Thanks to Them

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

"Thanks to Them" adalah adalah pemutaran perdana musim ketiga dari serial televisi animasi Amerika The Owl House, dan episode ke-41 secara keseluruhan dari serial tersebut.

Thanks to Them
Episode The Owl House
Nomor episodeSeri Musim 3
Episode1

SutradaraBosook "Bo" Coburn
Amelia Lorenz
TeleplayEmmy Cicierega
Mikki Crisostomo
Madeleine Hernandez
Zach Marcus
John Bailey Owen
PengarangDana Terrace
Luz Batista
Emmy Cicierega
Mikki Crisostomo
Madeleine Hernandez
Zach Marcus
John Bailey Owen
PenyuntingDao Le
Tanggal siar15 Oktober 2022 (2022-10-15) (Disney Channel & Disney XD)
Durasi46 menit
Kronologi episode
← Sebelumnya
"King's Tide"
Selanjutnya →
"For the Future"

Episode ini ditayangkan perdana pada 15 Oktober 2022 di Disney Channel dan Disney XD.[1]

Alur[sunting | sunting sumber]

Menyusul peristiwa dalam episode "King's Tide", Luz dan ibunya dipertemukan kembali. Setelah mendengar tentang situasi mereka, Camila menerima teman-teman Luz dan melindungi mereka. Mereka menghabiskan beberapa bulan berikutnya mencoba menemukan jalan kembali ke Alam Iblis, di mana Amity, Willow, Hunter, dan Gus menyesuaikan diri dengan dunia manusia, Luz mengungkapkan kepada ibunya sebagai biseksual, memperkenalkan Amity sebagai pacarnya, dan Vee menciptakan identitas manusia baru untuk dirinya sendiri. Menjelang akhir Oktober, saat Luz bersekolah, teman-temannya menemukan sebuah kotak kecil di papan lantai rumah kosong di sebelah kediaman Noceda. Mereka menemukan peta di dalamnya, percaya itu bisa mengarah ke sesuatu yang berhubungan dengan portal. Keesokan harinya, mereka pergi menjelajahi kota dan belajar tentang peta, sementara Hunter tetap tinggal karena dia merasa Kaisar Belos mungkin mengikuti mereka dari Alam Iblis. Saat tiba di Gravesfield Historical Society, Masha, kurator dan teman Vee sejak dia menyamar sebagai Luz, memberi tahu mereka bahwa peta tersebut berisi teka-teki. Setelah mendekodekannya, mereka menyadari bahwa peta tersebut menunjukkan di mana Darah Titan disimpan. Amity memutuskan untuk mengejutkan Luz dengan penemuan di Gravesfield Halloween Festival tahunan sebagai cara untuk merayakan hari-hari terakhir mereka di Alam Manusia.

Sementara itu, Hunter memberi tahu Luz kekhawatirannya tentang Belos, jadi mereka pergi ke rumah kosong untuk menyelidiki. Setelah hanya menemukan posum di sana, mereka mengira mereka aman, tetapi Hunter tanpa sadar dirasuki oleh Belos. Ketika mereka kembali ke rumah, semua orang mengerjakan kostum Halloween [en] mereka. Gus menyarankan agar dia dan Hunter harus berpakaian seperti karakter novel favorit mereka, Cosmic Frontier, sementara Amity menyarankan agar dia dan Luz masing-masing harus menjadi Hecate dan Azura dari buku The Good Witch Azura dan film yang mereka tonton yakni Good Witch Azura The Movie 2: The Betrayanning. Saat mereka pergi ke Festival Halloween, Camila dan Vee tinggal di rumah untuk menangani tipuan atau perawatan, di mana Camila menemukan video diary Luz di mana dia memutuskan untuk tinggal di Alam Manusia secara permanen, berpikir itu akan menjadi yang terbaik untuk semua orang.

