Tepus dada-putih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tepus dada-putih
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
S. grammiceps
Nama binomial
Stachyris grammiceps
(Temminck, 1827)

Tepus dada-putih (bahasa Latin: Stachyris grammiceps) adalah spesies burung dari keluarga Timaliidae, dari genus Stachyris. Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangg yang memiliki habitat di hutan primer, hutan dataran rendah, perbukitan. tersebar sampai ketinggian 900 m dpl.

Tepus Leher Putih dicirikan yakni berukuran sedang, berwarna coklat berangan. Ada pita putih lebar yang khas pada dada, yang kadang-kadang dibatasi warna hitam. Pipi abu-abu gelap. Burung di Jawa sebelah timut, memiliki mahkota abu-abu. iris mata berwarna coklat merah, paruh atas hitam, kaki hitam. Burung ini Memiliki suara keras dan serak dan bordering “ cuuurr, cuuurr”, gemerincing sedikit berdering (DAH).

Ciri-ciri[sunting | sunting sumber]

Tepus dada-putih memiliki tubuh berukuran kecil (15 cm). Mahkota hitam dengan pinggir putih pada bulunya. Pipi dan sisi lambung abu-abu. Kumis berupa titik-titik hitam. Sayap dan ekor coklat karat terang. Tenggorokan, dagu, dada, dan perut tengah putih. Iris merah, paruh hitam, kaki hitam. Menyukai tumbuhan bawah, tinggal dalam kelompok kecil. Perkembangbiakan kemungkinan sama dengan Tepus lain.

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

  • Jawa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Stachyris grammiceps". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2012.1. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 16 July 2012. 

MacKinnon, dkk. (2010). Burung-burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan, (Bogor: Burung Indonesia), h. 85