Joule

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Joule
satuan turunan SI
BesaranEnergi
SimbolJ
Asal penamaan
James Prescott Joule
Konversi
1 J dalam ...... sama dengan ...
   satuan pokok SI   kgm2s-2
   satuan CGS   1×107 erg
   kilowatt jam   2,78×10−7 kW⋅h
   kilokalori (termokimia)   2,390×10−4 kkalth
   BTU   9,48×10−4 BTU
   elektronvolt   6,24×1018 eV

Joule (simbol J) adalah satuan SI untuk energi dengan basis unit kg.m2/s2. Nama joule diambil dari penemunya James Prescott Joule (1818–1889)(1818–1889).[1]. Joule disimbolkan dengan huruf J. Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Mayer of Heilbronn.

Definisi[sunting | sunting sumber]

Joule diambil dari satuan unit yang didefinisikan sebagai besarnya energi yang dibutuhkan untuk memberi gaya sebesar satu Newton sejauh satu meter. Oleh sebab itu, 1 joule sama dengan 1 newton meter (simbol: N.m).

Selain itu, satu joule juga adalah energi absolut terkecil yang dibutuhkan (pada permukaan bumi) untuk mengangkat suatu benda seberat satu kilogram setinggi sepuluh sentimeter.

Kata ini menurut Sistem Satuan Internasional dan menurut satuan lainnya:

dengan N adalah newton, m adalah meter, kg adalah kilogram, s adalah detik (second), Pa adalah Pascal, dan W adalah watt.

Definisi satu joule lainnya:

  • Pekerjaan yang dibutuhkan untuk memindahkan muatan listrik sebesar satu coulomb melalui perbedaan potensial satu volt, atau satu coulomb volt (simbol: C.V).
  • Pekerjaan untuk menghasilkan daya satu watt terus-menerus selama satu detik, atau satu watt sekon (simbol: W.s).

Megajoule[sunting | sunting sumber]

Megajoule (MJ) adalah sama dengan satu juta () joule, atau sekitar energi kinetik dari kendaraan satu megagram (ton) bergerak di 160 km/h. Satu jam kilowatt listrik adalah 3,6 megajoule.

Konversi[sunting | sunting sumber]

1 joule adalah sama dengan 107 erg.

1 joule mendekati sama dengan:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "American Heritage Kamus dari Bahasa Inggris". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-06-18. Diakses tanggal 2016-12-04.