Di Festival, rombongan menghadiri Haunted Hayride, dipimpin oleh Masha, di mana mereka mempelajari kisah Wittebane bersaudara: dua anak laki-laki yatim piatu, Philip dan Caleb, datang ke Gravesfield dan menjadi pemburu penyihir sampai Caleb bertemu dan jatuh cinta dengan seorang penyihir bernama Evelyn, dan mengikutinya ke Alam Iblis dengan Philip mengikuti dalam pengejaran. Hunter memiliki penglihatan lain tentang Belos dan memberi tahu Luz tentang kejutan yang telah direncanakan Amity untuknya, menyarankan agar mereka menemukan Darah Titan terlebih dahulu untuk memastikan yang lain tidak mendapat masalah. Peta tersebut membawa mereka ke rawa di kuburan kota tempat Luz menemukan bahwa sihir mesin terbangnya berfungsi kembali saat mereka semakin dekat dengan Darah Titan. Dengan penemuan itu, Belos mengambil kendali penuh atas tubuh Hunter dan mencoba membunuh Luz. Setelah Camila dan Vee bertemu dengan yang lain, mereka semua datang untuk membantu Luz dan melawan Belos. Ketika Belos mencoba untuk menghancurkan palisman Hunter, Flapjack, Hunter mendapatkan kembali kendali atas tubuhnya dan melemparkan botol berisi Darah Titan ke dalam air. Belos melompat mengejarnya, menyebabkan Hunter hampir tenggelam, tapi Camila menyelamatkannya. Belos meninggalkan tubuh Hunter, menggunakan Darah untuk membuka portal ke Alam Iblis untuk menyelesaikan misinya memusnahkan semua jenis penyihir, dan kabur melewatinya. Hunter hampir mati, sehingga Flapjack mengorbankan dirinya untuk menghidupkannya kembali.

Saat semua berduka atas Flapjack, Luz akhirnya mengaku kepada teman-temannya bahwa dia pernah bertemu Philip di masa lalu dan tanpa sadar membantu rencananya untuk menghancurkan Boiling Isles. Sebelum dia dapat mengungkapkan keputusannya untuk tinggal di Alam Manusia, Camila dengan cepat mengumumkan bahwa dia akan bergabung dengan mereka di Alam Iblis untuk menghentikan Belos dan menyelamatkan Boiling Isles. Teman-teman Luz menghibur Luz sebelum mereka semua memasuki portal. Vee memutuskan untuk tetap tinggal untuk menjaga penampilan. Meyakinkan Luz bahwa dia siap menghadapi apa yang akan terjadi selanjutnya, Camila meraih tangan putrinya dan mereka melewati portal bersama sebelum ditutup.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Menurut pembuat acara Dana Terrace, produksi untuk musim terakhir diantisipasi untuk musim 20 episode penuh. Namun, terlepas dari popularitas serial tersebut, The Walt Disney Company akan mempersingkat musim ketiga menjadi tiga episode berdurasi 44 menit. Terrace tidak akan mengatakan bahwa Disney telah menghentikan acara tersebut karena konten acara tersebut banyak mengandung unsur LGBTQ+, meskipun acara tersebut dilarang di beberapa negara karena alasan itu, Dana mengatakan dalam Reddit AMA bahwa:

Meskipun kami memiliki masalah yang ditayangkan di beberapa negara (dan hanya langsung dilarang dalam beberapa negara lagi), Saya tidak akan menganggap itikad buruk terhadap orang-orang yang bekerja dengan saya di LA.

Dia malah akan mengatakan:

Pada akhirnya, ada beberapa pebisnis yang mengawasi apa yang cocok dengan merek Disney dan suatu hari salah satu dari mereka memutuskan [The Owl House] tidak cocok dengan 'merek' itu... Ceritanya diserialkan (HAMPIR SAJA dibandingkan dengan rata-rata anime lmao), penonton kami cenderung lebih tua, dan itu tidak sesuai dengan selera orang yang satu ini. Itu dia! Bukankah itu liar?

Terrace juga akan mengatakan bahwa dia tidak akan mengatakan apa-apa tentang pemotongan produksi acara tersebut.[2][3]

Tanggapan penggemar terhadap pemotongan episode sangat negatif, dengan banyak kampanye awal dan petisi untuk mencoba dan membuat Disney membatalkan keputusan dan menayangkan satu musim penuh. Namun, Terrace menyatakan bahwa keputusan itu "telah ditetapkan" dan bahwa dia tidak dapat berbuat apa-apa.[4]

Dalam sebuah panel di New York Comic Con 2022, Terrace mengungkapkan kekecewaan atas pemotongan acara tersebut, tetapi memuji kru produksi karena telah mencoba meskipun ada pemotongan, dengan mengatakan "Apa yang dapat kalian lakukan saat ini? Kami melakukan yang terbaik."[5]

