanggal 15 May 2013. 
  6. ^ NANCY SCOLA (31 March 2011). "The Guardian Project: Building Mobile Security for a Dangerous World". TechPresident.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-12-24. Diakses tanggal 15 May 2013. 
  7. ^ "Secure Messaging Scorecard. Which apps and tools actually keep your messages safe?". Electronic Frontier Foundation. 2014-11-04. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-11-15. Diakses tanggal 2018-09-08. 
  8. ^ "Copperhead, Guardian Project and F-Droid Partner to Build Open, Verifiably Secure Mobile Ecosystem". 
  9. ^ "Announcing CopperheadOS Crowdfunding". 
  10. ^ "CopperheadOS wants to bring better security to Android". 
  11. ^ https://guardianproject.info/home/partners/
  12. ^ The Guardian Project. "Secure Mobile Apps". GuardianProject.info. Diakses tanggal 15 July 2015. 
  13. ^ "orWall Official Site". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-09-03. Diakses tanggal 2018-09-08. 
  14. ^ Templat:Citebweb
  15. ^ Netcipher on github.com URL Retrieved March 22, 2018
  16. ^ n8fr8 (2015-06-30). "Orfox: Aspiring to bring Tor Browser to Android". The Guardian Project. Diakses tanggal 2015-07-11. 
  17. ^ Long, Jacob (2015-07-01). "Orfox Is The Guardian Project's Latest App For Bringing The Tor Browser Experience To Android, First Alpha Release Is Available". Android Police. Illogical Robot LLC. Diakses tanggal 2015-07-21. 
  18. ^ Nathan Freitas (24 October 2013). "ChatSecure v12 Provides Comprehensive Mobile Security and a Whole New Look". GuardianProject.info. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-09-07. Diakses tanggal 24 October 2013. 
  19. ^ "Ostel OSTN". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-08-09. Diakses tanggal 6 September 2014. 
  20. ^ https://www.wired.com/story/snowden-haven-app-turns-phone-into-home-security-system/
  21. ^ Hans-Christoph Steiner (30 June 2014). "New Official Guardian Project app repo for FDroid!". Diakses tanggal 27 July 2014. 
  22. ^ "Signing Keys". The Guardian Project. Diakses tanggal 19 September 2014.