Teluk Toran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Teluk Toran Distrik Karas, Kabupaten Fakfak Papua Barat

Teluk Toran adalah sebuah objek wisata yang terletak di Distrik Karas Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua barat Indonesia dan secara administratif wilayah masuk ke dalam wilayah Kampung Maas dan Antalisa di Distrik Karas Kabupaten Fakfak, sedangkan secara astronomis terletak pada 132°46’ BT dan 3° 38’ LS dengan panjang garis pantai ± 4.200 M.[1] Secara geografis Teluk Toran membentang membentuk pulau-pulau bebatuan Karst dengan mayoritas tumbuhan anggrek Papua di atasnya dan pada garis pantai terhampar pasir putih. Dalam literatur bahasa lokal setempat, kata “Toran” berarti “Batu duduk” karna spot wisata Teluk Toran ini memang merupakan bebatuan karst yang posisinya berada di bawah kaki gunung Bay.

Vegetasi dan Ekosistem[sunting | sunting sumber]

Teluk Toran di Distrik Karas Kabupaten Fakfak memiliki hutan hujan tropis yang masih alami dan lebat, sedangkan pada pulau-pulau bebatuan karst ditumbuhi mayoritas tumbuhan Anggrek Papua serta pada lepas Pantai Toran terdapat atol-atol dengan kondisi perairan yang jernih dengan kisaran jarak pandang dalam air berkisar ± 25 M yang menjadikan perairan ini baik untuk pertumbuhan ekosistem karang dan habitat berbagai jenis biota laut lainnya. Memiliki laguna yang cukup luas ± 1 Ha, terdapat sistem aliran goa berair yang bermuara ke laguna. Teluk Toran juga merupakan kawasan migrasi beberapa jenis burung dan perairan lautnya menyimpan potensi ikan yang cukup besar sehingga wisata memancing juga bisa dinikmati.

Aksesibilitas[sunting | sunting sumber]

Jarak tempuh dari pusat kota Fakfak Ke Teluk Toran di Distrik Karas ± 50 menit menggunakan Speed Boat dan ± 2 jam menggunakan longboat dengan 1 (satu) mesin 40 PK. Jarak yang relatif jauh dan akomodasi transportasi yang kurang memadai mengakibatkan objek wisata Teluk Toran nyaris tersembunyi dan belum terjamah manusia serta pengembangan pariwisata yang massif.

Potensi Wisata[sunting | sunting sumber]

Teluk Toran dapat menjadi wisata unggulan di Papua barat bahkan bukan tidak mungkin menyaingi Raja Ampat seperti Teluk Triton di Kabupaten Kaimana, Papua Barat. Hal ini tidak berlebihan karna Teluk Toran sendiri memiliki banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan diantaranya yaitu sebagai berikut :

  1. Wisata Pantai & bahari
  2. Wisata memancng (Fishing-tourism)
  3. Ekowisata burung (Bird Watching)
  4. Ekowisata Anggrek Papua
  5. Wisata mendaki (hiking) puncak gunung Bay di Teluk Toran

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Pantai Toran di Teluk Toran Distrik Karas Kabupaten Fakfak, Papua barat masuk dalam nominasi Anugerah Pariwisata Indonesia (API) Awards 2020 dengan kategori " Surga Tersembunyi Terpopuler 2020 " [2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ayo Jalan jalan, Ayo jalan jalan (07/07/2019). "Pantai Toran Fakfak". AyoJalanJalan.com. Diakses tanggal 10/07/2020. 
  2. ^ -, Mario (08/07/2020). "Anugerah Pariwisata Indonesia Awards 2020 akan kembali digelar". Holamigo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-07-10. Diakses tanggal 10/07/2020.