Templat:Tanpa referensi/doc

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pemakaian[sunting sumber]

Kapan sebaiknya digunakan[sunting sumber]

Anda hanya boleh menambahkan templat ini ke artikel yang sama sekali tidak mencantumkan catatan kaki atau referensi dalam bentuk apa pun.

Jangan gunakan templat ini:

  • pada artikel yang sudah memiliki kutipan (sitasi), tetapi belum cukup, {{refimprove}} dapat digunakan atau {{Unreferenced section}} untuk bagian-bagian artikel yang tidak memiliki sitasi;
  • pada artikel yang memiliki daftar sumber di bagian akhir artikel, tetapi tidak memiliki kutipan pada tubuh artikel, termasuk referensi parentesis atau atribusi teks, gunakan {{no footnotes}}.
  • Perhatikan daftar referensi umum yang mereka daftarkan pada bagian ==Pranala luar==. Jika pranala tersebut mengarah ke konten yang dapat dipercaya, situs tersebut dapat dianggap sebagai referensi, bukan pranala luar.
  • Templat lain, lihat di bawah, harus digunakan apabila ada permasalahan lain terkait referensi.

Alternatifnya: Daripada memberi tag ini, silakan membantu kami!

  • Jangan ragu. Silakan bantu kami dengan mencarikan sumber tepercaya dan mengutipnya di artikel.
  • Jika artikel tersebut bertopik orang (biografi tokoh) atau perusahaan, silakan gunakan sumber-sumber pihak ketiga, mengingat sumber-sumber yang bagus adalah independen terhadap subjek.
  • Lihat Wikipedia:Biografi tokoh yang masih hidup untuk melihat bagaimana caranya menangani artikel biografi yang bermasalah di referensinya.
  • Pikirkan untuk tidak menambahkan templat ini pada artikel rintisan pendek mengenai fakta umum, karena siapa pun tetap bisa membaca artikel walaupun tidak selalu berniat untuk mengembangkannya.

Cara menggunakannya[sunting sumber]

{{Tanpa referensi|date=April 2024}}

atau

{{subst:Tanpa referensi}}

Substitusi templat ini akan menampilkan parameter date secara otomatis.

Untuk menandai bagian yang butuh referensi, gunakan {{Unreferenced section}}, yang kategorisasinya sempit:

{{Unreferenced section|date=April 2024}}
Date
Parameter date digunakan untuk menentukan kapan templat ini dipasang pada bagian atas artikel. Contoh penggunannya adalah {{Tanpa referensi|date=April 2024}}. Parameter ini digunakan untuk mengategorikan artikel dalam subkategori Kategori:Artikel yang tidak memiliki referensi menurut bulan dan tahun saat templat ini ditambahkan (misalnya kategori:Artikel yang tidak memiliki referensi April 2024, alih-alih Kategori:Artikel yang tidak memiliki referensi. Parameter ini dapat secara otomatis ditambahkan oleh bot.

Informasi umum[sunting sumber]

Templat ini harus ditempatkan di bagian atas artikel. Jika ditempatkan di bagian bawah artikel, pastikan ada bagian "Referensi" atau "Catatan kaki" dan biasanya ditambahkan tepat di atas {{Reflist}}), atau dapat ditaruh di halaman pembicaraannya.

Kategorisasi[sunting sumber]

Otomatis menambahkannya pada Kategori:Artikel yang tidak memiliki referensi atau subkategori baru yang biasanya muncul tiap sebulan sekali (Kategori:Artikel yang tidak memiliki referensi April 2024, dan merupakan bagian dari kategori tersembunyi.

Yang berbeda[sunting sumber]

Templat yang setara, {{refimprove}} menambahkan artikel pada Kategori:Artikel yang membutuhkan lebih banyak catatan kaki.

Pintasan[sunting sumber]

TemplateData[sunting sumber]

Ini dokumennya TemplateData untuk template ini digunakan oleh VisualEditor dan alat lainnya; lihat laporan penggunaan parameter bulanan untuk templat ini.

TemplateData untuk Tanpa referensi

Templat ini hanya digunakan pada artikel yang sama sekali tidak memiliki referensi.

Parameter templat

ParameterKeteranganJenisStatus
Jenis1

Sebaiknya diganti dengan {{Unreferenced section}}.

Nilai otomatis
Kataopsional
Bulan dan tahundate

Berikan bulan dan tahun kapan templat ini dipasang; misal, 'Januari 2013', bukan 'jan13'

Nilai otomatis
{{subst:CURRENTMONTHNAME}} {{subst:CURRENTYEAR}}
Katadisarankan

Kategori untuk pelacakan[sunting sumber]

Lihat pula[sunting sumber]

Templat-templat kutipan lainnya: