Young Blood, Old Souls

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Young Blood, Old Souls
Episode The Owl House
Nomor episodeMusim 1
Episode 19
SutradaraStephen Sandoval
TeleplayDana Terrace
Rachel Vine
PengarangZach Marcus
Molly Ostertag
John Bailey Owen
Dana Terrace
Rachel Vine
Kode produksi120
Tanggal siar29 Agustus 2020 (2020-08-29)
Durasi22 menit
Bintang tamu
Kronologi episode
← Sebelumnya
"Agony of a Witch"
Selanjutnya →
"Separate Tides"

"Young Blood, Old Souls" adalah episode kesembilan belas dan merupakan final dari musim pertama serial televisi animasi Amerika The Owl House, dan episode ke-19 secara keseluruhan. Episode ini disutradarai oleh Stephen Sandoval, dan teleplay ditulis oleh Dana Terrace dan Rachel Vine, dari sebuah cerita oleh Zach Marcus, Molly Ostertag, John Bailey Owen, Dana Terrace dan Rachel Vine.[1]

"Young Blood, Old Souls" pertama kali dirilis di DisneyNow dan video sesuai permintaan pada 29 Agustus 2020 dan ditayangkan kemudian pada hari yang sama di Disney Channel.[2][3] Episode tersebut menerima sambutan beragam dari para kritikus.

Alur[sunting | sunting sumber]

Melanjutkan dari episode "Agony of a Witch", Luz Noceda mempersiapkan dirinya untuk menyelamatkan Eda, dengan King bergabung dengannya. King menjelaskan bagaimana sihir dulunya liar, sampai seorang penyihir misterius bernama Belos tiba, mengklaim bahwa dia dapat "berbicara ke pulau". Belos mendirikan sistem coven, membuatnya menjadi penyihir paling kuat, dan akhirnya menjadi Kaisar Boiling Isles. Di bawah pemerintahan Belos, penyihir yang tidak memilih coven dihukum dengan membatu. Lilith membawa saudara perempuannya, Eda, ke Belos dengan harapan dia akan menghilangkan kutukannya. Dia malah memerintahkan Eda untuk membatu, dan agar Lilith menghancurkan palisman Eda, Owlbert.

Luz dan King sengaja ketahuan melakukan kejahatan untuk masuk ke Conformatorium, tempat Eda ditahan. Luz menemukan Eda dan berhasil berbicara dengannya dalam wujud monsternya. Eda memberi tahu Luz bahwa Belos menginginkan portal ke dunia manusia dan dia harus pulang dan menghancurkannya. Saat Eda dibawa pergi, Luz bertarung dengan Lilith, dan mereka berdua melewati portal ke dunia manusia. Lilith mengakui bahwa mengutuk Eda adalah sebuah kesalahan (dia pikir kutukan itu hanya akan bertahan sehari), karena dia ingin masuk ke Emperor's Coven, tetapi Eda bersedia memberikannya untuknya. Setelah mengembalikan Owlbert ke Luz tanpa cedera sebagai tanda kepercayaan, mereka kembali ke Boiling Isles bersama untuk menyelamatkan Eda.

Lilith berencana untuk tinggal di Coven Kaisar untuk memata-matai Belos, tetapi dia dan King ditangkap, meninggalkan Luz untuk menghadapi Belos sendirian. Sementara itu, Willow dan Gus menggalang dukungan masyarakat untuk pembebasan Eda. Luz, yang dikuasai oleh Belos, diberi pilihan untuk menyerahkan portal ke dunia manusia (Belos mengklaim dia tidak berniat menguasai dunia, alih-alih menginginkannya untuk tujuan lain), atau membuat Eda menderita. Luz menyerahkan portalnya, tapi membakarnya saat pergi. Luz berhasil menyelamatkan Eda, King, dan Lilith, sementara Belos memberi tahu warga bahwa Eda akan selamat. Setelah melarikan diri, Lilith menggunakan sihirnya untuk berbagi kutukan Eda, mengakibatkan Eda kembali normal, tetapi sihirnya dan sihir Lilith melemah.

Belakangan, Luz membuat pesan video untuk ibunya, berjanji akan menemukan jalan pulang. Sementara itu, Belos mengirimkan sosok bertopeng untuk memata-matai penghuni Rumah Burung Hantu sambil menggunakan sisa-sisa portal untuk membangun portal lain, mengatakan bahwa itu akan dibutuhkan untuk acara yang disebut "Hari Persatuan".

