Terowongan Holland

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Terowongan Holland

Terowongan Holland (bahasa Inggris: Holland Tunnel), awalnya dikenal dengan nama Terowongan Kendaraan Sungai Hudson (Hudson River Vehicular Tunnel) atau Terowongan Jalan Kanal (Canal Street Tunnel), adalah salah satu dari dua terowongan bebas hambatan di bawah Sungai Hudson yang menghubungkan pulau Manhattan di kota dan negara bagian New York dengan Jersey City di negara bagian New Jersey di Amerika Serikat.

Mulai dibangun tahun 1920 dan selesai tahun 1927, nama terowongan ini berasal dari insinyur kepala proyek bernama Clifford Milburn Holland (1883 - 1924) yang meninggal sebelum proyek ini selesai. Terowongan ini merupakan contoh awal dari desain berventilasi, yang masing-masing memiliki kipas udara berdiameter 24 m, baik di saluran penghisap maupun pembuangannya. Ventilasi ini dibutuhkan saat mulai digunakannya mobil yang pembuangannya menghasilkan gas karbon monoksida.

Terowongan besar berventilasi pertama di dunia ini terdiri dari sepasang saluran, yang masing-masing menyediakan dua lajur kendaran selebar 8 m. Saluran sebelah utara panjangnya 2,61 km dari ujung ke ujung, sedangkan saluran selatan berukuran lebih pendek, sepanjang 2,55 km. Kedua saluran ini diletakkan di lumpur bawah sungai, yang titik terendahnya sedalam kira-kira 28 m di bawah rata-rata ketinggian air. Sembilan jalur gerbang tol terletak di mulut sisi New Jersey, yang pada tahun 2003 mengenakan tarif sebesar 6 dolar AS dan 5 dolar AS untuk sepeda motor dari New Jersey ke New York (arah sebaliknya tidak dikenakan tol). Potongan harga tersedia untuk pengguna jasa E-ZPass. Menurut pengelola terowongan ini yaitu Otoritas Pelabuhan New York dan New Jersey, jumlah lalu lintas yang lewat pada tahun 2002 sebesar 15.764.000 kendaraan dan 33.926.000 pada tahun 2004.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]