Teddy Riley

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Teddy Riley
Lahir 8 Oktober 1967 (umur 47)
Asal Harlem, New York
United States
Genre New jack swing
R&B
Hip hop
Pekerjaan Produser rekaman
Penyanyi-penulis lagu
Musisi
Seni pertunjukan
Rapper
Tahun aktif 1984–present
Label Interscope
MCA
Artis terkait Michael Jackson, Guy, Blackstreet, MC Hammer, Doug E. Fresh, Mike Posner, Girls' Generation, SHINee, Jay Park, RaNia, EXO

Edward Theodore Riley (lahir 8 Oktober 1967), dikenal sebagai Teddy Riley, adalah pemenang Grammy Award Amerika Serikat, sekaligus penyanyi-penulis lagu, musisi, keyboardist dan produser rekaman dengan membentuk genre New Jack Swing.[1] Melalui pekerjaan produksi dengan Michael Jackson, Bobby Brown, Doug E. Fresh, Today, Keith Sweat, Heavy D., Usher, Jane Child, dll. dan anggota kelompok Guy dan Blackstreet, Riley dikreditkan dengan memiliki dampak besar dan pengaruh mani pada pembentukan R&B, hip-hop, soul dan pop sejak tahun 1980-an.[2] Riley terkenal bernilai $80.000.000 karena produksinya."[3][4]

Awal hidup[sunting | sunting sumber]

Teddy Riley dibesarkan di St. Nicholas Houses, Harlem, New York. Riley, seorang anak ajaib sejak usia 5 tahun, mulai bermain instrumen di gereja. Pamannya, yang memiliki klub terkenal di Harlem, The Rooftop, membangun sebuah studio di klub di mana Riley akan menghabiskan sebagian besar waktunya saat tumbuh dewasa. Pada 14 tahun, rapper pemula New York mulai membuat musik untuk jejaknya. Di bawah bimbingan produser musik lokal Gene Griffin, Riley membentuk kelompok anak-berumur-pendek Kids At Work. Pada usia 17 tahun, Riley memproduksi singel Kool Moe Dee 12", "Go See the Doctor".[1] Dirilis pada label independen pada tahun 1986, lagu ini menjadi hit crossover, mencapai #89 pada The Billboard Hot 100.[5] Riley sebelumnya bekerja di produksi Doug E. Fresh and the Get Fresh Crew "The Show" pada 1985.[6]

Karier[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1987, Riley, Aaron Hall, dan Timmy Gatling membentuk grup R&B, Guy. Dikelola oleh Gene Griffin, pekerjaan Riley dengan Guy memelopori gaya New Jack Swing-R&B, yang telah dipamerkan sebelumnya dalam produksi Riley untuk Keith Sweat ("I Want Her"), Johnny Kemp ("Just Got Paid"), Bobby Brown ("My Prerogative") dan lainnya. Riley meresapi perpaduan unik sendiri dari hip-hop, R&B progresi dan Gospel untuk menciptakan pola dasar New jack swing terdengar pada debut Guy. Pada tahun 1989, Riley memproduksi Big Daddy Kane "I Get Job Done", serta pekerjaan lain untuk The Jacksons, The Winans, James Ingram, ia juga menciptakan remix sangat sukses Jane Child, "Don't Wanna Fall in Love", yang menjadi smash silang pop.

Setelah rilis dan tur album kedua Guy The Future, Riley memproduksi setengah dari album Michael Jackson Dangerous, pada rekomendasi dari produsen lama Jackson, Quincy Jones. Menampilkan single co-produksi Riley, "Remember the Time", "Jam" dan "In the Closet", Dangerous tetap album new jack swing yang paling sukses sepanjang masa dengan 32 juta eksemplar terjual.[7][8]

Setelah pembubaran Guy pada tahun 1992, Riley pindah ke produksi, kinerja dan promosi album kedua Wreckx-N-Effect, Hard or Smooth. Berbasis di Virginia saat ini, Riley menemukan The Neptunes yang membantu produksi pada singel hit Wreckx-N-Effect "Rump Shaker".

Pada akhir 1991, Riley membentuk kelompok kedua, Blackstreet. Kelompok ini akan pergi untuk merilis beberapa hits utama, termasuk "Don't Leave Me" (1997), singel nomor satu "No Diggity" (1996, menampilkan Dr. Dre dan Queen Pen), dan "Girlfriend/Boyfriend" (1999, dengan Janet Jackson, Eve, dan Ja Rule). Pada tahun 2011, kelompok itu dibubarkan dan direformasi beberapa kali.

Pada tahun 2000, Riley bekerja dengan Spice Girl Melanie B pada tiga trek - "ABC 123," "I Believe" dan "Pack Your S**t"-untuk album debut solo nya, Hot.[9] He also worked on an album with Outsiderz 4 Life, producing "Wil' Out" and other songs.

Pada awal 2006, ia adalah bagian dari New Jack Reunion Tour, menampilkan Blackstreet dan Guy, selain After 7, SWV, dan Tony Toni Toné. Pada bulan Mei 2006 Riley mengumumkan bahwa ia akan bekerja pada dua proyek utama: album Blackstreet baru dan album baru Guy.