Produksi[sunting | sunting sumber]

Penulisan[sunting | sunting sumber]

Huruf pertama dari judul episode untuk musim pertama berbunyi "A WITCH LOSES A TRUE WAY", episode ini menjadi "Y". Terungkap dalam episode ini mengacu pada Luz kehilangan satu-satunya jalan pulang yang "benar" ketika dia menghancurkan portal.[4]

Pengumuman Pengisi Suara[sunting | sunting sumber]

Sarah-Nicole Robles, Wendie Malick, dan Alex Hirsch masing-masing berperan sebagai pengisi suara Luz Noceda, Edalyn "Eda" Clawthorne, dan King. Bintang tamu dalam episode ini antara lain Issac Ryan Brown sebagai pengisi suara Augustus "Gus" Porter, Tati Gabrielle sebagai pengisi suara Willow Park, Cissy Jones sebagai pengisi suara Lilith Clawthorne, Mela Lee sebagai pengisi suara Kikimora, Bumper Robinson sebagai pengisi suara dari Hieronymus Bump, dan Matthew Rhys sebagai pengisi suara Kaisar Belos, semua peran berulang kembali dari episode sebelumnya di musim ini.[5]

Pengisi suara tambahan termasuk Dee Bradley Baker, Matt Chapman, Arin Hanson, Abigail Zoe Lewis, Shannon McKain, Natalie Palamides, Lily Sanfelippo, Roger Craig Smith, Fred Tatasciore dan Gary Anthony Williams.

Desain[sunting | sunting sumber]

Urutan kredit akhir[sunting | sunting sumber]

Episode ini menampilkan pembaruan pada urutan kredit akhir dengan permata Eda dan mata kiri yang berubah warna, cocok dengan penampilannya di episode ini setelah Lilith berbagi kutukan Eda.[6]

Rilis[sunting | sunting sumber]

"Young Blood, Old Souls" pertama kali dirilis di DisneyNow dan video sesuai permintaan pada 29 Agustus 2020 dan ditayangkan kemudian pada hari yang sama di Disney Channel.[5]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Kevin Johnson dari The A.V. Club memberi episode itu nilai "B", yang menyatakan bahwa episode itu adalah "akhir yang menyenangkan, menegangkan, dan menarik" yang juga "secara tidak sengaja memperlihatkan kekurangan keseluruhan" dari pertunjukan tersebut. Salah satu kelemahan yang menurut Johnson disorot dalam episode ini adalah konsistensi pertunjukan dengan penggambaran sihirnya, kontras dengan pertunjukan seperti Steven Universe dan Gravity Falls yang "benar-benar bekerja untuk membuat detail menyatu sehingga keseluruhan dunia dan premis menonjol "sementara" Rumah Burung Hantu terasa goyah dan luas ". Namun dia memuji arahan animasi dan seni, menyatakan bahwa "episode (dan pertunjukan secara keseluruhan) benar-benar dapat membawa kekuatan mendalam ke dalam bingkai".[7] David Kaldor dari Bubbleblabber memberi episode itu "5/10", yang menyatakan bahwa "selain secara kompeten melayani tujuan itu sebagai penutup" dia tidak memiliki "banyak hal positif untuk dikatakan tentangnya".[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Terrace, Dana [@danaterrace] (August 24, 2020). "Can't believe we've reached the end. Can't believe it's just the beginning. #TheOwlHouse Season 1 Finale: YOUNG BLOOD OLD SOULS! 🦉 🔥 🏰 Directed by @ArtOfSSandoval! Written by @rachelvine and me! THIS SATURDAY 8:45PM Disney Channel" (Tweet). Diarsipkan dari versi asli tanggal August 24, 2020. Diakses tanggal August 31, 2020 – via Twitter. 
  2. ^ Terrace, Dana [@danaterrace] (August 28, 2020). "Drops at midnight tonight on DisneyNow and VOD or tune in live on the Disney channel at 8:45pm" (Tweet). Diarsipkan dari versi asli tanggal August 28, 2020. Diakses tanggal August 31, 2020 – via Twitter. 
  3. ^ Thakur, Nishant Singh (August 31, 2020). "Disney's The Owl House Season 2: Renewal, Release Date, Cast, Backstory, Plot, And Episode Count". Bullet News (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal September 6, 2020. Diakses tanggal September 5, 2020. 
  4. ^ a b Kaldor, David (August 30, 2020). "Review: The Owl House "Young Blood, Old Souls"". Bubbleblabber (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal August 31, 2020. Diakses tanggal August 30, 2020. 
  5. ^ a b Natalicchio, Marisa (August 26, 2020). "THE OWL HOUSE – "Young Blood, Old Souls" With Matthew Rhys". BSC Kids (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal August 31, 2020. Diakses tanggal August 31, 2020. 
  6. ^ @DarthBelos (August 29, 2020). "Lilith gets redeem and now she and Eda shared the same curse with a simple spell and the Emperor seems to have human technology and this character looks almost similar to hootie and eda and Lilith have 2 different eye color" (Tweet). Diarsipkan dari versi asli tanggal September 5, 2020. Diakses tanggal September 5, 2020 – via Twitter. 
  7. ^ Johnson, Kevin (August 29, 2020). "A strong The Owl House finale nevertheless exposes flaws that no magic can cover up". The A.V. Club (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal August 31, 2020. Diakses tanggal August 30, 2020.