Telur rebus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Telur rebus
Telur rebus yang disajikan dalam cangkang setengah
Bahan utamaTelur (biasanya ayam)
VariasiTelur panggang
Energi makanan
(per porsi 100 g)
136 kkal (569 kJ)
Nilai gizi
(per porsi 100 g)
Protein14 g
Lemakg
Karbohidratg
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini
Telur rebus dalam panci

Telur rebus adalah telur yang dimasak dalam air mendidih dalam keadaan masih terbungkus cangkang telur. Telur rebus adalah makanan sarapan populer di banyak negara.

Telur yang dimasak dalam air tanpa cangkang dikenal sebagai telur apung, sedangkan telur yang dimasak di bawah suhu didih, baik dengan atau tanpa cangkang dikenal sebagai telur kukus. Telur rebus yang matang direbus cukup lama sehingga putih telur dan kuning telur menjadi padat sedangkan pada telur setengah matang, kuning telur kurang padat kadang-kadang bahkan berwarna putih atau sebagian berbentuk cair.

Kandungan[sunting | sunting sumber]

Telur Rebus mengandung energi sebesar 154 kilokalori, protein 12,2 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 0 gram, kalsium 54 miligram, fosfor 0 miligram, dan zat besi 2,7 miligram. Selain itu di dalam Telur Rebus juga terkandung vitamin A sebanyak 900 IU, vitamin B1 0,1 miligram dan vitamin C 0 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Telur Rebus, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]