Pada bulan Juni 2008, kebakaran menghancurkan studio rekaman Riley di Pantai Virginia. Penyelidik kebakaran mengatakan bahwa masalah listrik yang menyebabkan kebakaran yang membakar studio rekaman ditinggalkan. Departemen Pemadam Kebakaran Pantai Virginia mengatakan petir di daerah tersebut juga bisa menjadi faktor, meskipun tidak ada sambaran langsung. Studio kosong itu dijual dan diasuransikan $336.000.[10]

Pada 2009, Riley tampil dengan Guy di BET Awards.[11] Pada tahun yang sama, Riley bekerja dengan Amerie dan Robin Thicke untuk album keduanya. Dipimpin dari pekerjaannya dalam album Snoop Dogg, Ego Trippin', Riley menjadi bagian dari produksi QDT, fitur dengan DJ Quik juga dengan Snoop Dogg. Teddy memproduksi dan sedikit menulis track album "Teeth" dengan Lady Gaga untuk album mininya, The Fame Monster. Berbicara pada Maret 2010, Blues & Soul Pete Lewis - Riley mengatakan bahwa ia tidak lagi berafiliasi dengan Guy (Riley terakhir tampil dengan kelompok pada bulan Oktober 2010). Riley juga mengatakan bahwa saat ini line-up dari Blackstreet terdiri diri, Chauncey Hannibal, Dave Hollister dan Sherman 'J-Stylz' Tinsdale. Ia menegaskan bahwa ia bekerja pada sebuah album Blackstreet baru, meskipun dimaksudkan untuk merilis album sendiri - yang berjudul 'TRX' - pertama. Artisnya mungkin bisa bekerja dengan proyek termasuk Stevie Wonder, Elton John, ditambah baru, penampilan yang akan datang sendiri.[3] Namun, Hannibal menghentikan penampilan dengan kelompk dan lineup menjadi Riley, Dave Hollister, Mark Middleton dan Eric Williams. Pada 2012, Hannibal kembali ke Blackstreet. Mark Middleton & Eric Williams keluar dari kelompok. Lineup kelompok sekarang terdiri dari anggota asli Riley, Hannibal, Hollister dan anggota baru Glenn Adams aka Lenny Harold.

Pada Agustus 2010, co-eksekutor Michael Jackson mengataka, John Branca, menegaskan bahwa album anumerta Michael Jackson akan dirilis, yang berisi pekerjaan yang dilakukan dalam lima tahun sebelumnya dengan produser Neff-U, Christopher "Tricky" Stewart dan Riley sendiri, serta bekerja ditulis dan diproduksi sendiri oleh Jackson. Album Michael dirilis pada 14 Desember 2010 di Amerika Serikat. Setelah rilis, beberapa orang mempertanyakan beberapa musik Riley diproduksi untuk proyek tersebut. Riley bersikeras semua lagu yang dinyanyikan oleh Jackson dan mengklaim bahwa artefak vokal yang ditambahkan dari overprocessing suara Jackson. Namun, Riley membuat komentar dalam sebuah wawancara dengan Dan Dodds (alias Soul Jones) di mana ia menyatakan bahwa ada beberapa unsur suaranya dalam musik. "Mereka mungkin menggunakan beberapa elemen dari saya, mengumpulkan ide-ide tetapi saya belum bekerja pada album baru."[2] Baru-baru ini, Riley pindah ke market musik Korea. Riley bekerja dengan penyanyi-rapper Jay Park pada track Inggris berjudul "Demon", yang aslinya dibawakan oleh Michael Jackson.

Riley memproduksi album mini untuk girlband Korea, RaNia. Riley satu dari produser Tionne "T-Boz" Watkins, album solo debut baru, Still Cool, juga sebagai produser solo dan bagian dari QDT, dengan DJ Quik dan Snoop Dogg.[12][13][14] Ia memproduksi track "Believe" dan "Flow" untuk album Twenty dari grup R&B Boyz II Men. Ia juga meproduksi single girlband Korea Girls' Generation, "The Boys" untuk perilisan internasional pertama kelompok. Ia juga memproduksi singel prolog untuk boyband Korea/Cina EXO, "What Is Love". Ia juga bekerja dengan labelmate Girls' Generations dan EXO, SHINee pada "Beautiful", "Shine" dan "Dangerous" dari bagian kedua album studio Korea ketiga kelompok.

Album[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Hogan, Paul. "[(Inggris) Teddy Riley di Allmusic Teddy Riley biography]" Allmusic Retrieved on September 19, 2009
  2. ^ a b "Soul Jones Words: Will The Real Blackstreet Please Stand Up? - Teddy Riley & Chauncey Hannibal Interview". Souljoneswords.blogspot.com. 2011-05-27. Diakses 2012-12-24. 
  3. ^ a b "Teddy Riley & BLACKstreet: No Doubt". Bluesandsoul.com. Diakses 2012-12-24. 
  4. ^ "Music - Review of Guy - Guy". BBC. Diakses 2012-12-24. 
  5. ^ Bush, John. "[(Inggris) Teddy Riley di Allmusic Kool Moe Dee > Biography]". Allmusic.
  6. ^ "Teddy Riley New Jack Swing Hip Hop part 1". YouTube. Diakses 2012-12-24. 
  7. ^ "Michael Jackson sulla sedia a rotelle". AffarItaliani.it. 2008-07-11. Diakses 2009-05-10. 
  8. ^ Carter, Kelley L. (2008-08-11). "New jack swing". Chicago Tribune. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2008-12-16. Diakses 2008-08-21. 
  9. ^ "Melanie B - Hot (CD, Album) at Discogs". Discogs.com. 2000-10-09. Diakses 2012-12-24. 
  10. ^ [1][pranala nonaktif]
  11. ^ [2][pranala nonaktif]
  12. ^ "Teddy Riley, Snoop, T-Pain Link With Korean Superstar Jay Park". AllHipHop.com. 2010-04-20. Diakses 2012-12-24. 
  13. ^ "[Update: MV] Rania releases debut single, "Dr. Feel Good"". Allkpop.com. 2011-04-05. Diakses 2012-12-24. 
  14. ^ "Teddy Riley praises TVXQ, Big Bang, & Yangpa after visiting "Inkigayo" set". Allkpop.com. 2011-04-27. Diakses 2012-12-24. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]