Tawangsari, Sukoharjo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tawangsari
Peta lokasi Kecamatan Tawangsari
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenSukoharjo
Populasi
 • Total52.750 jiwa
Kode pos
-
Kode Kemendagri33.11.03
Kode BPS3311030
Luas39,98 km²
Desa/kelurahan12


Tawangsari (Hanacaraka: ꦠꦮꦁꦱꦫꦶ, Jawa: Tawangsari) adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Selayang Pandang[sunting | sunting sumber]

Beberapa fasilitas umum yang ada di Tawangsari adalah Puskesmas Rawat Jalan, Puskesmas Rawat Inap, Bank, Kantor Pos, Pasar, Sekolah dan Kantor Pemerintahan. Kecamatan Tawangsari mencangkup beberapa desa, yakni Desa Grajegan, Desa Kateguhan, Desa Lorog, Desa Watu Bonang, Desa Kedungjambal, Desa Majasto, Desa Pojok, Desa Tambakboyo, dan Desa Tangkisan.

Setiap desa yang ada memiliki potensi masing-masing, baik dari segi wisata, kuliner, maupun fashion. Salah satu desa yang ada di Kecamatan Tawangsari, Desa Tangkisan, terkenal dengan kulinernya, yakni Jenang Krasikan. Dengan resep turun temurun dan cita rasa yang khas, Jenang Krasikan dari Desa Tangkisan menjadi tujuan untuk mereka yang membutuhkan oleh-oleh yang khas. Contoh lain adalah Desa Majasto dengan salah satu kulinernya yakni keripik basreng. Dengan rasa yang gurih dan kriuknya, keripik basreng menjadi teman yang pas untuk di setiap saat.

Selain kuliner, Kecamatan Tawangsari juga terkenal dengan potensi fashionnya. Pelaku UMKM fashion di Kecamatan Tawangsari beragam, mulai dari yang membuat kain batik, menjahitnya, membuat kain tenun, konveksi serta toko pakaian. Desa Kenteng Pojok merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Tawangsari dengan produk unggulnya, yakni tenun gloyor. Keunggulan tenun gloyor daripada tenun yang lainnya adalah warna di kedua sisi kain tenun yang dihasilkan sama (tidak ada perbedaan warna). Selain itu, ciri khas lainnya dari kain ini adalah menyesuaikan cuaca, bisa menjadi hangat sewaktu musim penghujan, dan bisa menjadi dingin sewaktu musim panas.

Wilayah administratif[sunting | sunting sumber]

Wilayah Kecamatan Tawangsari terbagi menjadi desa-desa berikut:[2]

Batas[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Tawangsari memiliki batas-batas sebagai berikut:

Utara Kecamatan Sukoharjo
Timur laut Kecamatan Sukoharjo
Timur Kecamatan Nguter dan
Kecamatan Bulu
Tenggara Kecamatan Bulu
Selatan Kecamatan Weru
Barat daya Kecamatan Weru dan
Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten
Barat Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten
Barat laut Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Penduduk Kabupaten Sukoharjo Tahun 2015-2021
  2. ^ Asrory S., Fajar, M. K., dan Puspa P. (2023). Kecamatan Tawangsari Dalam Angka 2023. BPS Kabupaten Sukoharjo. hlm. 5.