Musik[sunting | sunting sumber]

Dimulai dengan episode ini, komposer musim 2 Brad Breeck bekerja bersama Andrew Smith dalam musik acara tersebut. Breeck merilis skor untuk "Thanks to Them" di akun YouTube-nya sebagai video berdurasi satu jam, dengan "bab" yang membagi setiap trek.[6]

Promosi[sunting | sunting sumber]

Pada 16 September 2022, poster promosi dirilis di platform media sosial pembuat acara Dana Terrace, mengungkapkan tanggal rilis episode tersebut. Menurut penulis Jade King, poster tersebut mengisyaratkan adanya lompatan waktu yang signifikan, kemungkinan berbulan-bulan setelah episode terakhir, "King's Tide", karena perubahan penampilan beberapa karakter, termasuk ibu Luz, Camila, yang memiliki helaian rambut beruban dan Hunter memiliki potongan rambut baru.[7][8] Hal ini kemudian dikonfirmasi oleh King, yang telah melihat daftar untuk episode tersebut.[9]

Pada 6 Oktober 2022, enam menit pertama dari episode tersebut dipratinjau di panel New York Comic Con. Kemudian, dua klip dari segmen enam menit dirilis ke publik, dengan klip pertama menampilkan ibu Luz Noceda, Camila merawat Hunter, Gus, Amity, Willow, dan Vee saat empat orang pertama mencoba beradaptasi dengan dunia manusia yang asing.[10][11][12] Di klip kedua, Luz menyesali kejadian sebelumnya di Alam Iblis, percaya bahwa kejadian itu adalah kesalahannya, sementara Hunter mencoba menghiburnya. Dia dengan hati-hati membungkam Luz saat dia menyebutkan bahwa dia adalah seorang Grimwalker, karena kemungkinan orang lain mengetahui hal ini membuatnya cemas. Keduanya membuat perjanjian untuk merahasiakan pengungkapan ini sampai mereka merasa siap untuk mengungkapkannya.[11][13][14]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Owl House Exclusive: Premiere Date Revealed for First 44-Minute Finale Special". TVGuide.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-19. 
  2. ^ "Owl House boss shares real reason why Disney cancelled the show". Digital Spy (dalam bahasa Inggris). 2021-10-09. Diakses tanggal 2022-12-19. 
  3. ^ Zogbi, Emily (2021-10-05). "Owl House Was Canceled Due To Exec Deciding It Didn't Fit the Disney Brand". CBR (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-19. 
  4. ^ "'Owl House' Fans Rally to Save Disney Series After Creator Says 'It's Too Late' For an Extended Season 3" (dalam bahasa Inggris). 2021-07-16. Diakses tanggal 2022-12-19. 
  5. ^ Radulovic, Petrana (2022-10-06). "The Owl House NYCC panel eulogized a brilliant show cut short: 'We did our best'". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-19. 
  6. ^ Owl House S3 OST – Ep. 1 “Thanks To Them” MUSIC SUITE, diakses tanggal 2022-12-19 
  7. ^ "Disney Television Animation di Instagram: "It's happening 🦉 #TheOwlHouse season 3 premieres Saturday, October 15th at 9pm on #DisneyChannel!"". Instagram. Diakses tanggal 2022-12-19. 
  8. ^ King, Jade (2022-09-16). "Everything We Learned From The Owl House Season 3 Poster". TheGamer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-19. 
  9. ^ King, Jade (2022-09-23). "The Owl House Season 3 Time Skip Is Confirmed And That's A Big Deal". TheGamer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-19. 
  10. ^ The Owl House "Thanks to Them" Exclusive NYCC Clip 1 | Disney Channel Animation, diakses tanggal 2022-12-19 
  11. ^ a b King, Jade (2022-10-07). "The Owl House New York Comic Con Panel Was A Bittersweet Return For A Beloved Show". TheGamer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-19. 
  12. ^ Radulovic, Petrana (2022-10-06). "The Owl House witches face the human world in this exclusive NYCC clip". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-19. 
  13. ^ Edwards, Belen (2022-10-06). "Angst is in the air for Luz and friends in an exclusive first look at 'The Owl House' Season 3". Mashable (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-19. 
  14. ^ The Owl House "Thanks to Them" Exclusive NYCC Clip 2 | Disney Channel Animation, diakses tanggal 2022-12-19 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]