Beautiful (lagu Shinee)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"Beautiful"
Singel oleh SHINee
dari album Chapter 1. Dream Girl – The Misconceptions of You
Dirilis 19 Februari 2013 (2013-2-19)
Format Digital download
Direkam SM Studios di Seoul
Genre Pop
Panjang 03:10
Label S.M. Entertainment
Pencipta Teddy Riley, Andrew Choi, Richard Garcia, Cha Yong-un
Produser Lee Soo-man (Executive)
Penampilan Livedi MnetM! Countdown

"Beautiful" (Korean: "아름다워") adalah lagu oleh boyband Korea Selatan, SHINee. Lagu ini termasuk dalam album studio Korea ketiga kelompok, Chapter 1. Dream Girl – The Misconceptions of You, rilis pada 19 Februari 2013. Lagu juga dipilih sebagai satud dari dua singel promosi dari album, satu lainnya adalah singel pemimpin dan judul track "Dream Girl".

Produksi[sunting | sunting sumber]

"Beautiful" ditulis dan diproduksi oleh tim dari komposer yang terdiri dari Andrew Choi, Richard Garcia, Cha Yong-un, juga Teddy Riley, yang bergabung dengan S.M. Entertainment setelah memproduksi lagu Girls' Generation "The Boys" dan EXO "What Is Love" juga beberapa lagu lain. Liriknya ditulis oleh Cha Yong-un bersama dengan rapper SHINee Choi Minho keseluruhan, juga disediakan lirik untuk bagian rap dari lima lagu lain dalam album ini. Menyertai koreografi "Beautiful" dan "Dream Girl" dari album ini ditangani oleh koreografer ternama dari Amerika, Tony Testa, yang sebelumnya bekerja dengan SHINee pada Sherlock.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Billboard K-pop kolumnis Jeff Benjamin menulis bahwa "album adalah kemenangan yang tidak pernah kekurangan energi dan menyeimbangkan untuk bintang pop 80-an dan berpikiran maju" dan bahwa "lagu seperti "Beautiful" dan "Runaway" menggabungkan elemen produksi elektronik yang unik lebih dari boy band manis harmoni untuk membuat musik pop sepanjang tahun".[1]

Kolumnis dari Seoulbeats menganggap "Beautiful" sebagai lagu favorit dan salah satu dari dua lagu terbaik pada album bersama dengan "Dynamite". "..."Beautiful" hanya sebagai namanya, vokal yang cantik lembut dan meluncur mulus di atas, berperan tanpa tenggelam ke dalamnya, sesuatu yang merupakan khawatir konstan dalam “Dream Girl”..."[2]

Promosi[sunting | sunting sumber]

Penampilan pertama SHINee untuk "Beautiful" terdapat dalam showcase comeback 'Dream Girl' itu disiarkan secara langsung melalui Naver pada 23 Februari 2013 bersama dengan pertunjukan "Aside" dan “Dream Girl.”[3] Lagu kemudian ditampilkan sebagai singel promosi dengan "Dream Girl" di berbagai acara musik dan acara varietas seperti Music Bank, Inkigayo, Show! Music Core, M! Countdown and Show Champion.

Chart penampilan[sunting | sunting sumber]

Chart Posisi
puncak [4]
Gaon Weekly singles [4] 32
Gaon Download Singles chart [4] 22
K-Pop Billboard Weekly singles [5] 54

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jeff Benjamin and Jessica Oak (June 7, 2013). "SHINee on 'Dream Girl,' MJ Comparisons and K-Pop Globalization: Exclusive". 
  2. ^ "Chapter 1: The Not-So-Dreamy SHINee Album Review". seoulbeats.com. February 26, 2013. Diakses June 7, 2013. 
  3. ^ "SHINee's 'Dream Girl' comeback showcase footage released". Seoul: allkpop. February 23, 2013. Diakses June 7, 2013. 
  4. ^ a b c (Korea) ":: Digital Ranking Aggregate (18/03/2012 -24/03/2012) ::". Gaon Chart. Diakses 2013-06-05. 
  5. ^ Templat:BillboardID/S/Templat:BillboardEncode/S/chart?f=Templat:BillboardChartNum "Korea K-Pop Hot 100 Music Chart". Billboard. 2013-02-28. Diakses 2013-06-05. 

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]